Analisis Kebutuhan Model Pengembangan Kurikulum Program Studi PIAUD Berbasis Mutu

Husnul Bahri, Buyung Surahman, Evi Sela Nirwana

Abstract


Kurikulum pasaca sarajana PAUD belum mencerminkan kepada kebutuhan pengguna sebagai outcome kurikulum itu sendiri, terbukti kurikulum mengutamakan teori, sedangkan pengguna membutuhkan tenaga yang memiliki keahlian/skil untuk menjadi tenaga professional PAUD, pengguna membutuhkan penguasaan manajemen, proses pembelajaran , dan menguasi sain perkembangan anak usia dini baik secara teori maupun praktik. karenanya memerlukan alokasi khusus dalam kurikulum PAUD, sehingga dibutuhkan model kurikulum yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna/alumni. Tujuan penelitian yaitu untuk: (1) mendiskripsikan kebutuhan kurikulum ditinjau dari input, proses, output, dan outcome; dan (2) Menyusun model kurikulum program studi PAUD pascasarjana berbasis Mutu. Jenis penelitian, penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu ketua program studi pascasarjana PAUD UPI Bandung, Ketua program studi pascasarjana UIN Yogyakarta, dan ketua program pascasarjana UIN Bengkulu. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data dianalisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi/simpulan. Hasil penelitian berupa: (1) diskripsi kebutuhan kurikulum ditinjau dari input, proses, output, dan outcome ; dan (2) Model Kurikulum Program Studi PAUD Pascasarjana berbasis Mutu.

Keywords


Analisis; Model Pengembangan; Kurikulum Berbasis Mutu

Full Text:

PDF

References


Aiman Faiz, Purwati Purwati (2021).

Koherensi Program Pertukaran Pelajar

Kurikulum Merdeka Belajar Kampus

Merdeka dan General Education.

Eukatif. Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(3).

-655. DOI :

https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.3

Arifin Ahmad Adli Sirega (2015).

Keterkaitan input, proses dan output

kuliah penunjang dengan pencapaian

kompetensi blok imunologi

mahasiswa program studi kedokteran

fakultas kedokteran Universitas

Sebelas Maret Surakarta.

https://digilib.uns.ac.id/dokumen/det

ail/47720.

Budi Ahmad Mansur (2019). Pengembangan

Kurikulum Pelatihan untuk

Meningkatkan Pemahaman Guru Tetang

Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal

Cipitas. 2(1). 47-58.

https://scholar.google.com/scholar?hl=i

d&as_sdt=0%2C5&q=pengembangan+

kurikulum+pelatihan&btnG=

Deni Sopiansyah dkk (2022). Konsep dan

Implementasi Kurikulum MBKM

(Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal

Reslaj:: Religion Education Social Laa

Roiba Journal 4(1) . 34-41. DOI

https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i1.458

Eko dan Indra (2020). Manajemen

Pengembangan Kurikulum (Studi di Lab

Site Balai Pengembangan PAUD dan

Pendidikan Masyarakat Sumatera Utara.

Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar,

Mengengah, dan Tinggi (JMP-DMT).

(1). 18-25.

DOI: http://dx.doi.org/10.30596%2Fjm

p-dmt.v1i1.3953

Elly Syahadati, Rodhi, Dian Shinta Sari

(2018). Persepsi Mahasiswa Terhadap

Martikulasi Mahasiswa Baru. Jurnal

Pendidikan Bahasa. 7(1). 16-24.

DOI: https://doi.org/10.31571/bahasa.v

i1.823. 16-24

Huberman & Miles (2009). Analisis Data

Kualitataif. Jakarta: UI Press

Karima Nabila Fajri (2019). Proses

pengembangan kurikulum. Jurnal

Keislaman dan ilmu Pendidikan. 1(2),

-48 Vo

DOI: https://doi.org/10.36088/islamika

.v1i2.193

Kementerian Pendidikan Nasional (2015).

Krangka Kualifikasi Naional Indonesia

(KKNI) pada Level 8 (SNDIKTI No.

/2015, dan No.8/2012).

Mai Mailin, (2021) Kebijakan Kurikulum

Merdeka Belajar-Kampus Merdeka di

Perguruan Tinggi. Jurnal Analisa

Pemikiran Insan Cendikia. 4(1). 68-75

DOI: https://doi.org/ 10.

/apic.vol4.no1.59

Maimuna Retonga (2018). Dinamika

Pengembangan Kurikulum Ditinjau dari

Diminsi Politisasi Pendidikan dan

Ekonomi. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah

Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 5(2).

-102.

https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.ph

p/pgsd/article/view/212

Matthew B. Miles, A Michael Huberman.

(2009). Analisis Data Kualitatif: Buku

Sumber Tentang Metode-metode Baru.

Terbitan: UI Press, 2009

Nur Ahid (2021). Konsep dan Kurikulum

dalam Dunia Pendidikan. Jurnal

Islamika. 1(1). 12-29.

https://scholar.google.co.id/citations?hl

=id&user=4iHSt8YAAAAJ

A. Rai Suwena (2017) .Jalur Penerimaan

Mahasiswa Baru Bukan Penentu

Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal

Pendidikan Ekonomi. 5(2). 1-9.

DOI: https://doi.org/10.23887/ekuitas.v

i2.12749

Rendika Vhalery dkk (2022). Kurikulum

Merdeka Belajar Kampus Merdeka:

Sebuah Kajian Literatur. Jurnal

Research And Development

Journal Of Education. 8(1). 185-

DOI: http://dx.doi.org/10.30998/r

dje.v8i1.11718

Rizqon Halal Syah Aji, Muhammad Hartana

Iswandi Putra (2021). Role Model

Implementasi Kurikulum Merdeka

Belajar Kampus Merdeka Pada

Program Studi Non-Agama. Jurnal

Sosial dan Budaya Syar-1. 8(6). DOI:

https://garuda.kemdikbud.go.id/docu

ments/detail/2551729.

Sarwiji Suwandi. (2020). Pengembangan

Kurikulum Program Studi Pendidikan

Bahasa (dan Sastra) Indonesia yang

Responsif terhadap Kebijakan

Merdeka Belajar-Kampus Merdeka

dan Kebutuhan Pembelajaran Abad ke21. Seminar Nasional Pendidikan

Bahasa dan Sastra. 1-12

Sri wahyuni, dkk (2021). Perkembangan

Kurikulum Merujuk KKNI pada Prodi

PAUD. Jurnal Athfaal. 4(2). 14-30.

https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i1.

Surahman, Mela (2020). The controversy in

pedagogical competence of early

childhood education teachers towards

the policy of Indonesia national

education ministry. Jurnal Pendidikan

Indonesia. 9(3). 446-458. Doi:

2887/jpi-undiksa.v913.27721

Yusutira (2019). Peningkatan Mutu

Pendidikan Anak Usia Dini Melalui

Peningkatan Profesional Guru. Jurnal

Golden Age: Pendidikan Anak Usia

Dini. 3(1).27-32.

DOI: https://doi.org/10.29313/ga.v3i1.

Zelika Afaria (2020). Pengaruh Program

Martikulasi Terhadap Kemempuan

Bahasa Arab Mahasiswa Baru

Pendidikan Bahasa Arab. Jurnal

Pendidikan Bahasa Arab. 1(2). 101-

DOI: 10.30997/tjpba.v1i2.2803




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ja.v6i2.4394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Husnul Bahri, Buyung Surahman, Evi Sela Nirwana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by :

_______________________________________________

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disclaimer: Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education articles published by Faculty of Tarbiyah n Tadris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.

_______________________________________________

UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : piaud@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah

situs togel terpercaya

https://branding-udma.com/

ligaubo

https://amdbet.matahari.com/

situs toto

toto slot

bos 303

topup murah

macau303

Lunasin Utang Modal Maxwin di Mpo8821


bandar togel

situs toto

situs togel togel online

slot

situs toto

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

togel online