PENGARUH VIDEO ANIMASI POWTOON TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH 27 BUNGO PASANG PADANG

Levisya Amara Chudri, Zulminiati Zulminiati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh video animasi powtoon terhadap kemampuan berhitung pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak- Kanak Aisyiyah 27 Bungo Pasang Padang. Sampel penelitian sebanyak 32 anak dimana 16 anak kelas eksperimen dan 16 anak kelas kontrol. Metode yang dipakai yaitu kuantitatif dengan pendekatan quasy eksperimen. Pengolahan data memakai bantuan dari spss 25.0 for windows. Dalam peneltiian ini teknik pengumpulan data yang dipakai ialah tes perbuatan serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa video animasi powtoon dapat mengembangkan kemampuan berhitung pada anak. Dilihat dari kelas eksperimen yang menggunakan video animasi powtoon mendapat nilai lebih tinggi dari pada kelas kontrol yang memakai flashcard.

Keywords


Kemapuan Berhitung, Video Animasi Powtoon, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Allen, K Eileen & Marotz, Lynn R. 2010.

Profil Perkembangan Anak: Pra

Kelahiran Hingga Usia 12 Tahun.

Jakarta: PT. Indeks.

Ariyanto, R., Kantun, S., & Sukidin, S. (2018).

Penggunaan Media Powtoon Untuk

Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar

Siswa pada Kompetensi Dasar

Mendeskripsikan Pelaku-Pelaku

Ekonomi Dalam Sistem Perekonomian Indonesia. JURNAL PENDIDIKAN

EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu

Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu

Sosial, 12(1), 122.

https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7622

Chairumil, Anisa Ulya dan Zulminiati. 2022.

Efektivitas Penggunaan Media Power

Point Terhadap Kemampuan Matematika

Anak Di Taman Kanak-Kanak. Vol. 6 (1)

Mei.

Chigeza, P., & Sorin, R. (2016). Kindergarten

Children Demonstrating Numeracy

Concepts through Drawings and

Explanations: Intentional Teaching

within Play-based Learning. Australian

Journal of Teacher Education, 41(5).

Retrieved from

http://ro.ecu.edu.au/ajte/vol41/iss5/5

Citra dan Zulminiati. 2021. Pengaruh

Penggunaan Video Animasi Untuk

Mengembangkan Kemampuan Berhitung

Anak Di Taman Kanak- Kanak. Edukids

Vol.18 (2) Agustus.

Fadlillah. 2018. Bermain dan permainan anak

usia dini. Jakarta:Prenadamedia Group

Fitria, Ayu. 2014. Penggunaan Media Audio

Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia

Dini. Jurnal Cakrawala Dini: Vol.5 No.2,

November.

Juliyanti, Yunia dan Zulminiati. 2022.

Pengaruh Metode Bercerita Dengan

Menggunakan E-BIG BOOK Dalam

Meningkatkan Sains Anak Di Taman

Kanak-Kanak Inayah Kecamatan Sungai

Aur Pasaman Barat. Vol. 4 (2)

September.

Khadijah. 2016. Pengembangan Kognitif Anak

Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Maesaroh, Sumardi, Nur. 2019. Kemampuan

Berhitung Permulaan Anak Taman

Kanak-Kaank Kelompok B Sekelurahan

Lengkongsari Kota Tasik Malaya. Jurnal

Paud Agapedia. Vol. 3 No. 1 Juni Page

-75.

Musbikin, I. 2010. Buku Pintar Paud.

Yogyakarta: Laksamana.

Muthiara Firdaus, Elise Muryanti. 2020.

Games Edukasi Bahasa Inggris Untuk

Pengembangan Kosa Kata Bahasa

Inggris Pada Anak Usia Dini. Jurnal

Pendidikan Tambusai,Volume 4, Nomor

Sanjaya Wina. 2014. Media Komunikasi

Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada

Media Group.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian

Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D). ALFABET.

Sukmadinata, N. S. (2015). Metode Penelitian

Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak

Usia Dini:Pengantar Dalam Berbagai

Aspeknya. Jakarta: Kencana

Prenadamedia Group.

Susanto, Ahmad. (2017). Pendidikan Anak

Usia Dini (Konsep dan Teori).Jakarta:

Bumi Aksara.

Yesy Diah Rosita, Rani Jayanti, Nur Ainiyah.

Asyik Membuat Presentasi Trendy.

Yogyakarta : CV Budi Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ja.v6i2.4389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Levisya Amara Chudri, Zulminiati Zulminiati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by :

_______________________________________________

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disclaimer: Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education articles published by Faculty of Tarbiyah n Tadris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.

_______________________________________________

UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : piaud@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah

togel online

slot

situs toto

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

togel online