PENGGUNAAN PUZZLE SEBAGAI ALAT PERMAINAN EDUKATIF DAN IMPLIKASINYA TERHADAP ASPEK MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-6 TAHUN

Siti Khumaeroh

Abstract


Perkembangan motorik halus anak salah satunya dipengaruhi oleh penggunaan alat permainan edukatif. Terdapat jenis permainan edukatif yang digunakan dalam menstimulus perkembangan motorik halus anak diantaranya adalah puzzle. Namun sayangnya dilapangan, kegiatan yang dapat menstimulus perkembangan motorik halus anak masih belum dilakukan dengan adekuat, dalam hal ini frekuensinya masih kurang dari yang digunakan. Sehingga perkembangan motorik halus anak menjadi kurang optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat permainan edukatif jenis puzzle terhadap perkembangan motorik halus anak usia prasekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Studi Literatur, yaitu dengan menelaah atau meneliti berbagai literatur yang tersedia dari berbagai sumber artikel, jurnal ataupun buku yang terkait dengan media puzzle dan Motorik halus anak usia dini untuk membuktikan apakah permainan puzzle dapat mengembangkan motorik halus pada anak usia dini. Hasil penelitian membuktikan bahwa permainan edukatif puzzle dapat mempengaruhi perkembangan anak usia dini dari aspek motorik halus.

Keywords


Anak Usia Dini, Perkembangan Motorik Halus, Alat Permainan Edukatif Puzzle

Full Text:

PDF

References


Effendi, Albert Pohon. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis

Pendekatan Ilmiah. Jawa Tengah: Cv Sarnu Untang

Firman, F., & Rahayu, S. 2020. Pembelajaran Online, Minat Belajar, dan Kehidupan Sehari–Hari Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Sanata Dharma di Tengah Covid. Skripsi S-1.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Handarani, Oktafia Ika. 2020. “Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19”, Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). 8(3)

Jamaluddin, D., Ratnasih, T.,Gunawan,H. 2020. Jurnal “ pembelajaran daring masa pandemik covid-19 pada calon guru: hambatan, solusi dan proyek. LP2M”. Jurnal. 2

Juaningsih, Imas Novita. Dkk. 2020. “Jurnal Syar-i” Sosial Budaya, 5(7-6)

Kamal, Irsyad, Dkk. 2020. Pembelaran di Era 4.0. Bandung: Yrama widya

Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta

Rosyid, Zaiful. 2020. Psikologi Belajar. Jakarta: CV Budi Utama

Sadikin, Ali, Dkk. 2020. ”Pembelajaran Daring Ditengah Wabah Covid 19”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi,” 6(2)

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Suyadi. 2014. Teori Pembelajaran Anak Untuk Dini. PT Remaja Rosdakarya

Syahputra, Edy. 2020. Snowball Throwing Tingkatkan Minat Belajar Hasil Belajar. Haura: Suka Bumi

Maghfuroh, L. (2018). Metode Bermain Puzzle Berpengaruh Pada

Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan,

(1), 55-60.

Manurung, A. K. R., Wulan, S., & Purwanto, A. (2021). Permainan

Outdoor dalam Membentuk Kemampuan Ketahanmalangan pada

Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1807-1814.

Nurwita, S. (2019). Pemanfaatan Media Puzzle dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak di Paud Aiza

Kabupaten Kepahiang. Jurnal Pendidikan Tambusai, (4), 803-810.

Satriani, & Ilyas, H. N. S. (2019) Pengaruh Penggunaan Puzzle Jari Tangan Dalam Mengembangkan Motorik Halus Di Taman Kanak-kanak. Jurnal Pemikiran dan penelitian Pendidikan anak Usia Dini, 5(2), 85-93.

Suarti, N. K. A. (2020). Bermain Puzzle Memupuk Sikap Kemandirian pada Anak Usia Dini. Jurnal Paedagogy, 2(1), 13-21.

Trimantara, H., & Mulya, N. (2019).Mengembangkan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Alat Permainan Edukatif Puzzle. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2 (1), 25-34.

Waty, A. K. (2019). Efektivitas Media Pom-Pom dalam Metode Bermain untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Usia 4-5 Tahun (Kelompok A). ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 7(1), 1-14.

Widayati, J. R., Safrina, R., & Supriyati, Y. (2021). Alat Permainan Edukatif: Analisis Pengembangan Literasi Sains Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 654-

Yuniati, E. (2018). Puzzle mempengaruhi perkembangan motorik halus anak usia prasekolah Di TK At Taqwa Mekarsari Cimahi. Jurnal Kesehatan, 11(2), 65-74.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ja.v5i2.4381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Novi Umirulliyanti, Husnul Bahri, Fatrica Syafri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by :

_______________________________________________

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disclaimer: Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education articles published by Faculty of Tarbiyah n Tadris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.

_______________________________________________

UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : piaud@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah

situs togel terpercaya

https://branding-udma.com/

ligaubo

https://amdbet.matahari.com/

situs toto

toto slot

bos 303

topup murah

macau303

Lunasin Utang Modal Maxwin di Mpo8821


bandar togel

situs toto

situs togel togel online

slot

situs toto

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

togel online