PENGARUH SENAM IRAMA TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD FLAMBOYAN DESA GERAMAT, KECAMATAN MULAK ULU, KABUPATEN LAHAT

Rica Yuspitah

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi bahwa pembelajaran anak usia dini pada PAUD Flamboyan Desa Geramat Kecamatan Mulak Ulu Kabupaten Lahat, memiliki ketertarikan yang masih rendah terhadap senam irama dan Kurangnya rangsangan yang membuat gerakan anak kurang terkoordinasi dengan baik. Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh senam irama dalam perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di PAUD Plamboyan Desa Geramat Kecamatan Mulak Ulu Kabupaten Lahat? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan senam irama dapat memberikan pengaruh pada motorik kasar anak usia 5-6 tahun di PAUD Flamboyan Desa Geramat Kecamatan Mulak Ulu Kabupaten Lahat? Hasil penelitian setelah dihitung menggunakan SPSS ada pengaruh terhadap motorik kasar anak ketika anak melakukan senam irama hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil perhitungan menggunakan SPSS dengan cara membandingkan antara nilai t yang dihasilkan dari π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” dengan nilai 𝑑 π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ . Dari tabel diatas diketahui bahwa nilai uji Independent Sampel t-test (π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘”) sebesar 12,511 dan π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ sebesar 2,024 dengan nilai p sebesar 0,000. Karena nilai π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” > π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ atau nilai p>0,05 maka dikatakan ada perbedaan rata-rata antara perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Maka Ho ditolak dan Ha diterima Artinya ada pengaruh senam iramaa terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di PAUD Flamboyan Desa Geramat Kecamatan Mulak Ulu Kabupaten Lahat. Disini juga dijelaskan bahwa rentang untuk post dan pre test sama yaitu 2 tetapi perubahan itu ada pada kategori atau hasil masingmasing.

Keywords


Senam Irama, Perkembangan Motorik Kasar

Full Text:

PDF

References


Aep Rohendi, Dkk, 2017, Perkembangan

Motorik Pemghantar Teori Dan

Implikasinya Dalam Belajar, Bandung:

Alfabeta

Ahmad Rudiyanto, 2016, Perkembangan

Motorik Kasar dan Motorik Halus Anak

Usia Dini, Lampung: Darussalam Press

Ahmad Susanto, 2011, Perkembangan Anak

Usia Dini , Jakarta: Prenamedia Grup

Ahmad Muchlisin Natas Pasaribu , Hendra

Mashuri, 2019) Peranan Senam Irama

Terhadap Kebugaran Jasmani Untuk

Siswa Sekolah Dasar (Jurnal SPORTIF :

Jurnal Penelitian Pembelajaran

http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk

Volume 5 Nomor 1 Tahun.

Bambang Sujiono dkk, 2010, Metode

Pengembangan Fisik, Jakarta,

Universitas Terbuka, cet keduabelas.

Desmita, 2013, Psikologi Perkembangan,

Bandung:Remaja Rosdakarya,cet

kedelapan

Dini Rosdiana, 2013,Model pembelajaran

langsung dalam pendidikan jasmani dan

kesehatan, Bandung, Alfabeta.

Farida Noor Rohmah, Ika Fitri Wulandari,

Rizky Wulandari, Pelatihan Senam

Irama Berbahasa Inggris Untuk Guru Kb

Dan Tk Untuk Perkembangan Bahasa

Dan Motorik Kasar Anak, SNIEMAS

UAD 2018, ISBN 978-602-0737-07-2

Fitri Ayu Fatmawati, 2020. Pengembangan

Fisik Motorik Anak Usia Dini , Jawa

Timur: Caremedia Communication

George S Marrison, 2012, Dasar- Dasar

Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta : Pt

Indeks

Ghita Sri Cahyati, Strategi Pembelajaran

Senam Irama Anak Usia 5-6 Tahun Di

Tk Raudhatul Muhtadin Pontianak

Artikel Penelitian : Pendidikan Guru

Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan

Ilmu Pendidikan.

I Dwi Ayu Winda Astari , I Nengah

Suadnyana , I Kmg Ngurah Wiyasa,

Penerapan Metode Demonstrasi

Melalui Kegiatan Senam Irama

Berbantuan Media Audio Untuk

Meningkatkan Perkembangan Motorik

Kasar Anak Kelompok B1 Tk Widya

Santhi E-Journal PG-PAUD Universitas

Pendidikan Ganesha Jurusan

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia

Dini Volume 3 No 1 Tahun

Irfah Aulaini Damanik , Nurmaniah,

Pengaruh Senam Irama Terhadap

Perkembangan Motorik Kasar Anak

Usia 5-6 Tahun Di RA. Fastabiqul

Khairat PTPN II Kabupaten Langkat

TA. 2016-2017 Jurnal Usia Dini

,Volume 3 No.1 Juni 2017, E-ISSN: :

7239, P-ISSN: 2301-914X.

Ita Roeyana, Peningkatan Motorik Kasar

Melalui Senam Irama Bagi Anak Usia 4-

Tahun, Indonesian Journal Of Islamic

Early Childhood Education

Khadijah.M,Ag dkk Perkembangan Fisik

Motorik Usia Dini: teori dan

praktik,kencana.

Laras fridani, dkk, 2016, evaluasi

perkembangan anak usia dini,

universitas terbuka, cet kedelapan belas

Masito, Dkk, 2010, Startegi Pembelajaran TK

Tangerang Selatan : Universitas Terbuka

Muhammad Nofan Zulfahm, Pengaruh Senam

Irama Terhadap Keterampilan Gerak Dasar

Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Bina Siwi Desa

Krasak Kecamatan Pecangaan Kabupaten

Jepara 2016, Skripsi : Pendidikan Guru

Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu

Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Moeslichatoen R, Metode Pengajaran

Ditaman Kanak-Kanak, Pt Asdi

Mahasatya

Nidhi Rizkya HP, M. Husni Abdullah,

Pengaruh Senam Irama Terhadap

Perkembangan Motorik Kasar Anak

Kelompok B Di Tk Al-Fitroh Program

Studi PG-PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri

Surabaya

Nisnayeni, Peningkatan Perkembangan

Motorik Kasar Anak Melalui Senam

Irama Di Taman Kanak-Kanak Bina

Ummat Pesisir Selatan,Jurnal Pesona

PAUD, (Online), Vol 1, No 1,Hlm 1.

Nurlaili Arumningtyas, Marijono, Niswatul

Imsiyah, 2017Hubungan Antara Senam

Irama Dengan Perkembangan Motorik

Kasar Anak Usia Dini Di Kelompok

Bermain Bunga Bangsa Kertosari

Kecamatan Pasrujambe Kabupaten

Lumajang (Jurnal Pendidikan Luar Sekolah,

Nurul Fuaidah, Miftahillah, Kegiatan Senam

Irama Terhadap Kemampuan Pengaruh

Motorik Kasar Anak Usia Dini Usia 5-6

Tahun Di Ra Perwanida Raci Bangil

Pasuruan Stitnu Al-Hikmah Mojokerto

Utami Munandar, 2009, Pengembangan

Kreativiatas Anak Berbakat , Jakarta : Pt

Rineka Cipta

Penney Upton, 2012, Psikologi

Perkembangan, Jakarta: Erlangga.

Samsudin, 2008, Pembelajaran Motorik Di

Taman Kanak-Kanak, Jakarta : Fajar

interpratama.

Siti Nurdaningsih, Peningkatan Kemampuan

Motorik Kasar Melalui Senam Irama

Ceria Pada Anak Tunagrahita Ringan

Jurnal Pendidikan Khusus

Sugiyono. 2016,Metode Penelitian,

Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan

(R&D).(Bandung: Alfabeta).

Sugiyono, 2019, Metode Penelitian Kuantatif

Dan Kualitatif Dan R&D, Bandung:

Alfabeta

Sugiyono, 2018, Metode Penelitian

Kuantitatif, Bandung : Alfabeta

Suyadi , DKK, 2010 psikologi belajar PAUD

, ( Jogjakarta : PT pustaka insane

madani, Anggota IKAPI).

Undang-undang Republik Indonesia No 20

Tahun 200 Tentang Sistem Pendidikan

Nasional (SISDIKNAS) (Jakarta: Sinar

Grafika.

Wiyajatininghsih, Dampak Senam Irama Pada

Kemampuan Motorik Kasar Siswa Autis

Di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita

, 2014skripsi : Program Studi

Pendidikan Luar Biasa Jurusan

Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu

Pendidikan Universitas Negeri

Yogyakarta Juni

Yuliani Nurani Sujiono, 2005 Konsep Dasar

Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: PT

Indeks.Sa’adah, Risa Nur. 2020.

Metode Penelitian R&D. Malang:

Literasi Nusantara

Susanto, Ahmad 2014. Perkembangan Anak

Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai

Aspeknya. Jakarta: Kencana.

Sugiono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Suyadi dan Maulidya Ulfah. 2013. Konsep

Dasar PAUD. Bandung: Rosdakarya

Offset.

Suyadi. 2020. Teori Pembelajaran Anak Usia

Dini Dalam Kajian Neurosains.

Bandung: Rosdakarya Offset.

Tim Penulis Universitas Airlangga. 2018.

Keterampilan Belajar Studi Skil

Kemampuan Untsuk Mahasiswa.

Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ja.v5i1.4370

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rica Yuspitah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by :

_______________________________________________

This work is licensed under aΒ Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disclaimer:Β Al Fitrah:Β Journal Of Early Childhood Islamic EducationΒ articles published byΒ Faculty of Tarbiyah n Tadris UIN Fatmawati Sukarno BengkuluΒ have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read ourΒ Plagiarism PolicyΒ and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.

_______________________________________________

UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : piaud@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah