PERBANDINGAN TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DITINJAU DARI WILAYAH TEMPAT TINGGAL
Abstract
Keywords
References
Anas, A. S., Samingin, F. X., & Wulandari,
A. (2019). Jenis-Jenis Permainan
Bahasa Pada Tataran Bunyi Kata,
Bentuk Kata, Dan Makna Kata Dalam
Komik Ciayo Comics Dan
Implementasinya Sebagai Bahan Ajar
Teks Anekdot Di Sma. Repetisi: Riset
Pendidikan Bahasa Dan Sastra
Indonesia, 2(1), 123–139.
Anas, A. Y., Riana, A. W., & Apsari, N. C.
(2015). Desa Dan Kota Dalam Potret
Pendidikan. Prosiding Penelitian Dan
Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3).
Anggara, S. (2012). Perbandingan
Administrasi Negara (Vol. 1, Issue 1).
Bandung: Cv Pustaka Setia.
Aqib, Z., Jaiyaroh, S., Diniati, E., &
Khotimah, K. (2008). Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) untuk Guru SD,
SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.
Azhar, N., & Adri, M. (2008). Uji Validitas
Dan Reliabilitas Paket Multimedia
Interaktif. Didapatkan:
Http://Elektronika. Unp. Ac. Id
januari 2012].
Chairilsyah, D. (2019). Analisis
Kemandirian Anak Usia Dini. Paud
Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia
Dini, 3(01), 88–98.
Dimyati, J. (2013). Metode Penelitian
Pendidikan Dan Aplikasinya Pada
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
(Pertama). Jakarta: Kencana Prenada
Media Group.
Emzir. (2009). Metodologi Penelitian
Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo
Persada.
Endah, K. (2019). Mewujudkan
Kemandirian Desa Melalui
Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa.
Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu
Pemerintahan, 4(4), 25–33.
Fiah, R. El. (2017). Bimbingan Dan
Konseling Anak Usia Dini (1st Ed.)
Depok: PT. RajaGrafindo Persada.
Geofanny, R. (2016). Perbedaan
Kemandirian Anak Usia Dini Ditinjau
Dari Ibu Bekerja Dan Ibu Tidak
Bekerja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah
Psikologi, 4(4).
Illahi, S. R., N, H. Z., & Febrialismanto.
(2016). Analisis Kemandirian Anak
Usia 5-6 Tahun Di Paud Bhakti Bunda
Kecamatan Payung Sekaki Kota
Pekanbaru. Doctoral Dissertation,
Riau University, 1–11.
Ismiatun, A. N. (2020). Studi Komparatif
Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6
Tahun Di Desa Dan Kota. Jurnal Tunas
Siliwangi, 6(2), 8–12.
Iswantiningtyas, V., & Raharjo, I. B. (2016).
Kemandirian Anak Usia Dini ( Studi Di
Taman Kanak-Kanak Tauladan
Kecamatan Pare Kabupaten Kediri ).
Jurnal Program Studi Pgra, 2, 1689–
Jamaludin, A. N. (2015). Sosiologi
Perdesaan. Bandung: Pustaka Setia.
Jamaludin, A. N. (2015). Sosiologi
Perkotaan: Memahami Masyarakat
Kota Dan Problematikanya. Bandung:
Pustaka Setia.
Kadir. (2015). Statistika Terapan Konsep,
Contoh Dan Analisis Data Dengan
Program Spss/Lisrel Dalam Penelitian
(Kedua). Jakarta: PT. Rajagrafindo
Persada.
Kamus Bahasa Indonesia. (2008). In
Jakarta: Balai Pustaka.
Lastri, L., Utami, N. W., & Putri, R. M. (2017). Perbedaan Perkembangan
Sosial Anak Usia 2-3 Tahun Pada Ibu
Bekerja Dan Ibu Tidak Bekerja Di
Kelurahan Tlogomas Kecamatan
Lowokwaru Malang. Nursing News:
Jurnal Ilmiah Keperawatan, 2(2).
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R.
(2015). Penelitian Pendidikan
Matematika. Bandung: PT Refika
Aditama.
Murdiyanto, E. (2020). Sosiologi Perdesaan
Pengantar Untuk Memahami
Masyarakat Desa. Lembaga Penelitian
Dan Pengabdian Kepada Masyarakat
(Lp2m) Upn” Veteran.
Mutiah, D. (2012). Psikologi Bermain Anak
Usia Dini (Pertama). Jakarta: Kencana
Prenada Media Group.
Patmonodewo, S. (2008). Pendidikan Anak
Prasekolah (Kedua). Jakarta: Rineka
Cipta.
Putri, B. R. (2016). Perbedaan Kemandirian
Anak Prasekolah yang Dititipkan di
Taman Penitipan Anak (TPA) dengan
Anak yang Diasuh oleh Asisten
Rumah Tangga (ART) di Rumah.
Skripsi. Universitas Sanata Dharma
Yogyakarta, Indonesia.
Rantina, M. (2015). Peningkatan
Kemandirian Melalui Kegiatan
Pembelajaran Practical Life (Penelitian
Tindakan Di Tk B Negeri Pembina
Kabupaten Lima Puluh Kota,Tahun
. Pendidikan Usia Dini, 9(2),
–200.
Retnowati, Y. (2014). Pola Komunikasi
Orangtua Tunggal Dalam Membentuk
Kemandirian Anak (Kasus Di Kota
Yogyakarta). Jurnal Ilmu Komunikasi,
(3), 199–211.
Riyadi, E. N. (2016). Tingkat Kemandirian
Anak Taman Kanak-Kanak Mutiara.
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,
(5), 690–698.
Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih
Kemandirian Anak. Jurnal Komunikasi
Antar Perguruan Tinggi Agama Islam,
, 31–46.
Sa’ida, N. (2016). Kemandirian Anak
Kelompok A Taman Kanak-Kanak
Mandiri Desa Sumber Asri Kecamatan
Nglegok Kabupetn Blitar. Jurnal
Pedagogi, 2, 88–95.
Salina, E., Thamrin, M., & Sutarmanto.
(2014). Faktor-Faktor Penyebab Anak
Menjadi Tidak Mandiri Pada Usia 5-6
Tahun Di Raudatul Athfal Babussalam.
Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran
Khatulistiwa, 3, 1–10.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian
Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (Ke18). Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar
Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:
PT Indeks Permata Putri Media (Ed.);
th Ed.).
Susanto, A. (2018). Pendidikan Anak Usia
Dini (Konsep Dan Teori) (Suryani & U.
Rahmawati (Eds.); Cetakan Ke).
Jakarta: PT Bumi Aksara.
Utami, T. W. P., Nasirun, M., & Ardina, M.
(2019). Studi Deskriptif Kemandirian
Anak Kelompok B Di Paud Segugus
Lavender. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2),
–160.
Winarno, M. E. (2011). Metodologi
Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani.
Malang: Media Cakrawala Utama
Press, Malang.
Wiyani, N. A. (2013). Bina Karakter Anak
Usia Dini (Rose Kusumaning Ratri
(Ed.); Pertama). Yogjakarta: Ar-Ruzz
Media.
Yamin, M., & Sanan, J. S. (2021). Panduan
PAUD Pendidikan Anak Usia Dini.
Ciputat: Referensi (Gaung Persada
Press Group).
Yuliyanti, E., Ph, L., Indrayat, N., & I.
(2019). Perbedaan Tingkat Ansietas
Anak Usia Sekolah Di Desa Dan Di
Kota Saat Mengalami Menarche.
Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 2(1),
–70.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ja.v5i1.4369
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Lara Apriani, Sri Saparahayuningsih, Zahratul Qalbi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexed by :







_______________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Disclaimer: Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education articles published by Faculty of Tarbiyah n Tadris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.
_______________________________________________
UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia
Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172
Email : piaud@mail.uinfasbengkulu.ac.id