PERBANDINGAN TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DITINJAU DARI WILAYAH TEMPAT TINGGAL

Lara Apriani, Sri Saparahayuningsih, Zahratul Qalbi

Abstract


Kemandirian merupakan suatu kemampuan atau keterampilan yang dimiliki anak untuk melakukan segala sesuatu sendiri, baik yang terkait dengan aktivitas bantu diri maupun aktivitas sehari-hari tanpa tergantung pada orang lain. Salah satu faktor yang mendorong terbentuknya kemandirian yaitu lingkungan. Berdasarkan letak geografis dan ekonomi lingkungan tempat tinggal dibagi menjadi dua, yaitu desa dan kota. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan tingkat kemandirian anak usia dini yang ditinjau dari wilayah tempat tinggal, yaitu Desa Pasar Palik dan Kelurahan Kandang Limun. Metode penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode pendekatan kausal komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak usia dua sampai dengan tiga tahun yang bertempat tinggal di Desa Pasar Palik dan Kelurahan Kandang Limun, dengan total populasi berjumlah dua ratus dua puluh tiga orang tua. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik disproportionate stratified random sampling, dimana teknik pengambilan sampel ini digunakan untuk menentukan jumlah sampel bila populasi berstrata tetapi kurang proporsional. Jumlah sampel untuk Desa Pasar Palik yaitu sebanyak tiga puluh delapan orang tua, jumlah sampel untuk Kelurahan Kandang Limun yaitu sebanyak tiga puluh tujuh orang tua. Jumlah sampel total yaitu sebanyak tujuh puluh lima orang tua. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik dengan rumus Uji-t dua sampel bebas. Berdasarkan perhitungan Uji-t dua sampel bebas diperoleh nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel maka H0 ditolak dan keputusan yang diambil yakni H1. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan pada tingkat kemandirian anak usia dini ditinjau dari wilayah tempat tinggal Desa Pasar Palik dan Kelurahan Kandang Limun.

Keywords


Kemandirian Anak Usia Dini, Wilayah Tempat Tinggal

References


Anas, A. S., Samingin, F. X., & Wulandari,

A. (2019). Jenis-Jenis Permainan

Bahasa Pada Tataran Bunyi Kata,

Bentuk Kata, Dan Makna Kata Dalam

Komik Ciayo Comics Dan

Implementasinya Sebagai Bahan Ajar

Teks Anekdot Di Sma. Repetisi: Riset

Pendidikan Bahasa Dan Sastra

Indonesia, 2(1), 123–139.

Anas, A. Y., Riana, A. W., & Apsari, N. C.

(2015). Desa Dan Kota Dalam Potret

Pendidikan. Prosiding Penelitian Dan

Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3).

Anggara, S. (2012). Perbandingan

Administrasi Negara (Vol. 1, Issue 1).

Bandung: Cv Pustaka Setia.

Aqib, Z., Jaiyaroh, S., Diniati, E., &

Khotimah, K. (2008). Penelitian

Tindakan Kelas (PTK) untuk Guru SD,

SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.

Azhar, N., & Adri, M. (2008). Uji Validitas

Dan Reliabilitas Paket Multimedia

Interaktif. Didapatkan:

Http://Elektronika. Unp. Ac. Id

januari 2012].

Chairilsyah, D. (2019). Analisis

Kemandirian Anak Usia Dini. Paud

Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia

Dini, 3(01), 88–98.

Dimyati, J. (2013). Metode Penelitian

Pendidikan Dan Aplikasinya Pada

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

(Pertama). Jakarta: Kencana Prenada

Media Group.

Emzir. (2009). Metodologi Penelitian

Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo

Persada.

Endah, K. (2019). Mewujudkan

Kemandirian Desa Melalui

Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa.

Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu

Pemerintahan, 4(4), 25–33.

Fiah, R. El. (2017). Bimbingan Dan

Konseling Anak Usia Dini (1st Ed.)

Depok: PT. RajaGrafindo Persada.

Geofanny, R. (2016). Perbedaan

Kemandirian Anak Usia Dini Ditinjau

Dari Ibu Bekerja Dan Ibu Tidak

Bekerja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah

Psikologi, 4(4).

Illahi, S. R., N, H. Z., & Febrialismanto.

(2016). Analisis Kemandirian Anak

Usia 5-6 Tahun Di Paud Bhakti Bunda

Kecamatan Payung Sekaki Kota

Pekanbaru. Doctoral Dissertation,

Riau University, 1–11.

Ismiatun, A. N. (2020). Studi Komparatif

Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6

Tahun Di Desa Dan Kota. Jurnal Tunas

Siliwangi, 6(2), 8–12.

Iswantiningtyas, V., & Raharjo, I. B. (2016).

Kemandirian Anak Usia Dini ( Studi Di

Taman Kanak-Kanak Tauladan

Kecamatan Pare Kabupaten Kediri ).

Jurnal Program Studi Pgra, 2, 1689–

Jamaludin, A. N. (2015). Sosiologi

Perdesaan. Bandung: Pustaka Setia.

Jamaludin, A. N. (2015). Sosiologi

Perkotaan: Memahami Masyarakat

Kota Dan Problematikanya. Bandung:

Pustaka Setia.

Kadir. (2015). Statistika Terapan Konsep,

Contoh Dan Analisis Data Dengan

Program Spss/Lisrel Dalam Penelitian

(Kedua). Jakarta: PT. Rajagrafindo

Persada.

Kamus Bahasa Indonesia. (2008). In

Jakarta: Balai Pustaka.

Lastri, L., Utami, N. W., & Putri, R. M. (2017). Perbedaan Perkembangan

Sosial Anak Usia 2-3 Tahun Pada Ibu

Bekerja Dan Ibu Tidak Bekerja Di

Kelurahan Tlogomas Kecamatan

Lowokwaru Malang. Nursing News:

Jurnal Ilmiah Keperawatan, 2(2).

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R.

(2015). Penelitian Pendidikan

Matematika. Bandung: PT Refika

Aditama.

Murdiyanto, E. (2020). Sosiologi Perdesaan

Pengantar Untuk Memahami

Masyarakat Desa. Lembaga Penelitian

Dan Pengabdian Kepada Masyarakat

(Lp2m) Upn” Veteran.

Mutiah, D. (2012). Psikologi Bermain Anak

Usia Dini (Pertama). Jakarta: Kencana

Prenada Media Group.

Patmonodewo, S. (2008). Pendidikan Anak

Prasekolah (Kedua). Jakarta: Rineka

Cipta.

Putri, B. R. (2016). Perbedaan Kemandirian

Anak Prasekolah yang Dititipkan di

Taman Penitipan Anak (TPA) dengan

Anak yang Diasuh oleh Asisten

Rumah Tangga (ART) di Rumah.

Skripsi. Universitas Sanata Dharma

Yogyakarta, Indonesia.

Rantina, M. (2015). Peningkatan

Kemandirian Melalui Kegiatan

Pembelajaran Practical Life (Penelitian

Tindakan Di Tk B Negeri Pembina

Kabupaten Lima Puluh Kota,Tahun

. Pendidikan Usia Dini, 9(2),

–200.

Retnowati, Y. (2014). Pola Komunikasi

Orangtua Tunggal Dalam Membentuk

Kemandirian Anak (Kasus Di Kota

Yogyakarta). Jurnal Ilmu Komunikasi,

(3), 199–211.

Riyadi, E. N. (2016). Tingkat Kemandirian

Anak Taman Kanak-Kanak Mutiara.

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,

(5), 690–698.

Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih

Kemandirian Anak. Jurnal Komunikasi

Antar Perguruan Tinggi Agama Islam,

, 31–46.

Sa’ida, N. (2016). Kemandirian Anak

Kelompok A Taman Kanak-Kanak

Mandiri Desa Sumber Asri Kecamatan

Nglegok Kabupetn Blitar. Jurnal

Pedagogi, 2, 88–95.

Salina, E., Thamrin, M., & Sutarmanto.

(2014). Faktor-Faktor Penyebab Anak

Menjadi Tidak Mandiri Pada Usia 5-6

Tahun Di Raudatul Athfal Babussalam.

Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran

Khatulistiwa, 3, 1–10.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian

Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (Ke18). Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar

Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:

PT Indeks Permata Putri Media (Ed.);

th Ed.).

Susanto, A. (2018). Pendidikan Anak Usia

Dini (Konsep Dan Teori) (Suryani & U.

Rahmawati (Eds.); Cetakan Ke).

Jakarta: PT Bumi Aksara.

Utami, T. W. P., Nasirun, M., & Ardina, M.

(2019). Studi Deskriptif Kemandirian

Anak Kelompok B Di Paud Segugus

Lavender. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2),

–160.

Winarno, M. E. (2011). Metodologi

Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani.

Malang: Media Cakrawala Utama

Press, Malang.

Wiyani, N. A. (2013). Bina Karakter Anak

Usia Dini (Rose Kusumaning Ratri

(Ed.); Pertama). Yogjakarta: Ar-Ruzz

Media.

Yamin, M., & Sanan, J. S. (2021). Panduan

PAUD Pendidikan Anak Usia Dini.

Ciputat: Referensi (Gaung Persada

Press Group).

Yuliyanti, E., Ph, L., Indrayat, N., & I.

(2019). Perbedaan Tingkat Ansietas

Anak Usia Sekolah Di Desa Dan Di

Kota Saat Mengalami Menarche.

Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 2(1),

–70.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ja.v5i1.4369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Lara Apriani, Sri Saparahayuningsih, Zahratul Qalbi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by :

_______________________________________________

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disclaimer: Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education articles published by Faculty of Tarbiyah n Tadris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.

_______________________________________________

UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : piaud@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah