PEMIKIRAN RATNA MEGAWANGI PADA PENGEMBANGAN KARAKTER TOLERANSI, CINTA DAMAI DAN BERSATU ANAK USIA DINI PADA TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM

Okti Wulandari, Zubaedi Zubaedi, Fatrica Syafri

Abstract


Melihat keanekaragama agama, budaya, suku, adat istiadat, bahasa, dan lain sebagainya yang ada di Indonesia ini. Sehingga perlunya nilai karakter toleransi, cinta damai dan bersatu ditanamkan serta dikembangkan pada anak usia dini agar mereka tumbuh dan berkembang dengan baik. Rumusan masalah: 1. Bagaimana pemikiran Ratna Megawangi tentang konsep pengembangan karakter toleransi, cinta damai dan bersatu anak usia dini, 2. Bagaimana kesesuaian pemikiran Ratna Megawangi tentang pengembanagn karakter toleransi, cinta damai dan bersatu dalam prinsip-prinsip pendidikan anak usia dini dalam Islam. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pemikiran Ratna Megawangi tentang konsep pengembang karakter toleransi, cinta damai dan bersatu anak usia dini dalam tinjauan pendidikan Islam. Penelitian ini adalah penelitian literatur atau penelitan kepustakaan yang sumber data penelitiannya meliputi buku, majalah, artikel, koran, dan biografi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemikiran Ratna Megawangi dengan tujuan pendidikan Islam memiliki relevansi yang berkesinambungan. Karena tujuan dari pendidikan karakter yang dikemukan oleh Ratna Megawangi mengacu pada ketentuan Islam dimana dalam penyampaiannya berdasarkan inti kandungan ayat Al-Qur’an dan teladan Nabi Muhammad SAW. Dalam pengembangan karakter toleransi Ratna Megawangi mengkonsepkan “mengetahui, mencintai, menginginkan, dan mempraktikkan kebajikan” dengan menggunakan metode berdiskusi, bercerita, berlatih setiap saat, bernyanyi, dan bermain. Dari penerapan tersebut anak terbiasa melakukannya sehingga anak terbiasa memiliki karakter toleransi, cinta damai dan bersatu.

Keywords


Toleransi, Cinta Damai, Bersatu Ratna Megawangi

Full Text:

PDF

References


Amaliati Siti. Pendidikan Karakter

Perspektif Abdullah Nashih Ulwan

dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil

Islam dan Relevansinya Menjawab Problematika Anak di Era Milenial.

Child Education Journal, Volume 2

No. 1, June 2020.

Amri Syafri Ulil. 2014. Pendidikan Karakter

Berbasis Al-Qur’an.Jakarta:PT.

Raja Grafindo Persada.

Akbar Eliyyil. 2020. Metode belajar Anak

Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Al Qur’an Terjemah Kementrian Agama RI.

Surah Al-Hujurat [49]:13 (Jakarta,

PT. Hudaya Madya Dakwah: 2013).

Arif Prilia Farah, Relevansi Pemikiran

Hamka dengan Pendidikan Karakter

(Analisis Novel Tenggelamnya

Kapal Van Der Wijck), (Skripsi S1

UIN SUSKA RIAU, Riau, 2019).

Atabik Ahmad & Burhanuddin Ahmad.

Konsep Nasih Ulwan Tentang

Pendidikan Anak. Kudus:

Lementary. Vol. 3. No. 2. JuliDesember 2015.

Ayuhan. 2016. Konsep Pendidikan Anak

Salih dalam Perspektif Islam.

Yogyakarta: Deepublish.

Azizah Nur, Penanaman Nilai-nilai

Pendidikan Karakter dalam

Pembelajaran Pendidikan Agama

Islam di SMA Negeri 1 WelerI

Kendal Tahun Pelajaran 2015/2016,

(Skripsi S1 UIN Walisongo,

Semarang, 2015)

Bahri husnul. 2019. Pendidikan Islam Anak

Usia Dini Peletakan Dasar

Pendidikan Karakter. Bengkulu:

CV. Zigie Utama.

Bimo. 2011. Mahir Mendongeng.

Yogyakarta: Pro-U Media.

Fakultas Tarbiyah Dan Tadris Institut Agama

Islam Negeri Bengkulu (FTT IAIN

Bengkulu).Pedoman Penulisan

Skripsi. Benkulu: Fakultas Tarbiyah

Tadris IAIN Bengkulu,2015.

Hamid Hamdani & Saebani Ahmad Beni.

Pendidikan Karakter

Perspektif Islam. Bandung: Pustaka

Setia.

Hakim Lukman Safina, dkk. Pemikiran

Mahatma Ghandi Tentang NilaiNilai Kemanusiaan, (2014, 1): 6.

Diakses pada

https://firanda.com/1529-islammenjunjung-nilainilaikemanusiaan.html pada 12/11/20

Hermawan Iwan.2020. Konsep Nilai

Karakter Islami sebagai Pembentuk

Peradaban Manusia.Southeast

Asian Journal of Islamic Education

Management Vol. 1 No. 2.

Hidayah Nur, Konsep Pendidikan Karakter

Dalam Perspketif Pendidikan Islam,

(Skripsi S1 IAIN Salatiga, Salatiga,

.

Kartikowati Endang & Zubaedi. 2020. Pola

Pembelajaran 9 Pilar Karakter

Pada Anak Usia Dini dan DimensiDimensinya. Jakarta: Prenadamedia

Grup.

Kementerian Pendidikan dan

Kebudayaan.2018. Seri Pendidikan

Orang Tua Menumbuhkan Sikap

Toleran pada Anak. Jakarta:

Direktorat Pembinaan Pendidikan

Keluarga Kementerian Pendidikan

dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Menumbuhkan Toleransi

Anak Usia Dini dalam Keluarga.

Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak

Usia Dini Direktorat Jenderal

Pendidikan Anak Usia Dini,

Pendidikan Dasar, dan Pendidikan

Menengah Kementerian Pendidikan

dan Kebudayaan.

Khadijah. 2016. Pengembangan Kognitif

Anak Usia Dini. Medan: Perdana

Publishing.

Kusuma Hadi Wira, Pendidikan Resolusi

Konflik Bagi Anak Usia Dini, Al

Fitrah Journal Of Early Childhood

Islamic Education ISSN : 2599-

E-ISSN : 2622-335X Vol.2

No.1 Juli 2018.

Kumpulan Lagu 9 Pilar Karakter

Majid Abdul & Andayani Dian. 2012.

Pendidikan Karakter Perspektif

Islam. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Mansur. 2014. Pendidikan Anak Usia Dinoi

Dalam Islam, di kutip oleh Sugeng

Haryadi. Yogyakarta, Pustaka

Belajar Offset.

Marzuki. 2017. Pendidikan Karakter Islam.

Jakarta: Amzah.

Megawangi Ratna. 2015. Pendidikan

Karakter: Solusi yang Tepat untuk

Menbangun Bangsa, Cet. 4. Jakarta:

Indonesia Heritage Foundation.

Megawangi Ratna. 2016. Pendidikan

Karakter: Solusi yang Tepat untuk

Menbangun Bangsa, Cet. 5. Jakarta:

Indonesia Heritage Foundation

Megawangi Ratna. 2017. Menyemai Benih

Karakter, cet. Ketiga. Jakarta:

Indonesia Heritage Foundation.

Megawangi Ratna. 2014. 9 Pilar Karakter

Toleransi, Cinta Damai dan

Bersatu. Jakarta: Indonesia Heritage

Foundation.

Mulyani Novi. 2016. Dasar-Dasar

Pendidikan Anak Usia Dini.

Yogyakarta: Kalimedia.

Rahmi Jana. 2019. Skripsi Pandangan Ratna

Megawangi Pada Pengembangan

Karakter Sosial Anak Usia Dini

Dalam Tinjauan Pendidikan Islam.

Bengkulu: IAIN Bengkulu.

Rohma Nur Fidyah. 2021. skripsi Pemikiran

Mahatma Gandhi Tentang

Pendidikan dan Relevansinya

Terhadap Pendidikan Karakter

Anak Usia Dini. Bengkulu: Institut

Agama Islam Negeri (IAIN)

Bengkulu.

Sari Merdeka Melinda, Pembentukan

Pendidikan Karakter di SD Terpadu

Putra Harapan Purwokerto

(Purwokerto, IAIN Purwokerto,

.

Satori Djam’an & Komariah Aan. 2017.

Metodologi Penelitian Kualitatif .

Bandung: Alfabeta.

Septiani Vifi Lusi, Implementasi Metode

Pebiasaan Dalam Pembentukan

Karakter Anak Usia Dini Di Tk

Bhakti II Ar-Rusydah Kedamaian

Bandar Lampung, Skripsi PIAUD

UIN Raden Intan Lampung, 2017.

Sugiyono. 2016.Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: IKAPI.Suyadi dan

Maulidya. 2015. Konsep Dasar

PAUD. Bandung, PT Remaja

Rosdakarya.

Suyadi & Ulfah Maulidya. 2015. Konsep

Dasar PAUD. Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor

Tahun 2003 Tentang Sistem

Pendidikan Nasional

Wibowo Agus. 2017. Pendidikan Karakter

Usia Dini (Strategi Membangun

Karakter Di Usia Emas).

Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Wiyani Ardy Novan. 2016.Konsep Dasar

PAUD. Yogyakarta: Gava Media.

Zed Mestika. 2018.Metode Penelitian

Kepustakaan. Jakarta: Yayasan

Pustaka Obor Indonesia.

Zubaedi, Optimalisasi Peranan Ibu dalam

Mendidik Karakter Anak Usia Dini

pada Zaman Now, Al Fitrah Journal

Of Early Childhood Islamic

Education ISSN : 2599-2287 EISSN : 2622-335X Vol.3 No.1Juli




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ja.v5i1.4368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Okti Wulandari, Zubaedi Zubaedi, Fatrica Syafri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by :

_______________________________________________

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disclaimer: Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education articles published by Faculty of Tarbiyah n Tadris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.

_______________________________________________

UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : piaud@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah