PANDANGAN BANDI DELPHIE TENTANG PEMBELAJARAN ANAK TUNAGRAHITA SERTA RELEVANSINYA DENGAN INTELEGENSI QUETIENT (IQ) ANAK TUNAGRAHITA

Tiwi Utami Putri

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi perkembangan fungsi intelektual anak tunagrahita yang rendah dan disertai dengan perkembangan perilaku adaptif yang rendah pula akan berakibat langsung kepada kehidupan sehari-hari mereka, sehingga ia banyak mengalami kesulitan dalam hidupnya. Rumusan masalah penelitian ini adalah: bagaimana pandangan Bandi Delphie tentang pembelajaran anak tunagrahita serta relevansisnya dengan tingkat IQ (Intelegensi Quetient) Anak tunagrahita?. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research) yaitu sebuah penelitian yang dilakukan di perpustakaan dimana pekerja riset membaca, menelaah atau memeriksa bahan-bahan kepustakaan yang terdapat di dalam perpustakaan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran proses pendidikan anak Tuna Grahita perlu dilakukan dengan pendekatan khusus agar dapat memperoleh hasil optimal dalam tumbuh kembang anak. Faktor-faktor utama yang perlu mendapatkan perhatian adalah: adanya proses identifikasi yang komprehensif serta terarah untuk memetakan karakteristik anak sehingga dapat disediakan pola pendidikan yang sesuai.

Keywords


Pembelajaran, Tunagrahita, Intelegensi Quetient

References


Amir Hamzah, Metode Penelitian

Kepustakaan, (Malang: CV. Literasi

Nusantara Abadi, 2020)

Bandi Delphie. Pembelajaran Anak

Tunagrahita Suatu Pengantar Dalam

Pendidikan Inklusi. (Bandung: PT Refika

Aditama, 2006)

Bandi, Delphie, Bimbingan Konseling

Untuk Perilaku Non-Adaptif, (Bandung:

Pustaka Bani Quraisy, 2005)

Dedy Kustawan. Bimbingan & Konseling Bagi

Anak Berkebutuhan Khusus. (Jakarta

Timur: PT. Luxima Metro Media, 2013)

Kemis & Ati Rosnawati, Pendidikan

Anak Berkebutuhan Khusus

Tunbagrahita, (Jakarta: PT. Luxima

Metro Media, 2013)

Novita Yosiani. Relasi Karakteristik Anak

Tunagrahita Dengan Pola Tata Ruang

Belajar Di Sekolah Luar Biasa. (Jurnal

Ilmiah, E-Journal Graduate Unpar,

Volume 1 No. 2)

Nur Unviyati. Ilmu Pendidikan Islam.

(Bandung: CV Pustaka Setia, 1998)

Sutjihati Somantri. Psikologi Anak Luar

Biasa. (Bandung: PT Refika Aditama,




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ja.v5i1.4367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tiwi Utami Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by :

_______________________________________________

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disclaimer: Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education articles published by Faculty of Tarbiyah n Tadris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.

_______________________________________________

UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : piaud@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah