PELAKSANAAN STRATEGI PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS)

Mistika Yusti, Sri Saparahayuningsih, Indrawati Indrawati

Abstract


Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan pelaksanaan strategi pembelajaran Higher Order Thinking Skills oleh guru pendidikan anak usia dini Se-Gugus Anggrek Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis metode deskriptif survei. Populasi dalam penelitian ini adalah guru yang berada di pendidikan anak usia dini Se-Gugus Anggrek Kota Bengkulu yang berjumlah empat puluh enam orang guru. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan nonprobability sampling total, dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel yang berjumlah empat puluh enam guru se-gugus Anggrek Kota Bengkulu. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik dengan rumus rata-rata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru se-gugus Anggrek Kota Bengkulu telah melaksanakan strategi pembelajaran Higher Order Thinking Skills dengan nilai persentase tujuh puluh tujuh koma enam puluh lima persen, yang berarti selalu melaksanakan strategi pembelajaran Higher Order Thinking Skills. Saran bagi guru pendidikan anak usia dini dalam penelitian ini yaitu untuk lebih memahami tentang pembelajaran Higher Order Thinking Skills dan mengetahui pentingnya pembelajaran Higher Order Thinking Skills di sekolah. Guru juga mengupayakan untuk memanfaatkan sumber belajar yang ada sehingga terciptanya lingkungan belajar yang yang memunculkan pembelajaran Higher Order Thinking Skills di sekolah. Diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan pelaksanaan strategi pembelajaran Higher Order Thinking Skills dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang berbeda, seperti teknik pengumpulan data dengan observasi.

Keywords


Strategi, Pembelajaran, HOTS

Full Text:

PDF

References


Apandi, I., & Baehaqi, A. (2018). Strategi

Pembelajaran Aktif Abad 21 dan

HOTS. Yogyakarta: Samudra Biru.

Ariyana, Y. Dkk. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada

Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.

Jakarta: Direktorat Jenderal Guru Dan

Tenaga Kependidikan Kementerian

Pendidikan Dan Kebudayaan Hak.

Damayanti, D. (2018). Senang dan Bahagia

Menjadi Guru PAUD. Yogyakarta:

Araska.

El Fiah, R. (2017). Bimbingan dan

Konseling Anak Usia Dini. Jakarta: PT

Rajagrafindo Persada.

Peraturan Pemerintah Indonesia. 2013.

Peraturan Menteri Pendidikan dan

Kebudayaan Republik Indonesia

Nomor 65 Tahun 2013 Tentang

Standar Proses Pendidikan Dasar dan

Menengah. Jakarta: Berita Negara

Republik Indonesia Tahun 2013.

Peraturan Pemerintah Indonesia. 2016.

Peraturan Menteri Pendidikan dan

Kebudayaan Republik Indonesia

Nomor 22 Tahun 2016 Tentang

Standar Proses Pendidikan Dasar dan

Menengah. Jakarta: Berita Negara

Republik Indonesia Tahun 2016

Nomor 955.

Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian

Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suriansyah, A., & Aslamiah, A. (2011).

Strategi Pembelajaran Anak Usia

Dini. Banjarmasin: COMDES.

Yusuf, A. M. (2016). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian

Gabungan. Jakarta: Prenada Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ja.v5i1.4366

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mistika Yusti, Sri Saparahayuningsih, Indrawati Indrawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by :

_______________________________________________

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disclaimer: Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education articles published by Faculty of Tarbiyah n Tadris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.

_______________________________________________

UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : piaud@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah