PROBLEMATIKA BELAJAR DARI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 BAGI AUD DI TK PERMATA BUNDA KOTA BENGKULU

Novita Wulandari, Deni Febrini, Ahmad Syarifin

Abstract


Umumnya proses pembelajaran TK dilakukan melalui tatap muka secara langsung. Namun akibat penyebaran wabah Virus Covid-19 membuat proses pembelajaran tidak dilakukan secara langsung. Rumusan masalah: Bagaimana Proses Pelaksanaan Belajar Dari Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19 Bagi AUD di TK Permata Bunda Kota Bengkulu, Bagaimana Problematika Belajar Dari Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19 Bagi AUD di TK Permata Bunda Kota Bengkulu, dan Bagaimana Upaya Mengatasi Problematika Belajar Dari Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19 Bagi AUD di TK Permata Bunda Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika belajar dari rumah pada masa pandemi covid-19 bagi AUD di TK permata bunda kota bengkulu. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah proses belajar menggunakan 2 metode yaitu metode daring dan luring. Problematika yang dihadapi yaitu: Pertama, perubahan sistem pembelajaran dan perubahan RPPH. Kedua, anak kurang fokus dalam belajar, anak yang kadang tidak semangat dalam belajar, anak sering lupa dengan materi pembelajaraan, anak lebih banyak fokus pada bermain, anak sering mengulur waktu belajar, guru tidak bisa bertemu langsung dengan anak-anak. Ketiga, tidak semua orang tua memiliki smartphone, tidak semua orang tua bisa menggunakan aplikasi pembelajaran yang baru, mahalnya kouta internet, koneksi internet yang tidak stabil, belum meratanya IPTEK di kalangan pendidik, guru dan orang tua belum siap dengan metode pembelajaran jarak jauh. Sedangkan untuk upaya mengatasi yaitu: Pertama, sebelum melaksanakan proses belajar pihak sekolah terlebih dahulu melaksanakan rapat tentang bagaimana pembelajaran akan dilaksanakan dan menyampaikan ke wali murid. Kedua, dengan cara memberikan semangat kepada anakanak untuk belajar, mengulang materi. Ketiga: menggunakan 2 metode pembelajaran yaitu daring dan luring, mempelajari aplikasi yang digunakan, memfasilitasi sekolah dengan wifi, memberikan dana untuk kouta internet dan tetap menjaga komunikasi dengan guru tentang bagaimana proses belajar anak pada saat belajar dari rumah pada masa pandemi covid-19.

Keywords


Belajar Dari Rumah, Masa Covid-19

Full Text:

PDF

References


Alizamar. 2016. Teori Belajar &

pembelajaran. Yogyakarta: Media

Akademi.

Akbar Eliyyil. 2020. Metode Belajar Anak

Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia

Group

Astono, dkk. 2020. Keberadaan di Masa

Pandemi Covid-19. Yogyakarta:

Deepublish

Ayuhan. 2016. Konsep Pendidikan Anak

Saleh Dalam Perspektif Islam.

Yogyakarta: Deepublish

Belawati Tian. 2019. Pembelajaran Online.

Bandung: Universitas Terbuka

Bilfaqih Yusuf, Qomarudin M. Nur. 2020.

Esensi Pengembangan Pembelajaran

Daring. Yogyakarta: Deepublish

Dimyati Johni. 2017. Pembelajaran Terpadu

Untuk Taman KananKanan/Raudatul Athfal dan Sekolah

Dasar. Jakarta : Kencana

Djamarah Syaiful Bahri. 2010. Guru dan

Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif

(Suatu Pendekatan Teoritis

Psikologi). Jakarta: PT Rineka Cipta)

Drajamar Syaiful Bahri, Zain Aswan. 2006.

Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:

PT Rineka Cipta

Giap Yo Ceng. 2020. Pembelajaran ELearning di Masa Pandemi Covid19.Yogyakarta: Deepublish

Harsela Febey, Suryadi Didik. 2021. Jurnal

Al-Fitrah Analisis Kemampuan Guru

PAUD Dalam Membuat Media

Pembelajaran Di Kecamatan Jarai

Kabupaten Lahat Suatera Selatan.

Bengkulu: IAIN Bengkulu, Vol. 4, No.

Hewi La, Asnawati Linda. 2020. Jurnal

Strategi Pendidikan Anak Usia Dini

Era Covid-19 dalam

Menumbuhkan Kemampuan Berfikir

Logis. Kendari: Unstitut Agama Islam

Kendari

Kementerian Agama RI. 2012. Alquran dan

Terjemah Untuk Wanita. Jakarta:

Wali

Majid Abdul. 2016. Strategi Pembelajaran.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Masitoh, dkk. 2014. Strategi Pembelajaran

TK. Tanggerang Selatan: Universitas

Terbuka

Mulyani Novi. 2016. Dasar-Dasar

Pendidikan Anak Usia Dini.

Yogyakarta: Kalimedia

Mulyasa. 2017. Strategi Pembelajaran

PAUD. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya

Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh

Berbasis Teknologi Informasi dan

Telekomunikasi. Bandung: Alfabeta

Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran Di

Taman Tanak-Kanak. Jakarta: Rineka

Cipta

Safitri Devi. 2019. Menjadi Guru Profesinal.

Riau: PT Indragiri Dot Com

Supardan Dadang. 2015. Teori-teori Belajar

dan Pembelajaran Jilid 2. Bandung:

Yayasan Rahardja

Suyadi, Ulfah Maulida. 2015. Konsep Dasar

PAUD. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya

Suyadi. 2017. Teori Pembelajaran Anak Usia

Dini Dalam Kajian Neurosains.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugiono. 2015. Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alpabeta

Sugiono. 2019. Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alpabeta

Pramana Cipta. Jurnal Pembelajaran

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Dimasa Pandemi Covid-19. 2020. Jakarta: Universitas Tarumanagara.

Volume 2, Nomor 2

Pranowo Atikoh Ganjar. 2018. Buku Pintar

Orang Tua. Jawa tengah: Tiga

Serangkai

Wardani Anita, Ayriza Yulia. 2020. Jurnal

Analisis Kendala Orang Dalam

Mendampingi Anak Belajar di Rumah

Pada Masa Pandemi Covid-19.

Yogyakarta: Universitas Negeri

Yogyakarta Volume 5. Issue 1

Wiyani Novan Ardy. 2016. konsep dasar

PAUD. Yogyakarta: Gava Media

Yusuf Muri. 2017. Metode Penelitian

Kuntitatif, Kualitatif dan Penelitian

Gabungan. Jakarta: Kencana




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ja.v5i1.4365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Novita Wulandari, Deni Febrini, Ahmad Syarifin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by :

_______________________________________________

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disclaimer: Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education articles published by Faculty of Tarbiyah n Tadris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.

_______________________________________________

UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : piaud@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah