PRAKTEK PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA TEMA BINATANG DI RA DIPONEGORO 153 AJIBARANG KULON KABUPATEN BANYUMAS

Windiarsih Windiarsih, Novan Ardy Wiyani, Ahmad Sahnan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan praktek pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik di Raudlatul Athfal Muslimat Nahdlatul Ulama Diponegoro 153 Ajibarang Kulon Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Deskripsi praktek pendekatan saintifik meliputi deskripsi tentang tahapan saintifik yang terdiri dari 5M yaitu: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengkomunikasikan, baik yang dilakukan oleh guru maupun oleh anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah satu guru kelas B1 dan 29 siswa di kelas B1. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan silabus yang telah disamakan, hanya saja kegiatan dalam RPPH disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing RA. Komponen RPPH yang disusun guru sudah lengkap. Guru dalam melaksanakan pembelajaran berbasis pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik pada tema binatang sudah menerapkan kelima keterampilan ilmiah sesuai panduan Kemendikbud. Proses pembelajaran dimulai dari kegiatan pendahuluan dilanjutkan kegiatan inti yaitu mempraktekkan keterampilan ilmiah yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, menalar/mengolah informasi, dan mengkomunikasikan, serta diakhiri dengan kegiatan penutup. Siswa dapat melaksanakan kegiatan belajar dengan bimbingan guru. Adapun kendala yang dihadapi yakni keterbatasan waktu, keterbatasan biaya, minimnya sarana dan prasarana yang dapat disiasati dengan memanfaatkan lingkungan sekitar RA sehingga kegiatan saintifik tetap dapat dilaksanakan selama proses pembelajaran.

Keywords


Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Tematik, Tema Binatang

References


Dadan Suryana, “Pembelajaran Tematik

Terpadu Berbasis Pendekatan

Saintifik di Taman Kanak-Kanak”,

Jurnal Pendidikan Usia Dini, Vol.

Edisi 1, April, 2017.

Een Y. Haenilah, Kurikulum dan

Pembelajaran PAUD, Yogyakarta:

Media Akademi, 2015.

Eka Sutisnawati dkk, “Keterampilan

Saintifik Anak Kelompok A pada

Permainan Sains di Sentra Bahan

Alam RA Baiturrahman”, Jurnal

Pendidikan dan Konseling, Vol 1

Nomor 2, 2020.

Herina Yunita dkk, “Meningkatkan

Kemampuan Berpikir Kritis Melalui

Pendekatan Saintifik, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,

Vol. 3 (2) 2019.

Janet Kay, Pendidikan Anak Usia Dini,

Yogyakarta: Kanisius, 2013.

Moh. Umar Usman, Menjadi Guru

Profesional, Bandung: Remaja

Rosda Karya, 2010.

Ni Wayan Eka Klarissa, “Pengaruh

Pendektan Saintifik Terhadap

Kemampuan Sains Permulaan Anak

Kelompok B3 TK Sila Chandra I

Batubulan, Jurnal Pendidikan Anak

Usia Dini Ganesha, Vol. 6 No. 3

Tahun 2018.

Novan Ardy Wiyani, Manajemen PAUD

Bermutu. Yogyakarta; Gava Media,

Novan Ardy Wiyani, Teacher Preneurship,

Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Nurlia Latipah, “Pembelajaran IPA pada

Pendidikan Anak Usia Dini, Jurnal

al-Fitrah Vol. 1 No. 2 Januari 2018.

Rini Hildayani, dkk, Psikologi

Perkembangan Anak, Tangerang

Selatan: Universitas Terbuka, 2013.

Rusman. Model-Model Pembelajaran

Mengembangkan Profesionalisme

Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo

Persada, 2012.

Sarinah, “Bagaimana Manajemen

Kurikulum Pendidikan Anak Usia

Dini di RA al-Haq Pematang

Gubernur Kota Bengkulu”, Jurnal

al-Fitrah Vol. 2 No. 1 Juli 2018.

Zainal Arifin, Konsep dan Model

Pengembangan Kurikulum,

Bandung: Rosdakarya, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ja.v4i2.4356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Windiarsih Windiarsih, Novan Ardy Wiyani, Ahmad Sahnan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by :

_______________________________________________

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disclaimer: Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education articles published by Faculty of Tarbiyah n Tadris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.

_______________________________________________

UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : piaud@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah

situs togel terpercaya

https://branding-udma.com/

ligaubo

https://amdbet.matahari.com/

situs toto

toto slot

bos 303

topup murah

macau303

Lunasin Utang Modal Maxwin di Mpo8821


bandar togel

situs toto

situs togel togel online

slot

situs toto

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

togel online