PENYELENGGARAAN PAUD BERBASIS KEBERSAMAAN

Elly Agustina

Abstract


Pendidikan yang diwarnai dengan semangat kebersamaaan, akan melatih anak memperoleh berbagai kemampuan sosial yang ditujukan pula untuk mendapatkan kematangan dalam kehidupan sosialnya. Pendidikan anak pada usia dini menjadi dasar, pondasi dan batu pijakan bagi keberlangsungan hidup manusia selanjutnya. Teori pendidikan menyebutkan bahwa tiga faktor yang memberikan pengaruh dalam pendidikan yaitu, keluarga, masyarakat dan sekolah. Untuk itu ketiga faktor tersebut harus bersinergi, bersatu padu, saling mendukung guna mendapatkan pendidikan yang berkualitas.

Keywords


Anak, Kebersamaan

Full Text:

PDF

References


Departemen Agama RI. Al-Qur’an

Terjemah. Bandung: Syamil Cipta

Media, 2004.

Adhim, Fauzil. Positive Parenting.

Bandung: Mizania, 2006.

An-Nahlawi, Abdurrahman. Pendidikan

Islam di Rumah Sekolah dan

Masyarakat. Jakarta: Gema Insani,

Baharuddin & Wahyuni, Esa Nur. Teori

Belajar dan Pembelajaran.

Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2009.

Junaedi, Edy . “ Meneg PP Bakal Kunjungi

Sinar”. http://berita.liputan6.com,

dalam Google.co.id, diakses tanggal 2

Maret 2010.

Mansur. Pendidikan Anak Usia Dini dalam

Islam. Yogyakarta: Pustaka pelajar,

Musthafa, Fuhaim. Manhaj Pendidikan

Anak Muslim. terj. Abdillah Obid &

Yessi HM. Jakarta: Mustaqiim, 2004.

R, Moeslichatoen. Metode Pengajaran di

Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka

Cipta, 2004.

Sindo/mbs. “Asah Empati Pertajam Jiwa

Sosial”. http://merawat-anak.blogspot.com dalam

Google.co.id diakses tanggal 2 Maret

Sujiono, Yuliani Nurani. Konsep Dasar

Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:

Indeks, 2009.

Tedjasaputra, Mayke S. Bermain, Mainan,

dan Permainan untuk Pendidikan

Anak Usia Dini.Jakarta: Grasindo, cet.

ke-4, 2007. hlm. v-vi.

Ulwan, Abdullah Nashih. Pendidikan Anak

dalam Islam Jilid I. cet. III. Jakarta:

Pustaka Amani, 1994.

Wikisource. “Penggunaan Kata Dengan”.

http://id.wikisource.org. dalam

Google.co.id. diakses tanggal 2 Maret

Wulandari, Anik. “Perbedaan Kematangan

Sosial Anak Ditinjau dari

Keikutsertaan Pendidikan Prasekolah

(Playgroup)”.

http://etd.eprints.ums.ac.id. dalam

Google.co.id diakses tanggal 2 Maret




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ja.v4i1.4341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Elly Agustina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by :

_______________________________________________

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disclaimer: Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education articles published by Faculty of Tarbiyah n Tadris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.

_______________________________________________

UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : piaud@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah

togel online

slot

situs toto

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

togel online