SENI TARI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI USIA 5-6 TAHUN

Eva Dwi Lestari, Asiyah Asiyah, Ahmad Syarifin

Abstract


Kecerdasan Motorik adalah segala sesuatu yang ada hubungannya dengan gerakan-gerakan tubuh yang didalamnya terdapat tiga unsur yang menentukannya yaitu otot, syaraf dan otak. Motorik kasar anak adalah gerakan tubuh yang menggunakan otototot besar dan seluruh anggota tubuh yang dipengaruhi oleh kematangan anak itu sendiri. Motorik kasar ini merupakan bagian dari aktivitas atau keterlampilan dari otot-otot besar. Sehingga dengan bertambahnya usia anak, maka kematangan syaraf dan otot anak berkembang pula. Salah satu cara dalam mengembangkan kecerdasan motorik kasar adalah melalui seni tari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan seni tari untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun, apakah pengembangan seni tari dapat meningkatkan motorik kasar anak usia 5-6 tahun, bagaimana hasil penerapan seni tari untuk meningkatkan motorik kasar pada anak usia 5-6 tahun. Tujuan penelitian yaitu mengetahui bagaimana pengembangan seni tari untuk meningkatkan motorik kasar anak usia 5-6 tahun, mengetahui apakah pengembangan seni tari dapat meningkatkan motorik kasar anak usia 5-6 tahun, mengetahui bagaimana hasil penerapan seni tari untuk meningkatkan motorik kasar pada anak usia 5-6 tahun.Jenis penelitian dalam skripsi ini yaitu penelitian pengembangan atau research and development. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu instrument tahap pra pengembangan (observasi, angket, dokumentasi) dan instrument tahap pengembangan (lembar observasi kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun, format validasi produk, dokumentasi). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan persentase nilai motorik kasar anak usia 5-6 tahun yang awalnya 41, 94% meningkat menjadi 66, 94%. Dalam hal ini berarti terjadi peningkatan sebesar 25% dari pengembangan seni tari yang sudah di uji cobakan. Peningkatan yang terjadi juga menunjukkan bahwa seni tari efektif dilakukan untuk meningkatkan motorik kasar anak usia dini pada usia 5-6 tahun di PAUD Machita Kota Bengkulu.

Keywords


Seni tari, Motorik kasar

Full Text:

PDF

References


Aep Rohadi, Perkembangan Motorik,

(Bandung : Alfabeta, 2017)

Ai Sutini. Pembelajaran Tari Bagi Anak Usia

Dini. Jurnal seni.(Cibiru: PGPAUD UPI.

.

Ceria. Harmonia: Journal Of Arts Research

And Education..(Yogyakarta: Fakultas

Ilmu Pendidikan Pendidikan Anak Usia

Dini UPI, 2015). Hlm. 4. Diambil

dari:anzdoc.com_pengembangan

kemampuan motorik. Diakses tanggal 2

Januari 2019, pukul 13.35 WIB

Fitri Chintia Dewi. Pembelajaran Tari Pada

Anak Usia Dini Di Sanggar Sekar

Panggung Metro Mall Bandung. Jurnal

Seni Tari. (Yogyakarta: Fakultas Seni dan

Bahasa UPI, 2010). Hlm 5. Diambil dari:

http://jurnalmahasiswa.upi.ac.id/index.p

hp/paud-teratai/article/view/939, diakses

Januari 2019, pukul 13.35 WIB

John w Santrock, Perkembangan Anak

(Jakarta: Erlangga, 2007)

Johni Dimyati, Metodelogi penelitian

pendidikan dan aplikasinya pada

pendidikan anak usia dini, (Jakarta : PT.

Kharisma Putra Utama, 2013)

Muhammad Alwi, Belajar Menjadi Bahagia

Dan Sukses Sejati (Jakarta : PT. Alex

Media Komputindo, 2011)

Novi Mulyani, Pendidikan Seni Tari Anak Usia

Dini, ( Yogyakarta : Gava Media, 2016)

Novi Mulyani, Pendidikan Seni Tari Anak Usia

Dini, ( Yogyakarta : Gava Media, 2016)

Nuryanti. Pengembangan Kemampuan Motorik

Kasar Anak Melalui Kegiatan Senam

Nuryanti. Pengembangan Kemampuan Motorik

Kasar Anak Melalui Kegiatan Senam

Permendiknas No. 58

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian

(Jakarta : Renika Cipta, 2002)

Suyadi Dan Maulidya Ulfa, Konsep Dasar

PAUD, (Bandung : Remaja Rosdakarya,

, hal. 48

Suyadi, Teori pembelajaran anak usia dini, (

Bandung : PT. Remaja rosdakarya, 2014),

hal. 170

Syamsu Yusuf, Perkembangan Peserta Didik,

(Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada,

, hal. 4

Undangundang Dasar 1945, Amandemen

(Jakarta: Sandro Jaya Jakarta, 2004) Hal.

Weni R,Dkk., Mengenal Seni Tari, (Jakarta :

PT. Mediantara Semesta, 2009)

Weni Rahayu, Dkk., Mengenal Seni Tari,

(Jakarta : PT. Mediantar Semesta, 2009)

Widia Pekerti Dkk, Metode Pengembangan

Seni, (Tanggerang Selatan: Universitas

Terbuka, 2015)




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ja.v3i2.4336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Eva Dwi Lestari, Asiyah Asiyah, Ahmad Syarifin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by :

_______________________________________________

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disclaimer: Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education articles published by Faculty of Tarbiyah n Tadris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.

_______________________________________________

UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : piaud@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah

togel online

slot

situs toto

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

togel online