PERMAINAN PAPINKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN

Virda Mirantika, Fatrica Syafri, Buyung Surahman

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan berhitung permulaan pada anak di PAUD Nadilah masih rendah. Hal ini disebabkan oleh peran guru dalam menerapkan strategi dan metode mangajar guru yang masih konvensional saat pembelajaran. Oleh karenanya diperlukan strategi atau metode permainan yang tepat untuk bisa mengajak anak menjadi fokus dalam memperhatikan guru dalam kegiatan belajar. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan R&D. Metode penelitian pengembangan yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat penulis simpulkan bahwa Proses penelitian dan pengembangan media pembelajaran Papan Pintar Angka (Papinka) terhadap kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun anak usia dini di Desa Padang Guci Hilir telah menghasilkan sebuah produk yang telah divalidasikan dan sudah dinilai oleh para ahli dan sudah memperoleh kategori sangat baik oleh ahli guru praktik. Dan sehingga dapat disimpulkan produk yang dikembangkan dalam penelitian ini sudah layak untuk digunakan. Pengembangan media ini sangat baik sesudah anak melakukan atau diberikan kegiatan bermain Papan Pintar Angka (Papinka) ini oleh peneliti anak-anak diberikan sebuah media pembelajaran ini anakanak dapat bersosial, berinteraksi dan dapat melatih kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun anak dan disana dapat kita lihat bahwasanya anak sudah terlihat baik dalam melakukan permainan Papan Pintar Angka (Papinka) terhadap kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahunnya dan disana didalam pre-test anak mendapatkan pengembangan dengan nilai 32,28 % dalam kategori Mulai Berkembang sedangkan hasil dari post-testnya anak mendapatkan pengembangan dengan nilai 82,85 % dapat kita simpulkan bahwasanya permainan ini sudah layak sekali digunakan dengan anak usia dini dalam pengembangan terhadap kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun.

Keywords


: Kemampuan Berhitung, Media Pembelajaran, Papan Pintar Angka.

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto, Perkembangan Anak Usia

Dini, (Jakarta: Kencana Prenada

Media Group, 2012)

Badru Zaman, Media Pembelajaran Anak

Usia Dini, (Pendidikan Guru

Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Jurusan Pedagogik Fakultas

Ilmu Pendidikan Universitas

Pendidikan Indonesia, tahun 2010)

Hasnida, Analisis Kebutuhan Anak Usia

Dini, (Jakarta: PT. Luxima Metro

Media, 2015)

Ihsan Dacholfany dan Uswatun Hasanah,

Pendiidkan Anak Usia Dini Menurut

Konsep islam, (Jakarta: Amzah, 2018)

Kamim Zarkasih Putro, Mengembangkan

Kreativitas Anak Melalui Bermain,

(Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama,

Volume 16, Nomor 1, 2016)

Mira Yanti Lubis, Mengembangkan Sosial

Emosional Anak Usia Dini Melalui

Bermain, (Jurnal Ilmiah Generasi

Emas Jurnal Pendidikan Islam Anak

Usia Dini Volume 2, No. 1, Mei 2019)

Novan Ardy Wiyani, Konsep Dasar PAUD,

(Yogyakarta, Gava Media, 2016)

Nur Habibah Mutho’I, Penggunaan Media

Papi (Papan Pintar) Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar

Matematika Peserta Didik Kelas Iii

Pada Materi Bangun Datar Sdn

Tanjekwagir, (Journal of Indonesian

Education, Vol. 1 No. 1 Desember

Punjai Setyosari, Metode Penelitian

Pendidikan dan pengembangan,

(Jakarta: Prenadamedia Group, 2010).

Ravik Karsidi, Media Pembelajaran Inovatif

dan Pengembangannya, (Bandung,

Remaja Rosdakarya, 2018)

Sucahyo, Danang. 2013. Penggunaan Media

Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil

Belajar di Sekolah Dasar. (Jurnal

Ilmiah JPGSD Volume 01 Nomor 02

Tahun 2013, 0-216)

Suyadi, Teori Pembelajaran Anak Usia

Dini, (Bandung: Remaja Rosdakarya:

Titik Ariyanti, Pentingnya Pendidikan Anak

Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang

Anak The Importance Of Childhood

Education For Child Development,

(Jurnal Ilmiah Jurnal Dinamika

Pendidikan Dasar Volume 8, NO 1,

Maret 2016)




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ja.v3i2.4334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Virda Mirantika, Fatrica Syafri, Buyung Surahman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by :

_______________________________________________

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disclaimer: Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education articles published by Faculty of Tarbiyah n Tadris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.

_______________________________________________

UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : piaud@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah

togel online

slot

situs toto

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

togel online