KECERDASAN MAJEMUK (MULTIPLE INTELLIGENCES) ANAK USIA DINI MENURUT HOWARD GARDNER DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Fitria Fitria, Leny Marlina

Abstract


Selama ini pendidikan hanya menilai kecerdasan pada satu dimensi kecerdasan. Anak dapat dikatakan cerdas apabila ia memiliki prestasi akademik yang tinggi berdasarkan penggunaan tes IQ (intelligence qoutient). Pandangan ini hanya menekankan pada satu atau dua kecerdasan saja yakni kecerdasan linguistik dan logika-matematis. Kecerdasan tidaklah dapat diukur hanya berdasarkan pada tes kecerdasan akademik atau IQ saja, melainkan dengan melihat kemampuan seseorang dalam menyelesaikan setiap permasalahan (problem solving) dan kemampuan dalam menciptakan produk baru yang memiliki nilai budaya (creativity). Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan bentuk deskriptif analisis yaitu dengan mendeskripsikan dan menganalisa teori dari berbagai sumber referensi untuk mengetahui bagaimana kecerdasan majemuk (multiple intelligences)anak usia dini menurut Howard Gardner dalam perspektif pendidikan Islam dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) Setiap anak memiliki potensi kecerdasan yang beragam. Potensi ini dibawa anak sejak lahir yakni meliputi kecerdasan linguistik, logikamatematis, visual spasial, musikal, kinestetik, interpersonal, intrapersonal, naturalis, dan eksistensial. (2) Dalam pandangan pendidikan Islam prinsip utama dalam pendidikan ialah pendidikan holistik dengan mengembangakan keseluruhan potensi anak. Dalam pendidikan Islam Allah SWT ternyata telah mengisyaratkan bahwa kecerdasan majemuk (multiple intelligence) ini sudah tertera dalam berbagai ayat Al-Qur’an dan hadist yang didalamnya memotivasi agar manusia memiliki kecerdasan.

Keywords


Kecerdasan Majemuk Howard Gardner, Pendidikan Islam.

Full Text:

PDF

References


Abas, Ros Arianti. 2016. Konsep

Kecerdasaan Majemuk Perspektif

Howard Gardner Dan Penerapan

Dalam Pendidikan Anak Usia Dini,

Skripsi Pendidikan Agama Islam:

Institut Islam Negeri Salatiga.

Afandi, Muslim. Edisi 2 juli- Desember 2014.

Pendidikan Islam dan Multiple

Intelligences. Jurnal Potensia vol. 13.

Ajiz, Panji. 2011. Analisis Konsep

Kecerdasan Perspektik Howard

Gardner (Multiple Intellegences) Dan

Penerapannya Dalam Pembelajaran

Pendidikan Agama Islam. Program

Studi Pendidikan Agama Islam:

Universitas Islam Negeri Syarif

Hidayatullah.

Alam, Naufal Ahmad Rijalul. Pandangan AlGhazali Mengenai Pendidikan Aklikah,

Jurnal Pendidikan Agama Islam

Volume 3 Nomor 2 November 2015

ISSN: 2089-1946. H. 348 – 367.

Ali, Nor Rohmad. 2015. Analisis Konsep

Howard Garnder Tentang Kecerdasan

Majemuk (Multiple Intelligences) Dan

Implikasinya Terhadap

PembelajaranYang Sesuai Dengan

Perkembangan Anak DI TK Alam Alfa

Kids PatiI Tahun Ajaran 2014/2015.

Program Studi Pendidikan Guru

Madrasah Ibtidaiyah: Universitas Islam

Negeri Walisongo Semarang.

Afandi, Muslim. Edisi 2 juli- Desember 2014.

Pendidikan Islam dan Multiple

Intelligences. Jurnal Potensia vol. 13.

Amaliyah. Juni 2017. Hubungan Kecerdasan

Intelektual Dan Kecerdasan Emosional

Dengan Prestasi Belajar Siswa SD

Muhammadiyah 29 Sunggal Deli

Serdang, Jurnal Ansiru Nomor 1

Volume 1. H. 72-73.

Bungin, Burhan. 2011. Penelitian Kualitatif.

Jakarta: Kencana.

Dalyono. 2007. Psikologi Pendidikan

Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Agama RI. 2006. Al-Quran dan

Terjemah. Surabaya: Karya Agung.

Gardner, Howard. Editor: Lyndon Saputra.

Multiple Intelligences: Teori Dalam

Praktik. Pamulang: Interaksara.

Gardner, Howard. Penerjemah ; Yelvi Andri

Zaimur. 2013. Multiple Intelligences.

Jakarta: Daras Books.

Hakim, Nur. Kecerdasan Intelektual,

Emosional, Dan Spiritual Dalam

Perspektif Bidayatul Hidayah,

Indonesian Journal of Islamic Education

Studies Vol. 1, No. 2, 2018 : 218-233.

Ibnu Kasir, Imam. 1997. Perencanaan Tafsir

Jilid B. Bina Ilmu: Surabaya.

Kamus versi online. Kamus Besar Bahasa

Indonesia. kbbi.web.id.

Khadijah. 2015. Media Pembelajaran Anak

Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Kurniawan, Heru. 2016. Kreatif Mendongeng

Untuk Kecerdasan Jamak Anak.

Jakarta: Kencana.

Mahmud. 2011. Metode Penelitian

Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Mansur. 2014. Pendidikan Anak Usia Dini

dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Murtopo, Ali. 2016. Filsafat Pendidikan

Islam. Palembang: Noer Fikri.

MZ, Labib. 1994. Samudra Pilihan Hadist

Shohih Bukhori. Surabaya: Anugerah.

Nahar, Syamsu. Kecerdasan Qalbiyah Dalam

Perspektif Psikologi Islam. Jurnal AlIrsyad vol. VI. No.2. Juli- Desember

Nata, Abuddin. 2012. Kapita Selekta

Pendidikan Islam: Isu-isu Kontemporer

tentang Pendidikan Islam. Jakarta:

Rajawali Pers.

Nggermanto, Agus. 2015. Kecerdasan

Quantum: Melejitkan IQ, EQ, dan SQ,

Bandung: Nuansa Cendikia.

Nurani, Yuliani. 2016. Konsep Dasar

Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:

Indeks.

Shihab, M. Quraish. 2009. Tafsir Al-Misbah

Pesan, Kesan, dan Keserasian AlQur’an. Jakarta: Lentera Hati.

Suyadi & Dahlia. 2015. Implementasi dan

Inovasi Kurikulum PAUD 2013.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang

Sistem Pendidikan Nasional.

Uno, Hamzah B. 2010. Mengelola

Kecerdasan Dalam Pembelajaran :

Sebuah Konsep Pembelajaran Berbasis

Kecerdasan. Jakarta: Bumi Aksara.

Yus, Anita. 2011. Model Pendidikan Anak

Usia Dini. Jakarta: kencana.

Zed, Mestika. 2004. Metode Penelitian

Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor

Indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ja.v3i2.4332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Fitria Fitria, Leny Marlina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by :

_______________________________________________

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disclaimer: Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education articles published by Faculty of Tarbiyah n Tadris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.

_______________________________________________

UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : piaud@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah

situs togel terpercaya

https://branding-udma.com/

ligaubo

https://amdbet.matahari.com/

situs toto

toto slot

bos 303

topup murah

macau303

Lunasin Utang Modal Maxwin di Mpo8821


bandar togel

situs toto

situs togel togel online

slot

situs toto

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

togel online