KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAUD HARAPAN BUNDA KOTA BENGKULU

Sarjono Sarjono

Abstract


Indikator kompetensi pedagogik guru PAUD yang dikembangakan oleh Kemendiknas meliputi: pertama, menguasi karaktristik peserta didik, Kedua, menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, Ketiga, pengembangan kurikulum, Keempat, kegiatan pembelajaran yang mendidik, Kelima, pengembangan potensi peserta didik, Keenam, komunikasi dengan peserta didik, Ketujuh, Penilaian dan evaluasi. Maka dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru PAUD Harapan Bunda Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian field research (lapangan), dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru PAUD bidang penguasaan karaktristik peserta didik yaitu sebagai berikut: 0% tidak baik, 10% kurang baik, 48% baik, dan 42% sangat baik. Ternyata guru yang menguasi teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik yaitu sebagai berikut: 0% tidak baik, 5% kurang baik, 46,7% baik, dan 48,3% sangat baik. maka kompetensi guru PAUD pada pengembangan kurikulum dengan nilai rata-rata sebagai berikut: 0% tidak baik, 5% kurang baik, 40% baik, dan 55% sangat baik. Rata-rata kompetensi pedagogik guru dalam kegiatan pembelajaran yang mendidik yaitu sebagai berikut : 0% tidak baik, 6% kurang baik, 43% baik, dan 51% sangat baik. Rata-rata kompetensi pedagogik guru bidang pengembangan potensi peserta didik yaitu: : 0% tidak baik, 5% kurang baik, 50% baik, dan 45% sangat baik. bidang komunikasi dengan peserta didik dengan rata-rata nilai dan kategori sebagai berikut : 0% tidak baik; 2% kurang baik; 45% baik; dan 53% sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa guru PAUD sudah melakukan komunikasi dengan peserta didik secara baik. nilai rata-rata bagian penilaian dan evaluasi menunjukkan sebagai berikut: 0% tidak baik, 8% kurang baik, 43% baik, dan 49% sangat baik.

Keywords


Kompetensi, Pedagogik, Guru PAUD

Full Text:

PDF

References


Afdhaliah, P. (2018). Pengaruh Kompetensi

Guru PAUD Terhadap Kualitas

Pembelajaran di Kecamatan Nisam

Kabupaten Aceh Utara. Etd Unsyiah.

Azzahra, N. A., Hardika, H., & Kuswandi,

D. (2019). Pola Komunikasi Guru

dalam Pembelajaran Anak Usia

Dini. Jurnal Pendidikan: Teori,

Penelitian, dan Pengembangan, 4(2),

-142.

Fauziarti, B. F., & Soedarsono, F. (2014).

Efektivitas pelatihan kurikulum

pendidikan anak usia dini di

kecamatan grabag. JPPM (Jurnal

Pendidikan dan Pemberdayaan

Masyarakat), 1(2), 174-186.

Khairi, H. (2018). Karakteristik

Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-

Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15-28.

Masdudi, M. (2016). Karakteristik

Perkembangan Pendidikan Anak Usia

Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan

Anak, 1(2).

Mughiyati, J., & Waluyo, E. (2014).

Manajemen Kurikulum Paud Berbasis Alam (Studi Kasus di Paud

Alam Ar-Ridho Semarang Tahun

Pelajaran 2013/2014). BELIA: Early

Childhood Education Papers, 3(1).

Mulyasa. (2014). Pengembangan dan

Implementasi Kurikulum 2013.

Bandung: Remaja Rosdakarya

Nurlaili, N. (2018). Implementasi Penilaian

Pembelajaran Anak Usia Dini di RA

Khairin Medan Tembung.

Payong, M. R. (2011). Sertifikasi profesi

guru (konsep dasar, problematika,

dan implementasinya). Jakarta: PT.

Index.

Rahelly, Y. (2018). Implementasi

Kurikulum 2013 Pendidikan Anak

Usia Dini (PAUD) di Sumatera

Selatan. Jurnal Pendidikan Usia

Dini, 12(2), 381-390.

Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020).

Kompetensi Pedagogik Guru Paud

Dalam Perencanaan Dan Pelaksanaan

Pembelajaran. Jurnal Obsesi: Jurnal

Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2),

-550.

Syamsu Yusuf, L. N., & Nani, M. (2013).

Sugandhi, Perkembangan Peserta

Didik.

Sylva Alkornia, „Studi Deskriptif

Kompetensi Pedagogik Dan

Profesionalisme Guru Paud Dharma

Wanita Binaan Skb Situbondo‟,

Jurnal Pancaran, 5. 4 (2016), h.145.

Wibowo (2012). Manajemen kinerja.

Jakarta: Raja Grafindo Persada .




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ja.v3i2.4330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sarjono Sarjono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by :

_______________________________________________

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disclaimer: Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education articles published by Faculty of Tarbiyah n Tadris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.

_______________________________________________

UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : piaud@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah

togel online

slot

situs toto

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

togel online