INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU SOSIAL (Studi Kasus Anak Usia 5-8 Tahun di Desa Giri Kencana RT 03 RW 04 Kecamatan Ketahun)

Ahasty Putri Pratiwi, Nurlaili Nurlaili

Abstract


Intensitas interaksi teman sebaya merupakan suatu keadaan tingkatan atau ukuran intensnya, hubungan antara individu satu dengan yang lain, individu satu dapat mempengaruhi individu yang lain atau sebaliknya, jadi terdapat adanya hubungan timbal balik. Dalam interaksi sosial kemungkinan individu dapat menyesuaikan dengan yang lain atau sebaliknya. Di Desa Giri Kencana RT 03 RW 04, masih terdapat anak yang memiliki perilaku sosial yang kurang baik. Adapun yang permasalahan dalam penelitian ini yaitu adakah hubungan Intensitas interaksi teman sebaya dengan perilaku sosial pada anak usia 5-8 tahun Di Desa Giri Kencana RT 03 RW 04 Kecamatan Ketahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas interaksi teman sebaya dengan perilaku sosial pada anak usia 5-8 tahun Di Desa Giri Kencana RT 03 RW 04 Kecamatan Ketahun. Penelitian yang digunakan yakni penelitian kuantitatif korelasi dengan menggunakan rumus product moment. Adapun anak usia dini yang menjadi populasi pada penelitian ini yaitu 20 anak dan yang menjadi sampel pada penelitian ini sebanyak 16 anak yang memiliki usia 5-8 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan anatara intensitas teman sebaya dengan perilaku sosial anak 5-8 tahun, berdasarkan hasil yang diperoleh r sebesar 0,759, sedangkan dalam taraf signifikasi 5% sebesar 0,497. Hal ini menunjukkan bahwa 𝐫𝐱𝐲 ˃ 𝐫𝐭𝐚𝐛𝐞𝐥 (𝟓%). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Ho ditolak, dan Ha diterima. Kontribusi variabel intensitas intearksi teman sebaya X terhadap perilaku sosial anak Y adalah 57,608%

Keywords


Intensitas interaksi teman sebaya, perilaku sosial

References


Ahmad Asrori. (2009). Hubungan

Kecerdasan Emosi dan Interaksi

Tman Sebaya dengan Penyesuaian

Sosial pada Siswa Kelas VIII

Program Akselerasi Di SMP n 9

surakarta, (online),

(http://google.pdf.Com, diakses 17

Desember 2017)

Ahmad Susanto. (2012). Perkembangan

Anak Usia Dini, Kencana Prenada

Media Group

Al-quran terjemah dan tajwid. (2014) Almaidah: 2. Bandung: Sygma creative

media crop.

Walgito,Bimo.(2003). Psikologi Sosial

(Suatu Pengantar). Yogyakarta C.V

Andi.

Departemen Pendidikan Indonesia. (2019).

Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Jakarta: Balai Pustaka.

Farlin, H. (2005). Kamus Praktis Bahasa

Indonesia. Jakarta, Grasindo.

Hasnida.(2014) Analisis Kebutuhan Anak

Usia Dini. Jakarta.Luxima

Gunarti, Winda, Dkk. 2013. Metode

Pengembangan Perilaku dan

Kemampuan Dasar Anak Usia Dini.

Banten: Universitas Terbuka

Departemen Pendidikan dan

Kebudayaan

Kartini Kartono.(2007). Psikologi

Perkembangan Anak (Psikologi

perkembangan). Bandung.Mandar

Maju.

Novita Puji Hastuti.(2015). Hubungan

antara interaksi teman sebaya

dengan penyesuian sosial siswa smp

n 2 surakarta, (online),

(http://google.pdf.Com, diakses 17

Desember 2017).

Nurseno.(2004).Kopetensi Dasar Sosiologi

untuk SMA/MA kelas 1. Solo:Tiga

Serangkai Pustaka Mandiri

Soetjiningsih dan IG.N. Gde Ranuh.

(2012) Tumbuh Kembang Anak Ed.

, Kedokteran EGC.

Slamet Suyanto.(2015). Konsep Dasar

Pendidikan Anak Usia Dini.

Departemen Pendidikan Nasional

Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi

Direktorat Pembinaan Pendidikan

Tenaga Kependidikan dan

Ketenagaan Perguruan Tinggi,

Jakarta

Sutarjo, D. A. P. (2014). Hubungan antara

interaksi sosial teman sebaya dengan

penerimaan sosial pada siswa kelas X

SMA Negeri 9 Yogyakarta. Skripsi

Tidak Diterbitkan. Yogyakarta:

Universitas Negeri Yogyakarta.

Thriwaty Arsal. (2006). Mengasah

Kemampuan Diri Sosiologi untuk

SMA/MA kelas X., Jakarta: Penerbit

Erlangga




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ja.v3i2.4240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ahasty Putri Pratiwi, Nurlaili Nurlaili

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by :

_______________________________________________

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disclaimer: Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education articles published by Faculty of Tarbiyah n Tadris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.

_______________________________________________

UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : piaud@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah

togel online

slot

situs toto

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

togel online