PERAN GURU PAUD DALAM MENSTIMULASI PERKEMANGAN BAHASA ANAK PADA KELOMPOK B USIA 5-6 TAHUN DI TK DARMA WANITA KAB.SELUMA
Abstract
Berdasarkan observasi awal yang penulis lakukan, permasalahan yang ditemukan dilapangan adalah Bagaimana peran guru paud dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak pada kelompok B di Tk Darma Wanita Kabupaten seluma. Jenis penelitian ini adalah Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data dalam penelitian tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitung lainnya. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian peran guru paud dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak pada kelompok B usia 5-6 tahun di Tk Darma Wanita Kabupaten seluma, guru sudah melakukan stimulasi kepada anak namun perlu ditingkatkan dengan mengunakan berbagai media yang lebih menarik serta mengunakan metode yang berbeda agar perkembangan bahasa pada anak semakin meningkat dan anak dapat mengunakan bahasa dalam berkomunikasi, peran guru paud dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak pada kelompok B usia 5-6 tahun di Tk Darma Wanita Kabupaten Seluma dengan memberikan contoh mengajarkan stimulasi perkembangan bahasa anak didik agar perkembangan bahasa semakin meningkat dan aspek perkembangan bahasa dapat berkembangan sesuai dengan tahap usia anak.
Kata kunci: Peran Guru, Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Tanzeh.2011. Metodologi Penelitian Praktis,.Yokyakarta: Teras
AksaraIsjoni.2011.Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.
Anita Yus. 2011. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kecana Prenanda Media Group.
Asep Dadang. 2007.Mencerdaskan IQ , EQ DAN SQ. Bandung: Globalindo
Djamarah Syaiful Bahri.2000. Pisikologi Belajar. Banjarmasin :IAIN Antasari Banjarmasin
Gunarti Winda, Lilis Suryani, Azizah Muis.2008. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka
https://ghofar1.blogspot.com/2016/11/ayat-hadist-dalil-kewajiban-menghormati.html.23/11/2018
Ibrahim Bafadal,.2004. Dasar-Dasar Manajemen Dan Supervisi Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Pt Bumi
Nelva Rolina,. 2012. Alat Permainan Edukatif Untuk Aud. Yogyakarta: Ombak
Oemar Hamalik, Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Pt Bumi Aksara
Sugiono. 2010. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kualitatuf, Kuantitatif dan R&D) Bandung : Alfabeta
Syaiful Bahri Djamarah.2010. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif (Suatu Pendekatan Teoritis Psikologi). Jakarta: PT Rineka Cipta.
Wiratna Sujarweni. 2009.Metodologi Penelitian, Yogyakarta:Pustaka Barupress
Yusuf Syamsu. 2011 Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : PT Rajarafindo Persada
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ja.v3i1.2284
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Wika Niati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexed by :







_______________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Disclaimer: Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education articles published by Faculty of Tarbiyah n Tadris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.
_______________________________________________
UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia
Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172
Email : piaud@mail.uinfasbengkulu.ac.id
https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah


