PENINGKATAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN GELAS BOCOR

Maulidya Ulfah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan sosial anak di RA Al-Amin Cirebon, mengetahui peningkatan kemampuan sosial dengan permainan gelas bocor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 20 anak. Data yang diperoleh dari penelitian pra siklus, siklus I, siklus II. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa peningkatan kemampuan sosial anak melalui permainan gelas bocor pada kelompok A di RA Al-Amin Cirebon pada  sebelum diberi tindakan atau Pra Siklus presentasenya adalah 40 %,  pada Siklus I presentasenya adalah 55 %, sedangkan pada siklus II presentasenya adalah 80%, Jadi dapat disimpulkan bahwa presentase antara Pra Siklus ke Siklus I  yaitu 15 %, sehingga selisih antara  presentase Siklus I ke Siklus II yaitu 25 %. 

Kata kunci: kemampuan sosial, permainan gelas bocor


Keywords


kemampuan sosial, PERMAINAN GELAS BOCOR

Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsimi dkk. 2006. Penelitian Penelitian Kelas. Jakarta:Bumi Aksara.

Diwatika, 2008. Tinjauan Tentang Sosialisasi Dengan Taman Sebaya Dalam Perkembangan Sosialnya Di Taman Kanak-Kanak Peritwi 1 Kantor Gubernur Padang.01469/2008.

Daroah, 2013. Meningkatan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bercerita Dengan Media Audio Visual Di Kelompok B1 RAUDHOTUL ATHFAL Perwanida 02 Slawi. 1601910029.

Hurlock, B. Elizabeth. 1978. Perkembangan Anak didik. Jakarta: Erlangga.

Iva Noorlaila. 2010. Panduan Lengkap Mengajar PAUD. Yogyakarta:Pinus Book Publisher.

Ilman Saputra dan Alena Masykouri, 2011. Membangun Sosial-Emosi di Usia 4-6 Tahun. Jakarta:Dirjen PAUDNI.

KEMENDIKBUD. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (2013). Indonesia.

KEMENDIKBUD. (2015c). Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 tentang Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini.

Kumia, Yaya. 2016. Modul Guru Pembelajaran Taman Kanak-Kanak Kelompok Kompetensi G. Bandung.

Ulfah, Maulidya. 2018. Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Inquiry terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini di Kabupaten Majalengka. Jurnal Al Athfal Jurnal Pendidikan Anak. DOI: http://dx.doi.org/10.14421/al-athfal.2018.41-03. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/alathfal/article/view/41-03

Ulfah, Maulidya. 2018. PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MELALUI PERMAINAN MEMASANGKAN GAMBAR DENGAN KATA DI TAMAN KANAK-KANAK CIREBON. Jurnal Awlady: Jurnal Pendidikan anak. DOI: http://dx.doi.org/10.24235/awlady.v4i1.2656. http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady/article/view/2656

Mayke S. Tedjasaputra. 2001. Bermain,Mainan,dan Permainan untuk Pendidikan Usia Dini. Jakarta: Graha media.

Misbahuddin. 2013. Analisis Data penelitian dengan Statistik, Jakarta: Bumi Aksara.

Muniningrum, Ratnawati. (2012). Pengembangan Sosial Emosional, Bandung: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Luar Biasa.

Mulyasa, 2012. Praktek Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nugraha, Ali. 2006. Metode Pengembangan Sosial Emosional. Jakarta: Universitas Terbuka.

Raharjo, budi. 2015. Seabrek Game Kreatif Pegangan Ayah-Bunda. Yogyakarta: DIVA Prees.

Rini Desmareaza, 2012. Peningkatan Perkembangan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Montase Di RAUDHOTUL ATHFAL Darul ‘Ulum PGAI PADANG.50991/2009.

Satrock, John W. 2007. Perkembangan Anak didik. Jakarta: Erlangga

Sugiyono, 2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: ALFABETA.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suyadi, Maulidya Ulfah. (2015). Konsep Dasar PAUD, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Wahyudin, uyu dan Mubiar Agustin. 2011. Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini:Panduan Guru, Tutor, Fasilitator Dan Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung:PT Refika Aditama.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ja.v2i2.2276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Maulidya Ulfah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by :

_______________________________________________

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disclaimer: Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education articles published by Faculty of Tarbiyah n Tadris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.

_______________________________________________

UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : piaud@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah

togel online

slot

situs toto

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

togel online