ANALISIS PROBLEMATIKA ANAK USIA 3-5 TAHUN BELUM MENDAPATKAN PENDIDIKAN DI PAUD

Ayu Wirda Nengsi

Abstract


Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ini memberikan pondasi yang kuat bagi anak agar di kemudian hari anak bisa menjadi sosok manusia berkualitas yang nantinya tampil sebagai generasi penerus bangsa yang siap berkompetisi di era globalisasi. Tujuan penelitian ini, karena mengingat pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam meningkatkan perkembangan aspek-aspek yang dimilki oleh anak, maka hendaknya anak-anak dapat memperoleh pendidikan sejak dini paling tidak dalam rentang usia 3-5 Tahun yang mempersiapkan anak untuk menghadapi pendidikan dijenjang selanjutnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Tetapi berdasarkan survey yang telah dilakukan bahwa hal tersebut masih kurang menjadi perhatian, anak usia 3-5 Tahun masih 34% belum mendapatkan/melaksanakan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Berdasarkan hasil survey tersebut yang membuktikan bahwa APK anak usia dini yang terdaftar sebagai siswa PAUD di Indonesia masih sangat minim, kesadaran akan pentingnya PAUD terhadap perkembangan anak usia dini belum sepenuhnya tumbuh, penyelenggaran program PAUD belum terrealisasikan secara sepenuhnya.

Kata kunci: Anak Usia Dini, Problematika PAUD


Keywords


Anak Usia Dini, Problematika PAUD

Full Text:

PDF

References


http://www.kpai.go.id/artikel/pemenuhan-hak-pendidikan-anak-sejak-usia-dini/

Kompas.Com. 2016. Angka Partisipasi Kasar Sekolah Berdasarkan Jenjang Pendidikan TA 2015/2016.di Publikasikan pada Kamis, 27 Oktober 2016

Lestari, Eko Sri. Analisis Program Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Di Kota Semarang. Skripsi S1 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro Semarang

Suyanto, Slamet. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi

Wiyani, Novan Ardy. 2016. Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta : Gava Media

Wulandari, Retno. 2016. Naskah Publikasi Perbedaan Perkembangan Sosial Anak Usia 3-6 Tahun Dengan Pendidikan Usia Dini Dan Tanpa Pendidikan Usia Dini Di Kecamatan Peterongan Jombang. Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ja.v2i2.2273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ayu Wirda Nengsi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by :

_______________________________________________

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disclaimer: Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education articles published by Faculty of Tarbiyah n Tadris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.

_______________________________________________

UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : piaud@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah

situs togel terpercaya

https://branding-udma.com/

ligaubo

https://amdbet.matahari.com/

situs toto

toto slot

bos 303

topup murah

macau303

Lunasin Utang Modal Maxwin di Mpo8821


bandar togel

situs toto

situs togel togel online

slot

situs toto

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor

togel online