LEVEL PEMAHAMAN MATEMATIKA MODEL PIRIE DAN KIEREN PADA ANAK USIA DINI
Abstract
Matematika adalah salah satu ilmu yang penting dalam kehidupan manusia. Matematika merupakan pelajaran yang mendasarkan pada pola pemikiran siswa pada angka, simbol dan geometri yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Level pemahaman matematika sangat mendasari dari perkembangan pemahaman matematika siswa anak sia dini. Maka perlu dikembangkan pemahaman matematikasejak dini. Teori pembelajaran matematika yang cukup dikenal dan sering digunakan dalam hal penelitian dalam bidang pembelajaran matematika diantaranya adalah Teori APOS dari Ed Dubinsky, teori Van Hilele, teori pemahaman matematika (Model Pirie Dan Kirere), teori Bruner, teori Piaget dan masih banyak lagi teori-teori belajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika. Dalam tulisan ini akan lebih dijelaskan tentang level pemahaman matematika siswa usia dini berdasarkan model Pirie dan Keiren. Level perkembangan pemahaman matematika model Pirie dan Kirien antara lain adalah primitive knowing (Pk), image making (Im), image having (Ih), property noticing (Pn), formalising (F), observising (O), structuring (S), dan inventising (Iv).
Kata Kunci : Level Pemahaman Matematika, Model Pirie dan Kieren
Full Text:
PDFReferences
Fatrima Santri Syafri dan Dodi lsran. 20 l 6. Pembelajaran Matematika Model Teori Pirie dan Kieren. Jumal Edudikara Vol.1 No.2.
Hiebert, J.,& Carpenter, T.P. 1992. Learning and teaching with understanding. In D.A. Grouws (Ed.), Handbook of research on mathematics teaching and learning. NY: MacMillian.
Martin, L, dan Pirie, S. 2000. The Role of Collecting in the Growth of Mathematical Understanding. Mathematics Education Research Journal 2000, Volume 12, Nomor 2
NCTM. 2000. Principles and Standars for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.
Novikasari, Ifada 2016 Matematika dalam Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, Vol 2 (l)
Parameswaran, R. 2010. Expert Mathematicians" Approach to Understanding Definitions. The Mathematics Educator. Volume 20, Nomor 1
Pirie, S., Kieren, T. 1989. A recursive theory of mathematical understanding. F or the Learning of Mathematics, 9(3), hal. 11.
Susiswo.2014. Folding Back Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Limit Berdasarkan Pengetahuan Konseptual Dan Pengetahuan Prosedural. Dalam Prosiding Seminar Nasional TEQIP (Teachers Quality Improvement Program) dengan tema “Membangun Karakter Bangsa melalui Pembelajaran Bermakna TEQIP” pada 1 Desember 2014 di Universitas Negeri Malang.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/alfitrah.v2i1.1521
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Dodi Isran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexed by :







_______________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Disclaimer: Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education articles published by Faculty of Tarbiyah n Tadris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.
_______________________________________________
UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia
Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172
Email : piaud@mail.uinfasbengkulu.ac.id
https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah


