KONSEPTUAL KARAKTER PENDIDIK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Abstract
Pendidik atau guru pada lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) mempunyai peran yang sangat penting dalam menjalankan tugasnya pada proses pembelajaran, pendidikan dan pengasuhan, serta perlindungan terhadap anak didik usia dini.Hal tersebut akan menjadikan para pendidik atau guru pendidikan anak usia dini dituntut bekerja ekstra bila di peribandingkan dengan pendidik atau guru pada tingkatan sekolah dasar ataupun sekolah lanjutan lainnya. Para pendidika atau guru pendidikan anak usia dini ini harus menunjukkan sikap positif terhadap anak didiknya yang masih pada tataran usia dini. Karenanya menjadi suatu kewajiban untuk dapat memiliki karakter yang relevan dan dapat menopang tugasnya berinteraksi dengan baik terhadap anak didiknya sebagai peserta pembelajaran pada lembaga pendidikan anak usia dini, dapat beriteraksi dengan rekan sekerjanya, dengan mitra kerjanya yaitu orang tua anak didik serta masyarakat lingkungan sekitarnya sebagai pendukung proses pembelajaran.Sehingga diharapkan bahwa pendidik atau guru pendidikan anak usia dini memiliki kualitas demi mencetak generasi pelaku kebangsaan yang memiliki kecerdasan baik secara kognitif, afektif, dan psikomotor.
Kata Kunci : Konseptual, Karakter, Pendidikan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Diaz, Carlos F. et al. Touch The Future Teach!.USA : Pearson Education, 2006
Gea, Antonius Atosokhi, Antonina Panca Yuni Wulandari, Yohanes Babari. Relasi dengan Diri Sendiri.Jakarta : Elex Media Komputindo, 2002.
Idris, H. Zahara & H. Lisma Jamal.Pengantar Pendidikan 1. Jakarta :Grasindo, 1992
Mansur, Pendidikan Anak Usia DIni dalam Islam, Yogyakarta, Pustaka Pelajar., 2005
Megawangi, Ratna. 2007. Pendidikan Yang Patut dan Menyenangkan, (Jakarta : Indonesia Heritage Foundation)
Pusat Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta Balai Pustaka, 1998
Ronnie M., Dani. Seni Mengajar dengan Hati.Jakarta : Elex Media Komputindo, 2005
Tim Penyusun Naskah PLPG PGSD FIP UNJ.Modul Pendidikan danLatihan Profesi Guru Sekolah Dasar.Jakarta : Universitas NegeriJakarta, 2011.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ja.v2i1.1512
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Husnul Bahri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexed by :







_______________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Disclaimer: Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education articles published by Faculty of Tarbiyah n Tadris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.
_______________________________________________
UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia
Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172
Email : piaud@mail.uinfasbengkulu.ac.id
https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah
toto slot
bandar togel
situs togel