PEMBELAJARAN IPA PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Studi Kasus di RA Plus Ja-alHaq Kota Bengkulu)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) apa saja yang terdapat pada kurikulum RA Plus Ja-alHaq, kegiatan-kegiatan apa saja yang dilakukan untuk menyampaikan materi-materi IPA tersebut, serta teori-teori apa yang mendukung dilakukannya kegiatan-kegiatan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 6 Kompetensi Dasar pada KI-3 dan 6 Kompetensi Dasar pada KI-4 yang menunjukkan materi bermuatan IPA pada kurikulum RA Plus Ja-alHaq. Materi-materi IPA tersebut diajarkan melalui beberapa kelompok kegiatan yakni kegiatan mengeksplorasi berbagai benda yang ada disekitar, mengadakan berbagai percobaan sederhana, membuat hasil karya, mengkomunikasikan apa yang telah diamati dan diteliti, bernyanyi. Seluruh kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk kegiatan bermain untuk memaksimalkan hasil yang pembelajaran.
Kata Kunci : Pembelajaran IPA, PAUD
Keywords
Full Text:
pdfReferences
Danim, S. 2011. Perkembangan Peserta Didik. Alfabeta: Bandung.
Fadillah, M. 2017. Buku Ajar Bermain dan Permainan anak Usia Dini. Kencana. Jakarta.
Hermoyo, R,P,. 2014. Membentuk Komunikasi yang efektif pada masa perkembangan anak usia dini. Jurnal pedagogi, volume 1 nomor 1, agustus 2014.
Patmonodewo, S. 2003. Pendidikan Anak Prasekolah. Rineka Cipta dan Depdikbud: Jakarta.
Setyaningrum, S, R,. Triyanti., Indrawani, Y, M,. 2014. Pembelajaran di Pendidikan anak Usia Dini dengan Perkembangan Kognitif pada anak. Kesmas. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional. Vol 8 nomor 6 Januari 2014.
Solihin, R, D, M,. Anwar, F,.Sukandar, D. 2013. Kaitan Antara Status Gizi, Perkembangan Kognitif, Dan Perkembangan Motorik Pada Anak Usia Prasekolah. Penelitian Gizi dan Makanan, Juni 2013 Vol. 36 (1): 62-72.
Susanto, A. 2002. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
Suyadi. 2014. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Kajian Neurosains. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.
Suyanto, S. 2005. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Hikayat Publishing. Yogyakarta.
Wiyani, N, A,. 2002. Psikologi Perkembangan anak Usia Dini. Gava Media: Yogyakarta.
____________. 2016. Konsep dasar PAUD. Gava Media: Yogyakarta.
Yus, A. 2012. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
Yus, A. 2015. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Prenadamedia Group. Jakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ja.v1i2.1330
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Nurlia Latipah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexed by :







_______________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Disclaimer: Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education articles published by Faculty of Tarbiyah n Tadris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.
_______________________________________________
UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia
Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172
Email : piaud@mail.uinfasbengkulu.ac.id
https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah
toto slot
bandar togel
situs togel