Pembinaan Kesehatan Mental dan Penguatan Nilai-Nilai Keislaman Peserta Didik Melalui Program Bina Karakter Islam di SMP Fatma Kenanga Kota Bengkulu
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. Rahman. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Pendidikan Islam Dalam Mengembangkan Budaya Sekolah Yang Religius.” Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 1 (2016): 75–90.
Abuddin Nata. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama, 2003.
Achmadi. Ideologi Pendidikan Islam Paradikma Humanisme Teosentris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.
Afifah. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa (Studi Multi Kasus di SDIT Raudlatul Jannah Sidoarjo dan SDIT Ghilmani Surabaya).” Tesis: Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, 2020.
Ahadiat, Muhammad Zaki. “Perencanaan, Pelaksanaan Dan Evaluasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) Sabah, Malaysia.” Jurusan Kurikulum Dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, 2020.
Ahmad, Fatimah. “Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Multikultural di SMK Negeri 1 Tanjung Pura.” Tesis: Universitas Islam Negerisumatera Utara Medan, 2019.
Al-Atsari, Abdullah bin ‘Abdil Hamid. Panduan Aqidah Lengkap. (Bogor: Pustaka Ibnu Katsir), 2005.
Al-Ghazali. Ihya’ ‘Ulum Al-Din : Kebangkitan Ilmu-Ilmu Agama. Jakarta: Pustaka Amani, 2017.
———. Ihya’ Ulum Al-Din (Kebangkitan Ilmu-Ilmu Agama), Terj. Khalil Muhammad Khalil. Jakarta: Pustaka Amani, 2010.
Alim, Muhammad. Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran Dan Kepribadian Muslim. (Bandung: Rosda karya), 2006.
Alya Cahyani, Siti Masyithoh. “Kontribusi Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar di Era Revolusi Industri 4.0.” Al-Rabwah : Jurnal Ilmu Pendidikan 17, no. 1 (2023).
An-Nahlawi, Abdurrahman. Prinsip-Prinsip Metode Pendidikan Dalam Keluarga, Sekolah, Masyarakat. Bandung: CV Diponegoro, 1992.
Analytical, Education Sector, Capacity Development Partnership “Ketidakhadiran Guru Di Indonesia » Tingkat Ketidakhadiran Guru Di Indonesia,” no. November (2014): 1–5.
Assyifa Noor Izzah Tanjung1, Cucu Setiwan2. “Peran Agama Islam Terhadap Kesehatan Mental Menurut Zakiah Daradjat.” Gunung Djati Conference Series Volume 8 (2022).
Bahri, S. “Pendidikan Akhlak Anak Dalam Perspektif Imam Al-Ghazali.” At-Tadzkir: Islamic Education Journal 1, no. 1 (2022).
Budiyono, & Harmawati, Y. “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Nilai-Nilai Keteladanan Guru Dan Orang Tua Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Universitas PGRI Madiun, 2017, 1–10.
Dini, Dini, Fatma Sylvana Dewi Harahap, Fardhu Syahuri, Paruzi Almayda, and Dhea Ardelia Divani. “Pengaruh Kesehatan Mental Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Jebus.” Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2022. https://doi.org/10.23887/jibk.v13i1.43679.
Ekosiswoyo, Rasdi. “‘Kepemimpinan Kepala Sekolah Yang Efektif Kunci Pencapaian Kualitas Pendidikan.’” Jurnal Ilmu Pendidikan 14, no. 2 (2007): 78.
Fattah, Nanang. “Landasan Manajemen Pendidikan,” 49. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2004.
Harlan, F. B., & Tarigan, Y. “Analisis Pengaruh Business Administration Competition (Bac) Terhadap Motivasi Belajar, Kecerdasan Emosional Dan Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Yang Berdaya Saing Global.” Journal Of Applied Business Administration, 5, no. 2 (2021). https://doi.org/https://doi.org/10.30871/jaba.v5i2.2605.
Hidayatullah, Furqun. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta:Yuma Pustaka, 2010.
Hudah, Nur. “Penanaman Nilai-Nilai Islam Dalam Membentuk Akhlak Mulia Melalui Kegiatan Mendongeng Di TK Terpadu Nurul Amal Buyuk Bringkang Menganti Gresik.” Fikroh: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 2019. https://doi.org/10.37812/fikroh.v12i2.49.
Iskandar. Metodologi Penelitian Pendidikan Dan Sosial, 2008.
Izzah, Lathifatul. “Penguatan Keislaman Dalam Pembentukan Karakter.” Lierasi: Jurnal Ilmu Pendidikan 6 no 2 (2015).
Jabar, Suharsimi Arikunto dan Safruddin Abdul. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2004.
Jeniati, Hezi. “Penguatan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Di Madrasah Diniyah Awaliyah Kabupaten Kepahiang.” Tesis : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup, 2023.
Khairiah, Alfauzan Amin, Muassomah, Mira Mareta, Sulistyorini, and Mirna Yusuf. “Challenges to Professional Teacher Development through Workplace Culture Management.” International Journal of Evaluation and Research in Education 13, no. 2 (2024): 714–22. https://doi.org/10.11591/ijere.v13i2.25666.
Khanif, Ahmad. “Upaya Guru PAI Dalam Pembinaan Mental Peserta Didik Di SMP IT Daar-Al Hikmah Kecamatan Seputih Mataram Lampung Tengah.” Tesis, Lampung: IAIN Raden Intan Lampung, 2017, 43–44.
Khanif, Ahmad. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Mental Peserta Didik Di Smp It Daar Al-Hikmah Kecamatan Seputih Mataram Lampung Tengah.” Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2017.
Koroh, Mona. “Peran Guru Dalam Menjaga Kesehatan Mental Peserta Didik.” Https://Gurukreator.Id/Peran-Guru-Dalam-Menjaga-Kesehatan-Mental-Peserta-Didik/, 2023.
Ma’arif, M. A. (2017). : https://doi.org/10.21274/taalum.2017.5.1.1-20. “Hukuman (Punishment) Dalam Perspektif Pendidikan Di Pesantren.” Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 1 (2017): 1–20.
Maghfiroh, Kholisotum. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Di SMP Negeri 1 Kesamben Jombang.” Irsyaduna Jurnal Studi Kemahasiswaan, 2021.
Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran, 2013.
Mansyur, Yahsyalloh Al, and Hakimuddin Salim. “Peran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Dalam Menjaga Kesehatan Mental Siswa Di SMP Negeri 2 Wonogiri.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 12, no. E-ISSN:2584-1754 (2023): 1027–42.
Moleong, lexy j. Metodologi Kualitatif, 2002.
Mosa, Efrilly. “Studi Tentang Kesehatan Mental Peserta Didik Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Sungai Raya.” Bkpi Fkif Untan Pontianak 2 (2018): 2018.
Mubasyiroh, Rofingatul, Indri Yunita, Surya Putri, Dan Dwi, Hapsari Tjandrarini, Pusat Penelitian, Pengembangan Upaya, Kesehatan Masyarakat, and Jl Percetakan. “Determinan Gejala Mental Emosional Pelajar SMP-SMA Di Indonesia Tahun 2015 Mental Emotional Symptoms’ Determinants Of Junior-Senior High School Student In Indonesia 2015.” Buletin Penelitian Kesehatan, 2017.
Muchtar, Heri Jauhari. Fikih Pendidikan. (Bandung: Remaja Rosdakarya), 2005.
Muhaimin. Nuansa Baru Pendidikan Islam. (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada), 2006.
———. Nuansa Baru Pendidikan Islam Mengarungi Benang Kusut Dunia Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.
———. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah, Madrasah, Dan Perguruan Tinggi. (jakarta: raja grapindo perrsada, 2010.
Mujib, Muhaimin dan Abdul. Pemikiran Pendidikan Islam: Kajian Filosofis Dan Kerangka Dasar Oprasionalnya. Bandung: Trigenda Karya, 1993.
———. Pemikiran Pendidikan Islam Kajian Filosofis Dan Kerangka Dasar Operasionalisasinya. (Bandung: Trigenda Karya), 1993.
Nita Hartat,Desi Eka Citra, Mawardi Lubis. “Implementasi Standar Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Seluma.” Journal on Education 5 (2023): 3.
Novianty, M. Noor Rochman H & Anita. “Literasi Kesehatan Mental Dan Sikap Komunitas Sebagai Predictor Pencarian Pertolongan Formal.” Jurnal Psikologi 44, no. 1, no. https://doi.org/22146/jpsi.22988. (2017): 10.
Nurdyansyah. Manajemen Sekolah Berbasis Ict. Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2015.
Online), kamus besar bahasa indonesia (kamus. “No Title,” n.d.
Pratama, Sandi, and Alamsyah. “Pengaruh Guru Pendidikan Islam Dalam Membangun Kesehatan Mental Belajar Siswa.” Jurnal J-BKPI 02, no. SSN:2797-295X (2022): 22–30.
Qosim, Nanang. “Khtiar Guru Agama Dalam Membina Kesehatan Mental Generasi Muda Di SMA Irsyadul Mubtadiin Gading Probolinggo.” At-Ta’lim Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 1 (2019): 63–78.
Ramayulis. Psikologi Agama. (Jakarta: Kalam Mulia), 2011.
Rizka Nur Hamidah, Noneng Siti Rosidah. “Konsep Kesehatan Mental Remaja Dalam Perspektif Islam.” Prophetic Guidance and Counseling Journal 2, no. E-ISSN:2614-1566 (2021): 27.
rochajat harun. Metode Kualitatif Untuk Pelatihan, 2007.
Rofiq, Busra Inco, and Muhammad Husnur. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Religius.” Chalim Journal of Teaching and Learning 2, no. 1 (2022): 35–44.
Rohmad Mulyana. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta, 2004.
Romanti. “Kemendikbudristek Tingkatkan Kesehatan Mental Dan Lingkungan Sekolah Melalui Gerakan Sekolah Sehat 2024.” Inspektorat Jenderal Kemendikbudristek, 2024.
Salimi, Abu Ahmadi dan Noor. Dasar-Dasar Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1996.
Salma, Dina Fadillah. “Mengenal Isu Kesehatan Mental Dan Tantangannya Di Indonesia.” PSIKOPEDIA binus university, 2021.
Sanjaya, Wina. Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2010.
Saputra, Eddy, and Ahmad Muhajir. “Penanaman Dan Penguatan Nilai-Nilai Keislaman Melalui Perayaan Hari Besar Islam.” Al Ahsriyyah Journal of Islamic Studies 5 no 2 (2019).
Sarah Harding, Dkk. “Is Teachers’ Mental Health and Wellbeing Associated with Students’ Mental Health and Wellbeing.” Journal of Affective Disorders Volume 242 (2019): 180–87.
Sihotang, S A. “Pendidikan Agama Islam Dan Kesehatan Mental Remaja Dalam Pemikiran Zakiah Daradjat,” 2020, 117.
Silvana Galderisi dkk. “Toward a New Definition of Mental Health.” World Psychiatry 14, no. 2 (2015).
Siregar, M, and N Adlani. “Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Self Control Peserta Didik Di SMA Negeri 4 Binjai Kecamatan Binjai Timur.” Prosiding Kajian Islam …, 2020.
Sugiyono. “Metode Kualitatif Kuantitatif R&D.” In Bandung: Alfabeta Cet Ke -13, 2, 2011.
Sukmadinata, nana syaodih. Metode Penelitian Pendidikan, 2008.
Syahfitri, Wispa, and Dodi Pasila Putra. “Kesehatan Mental Warga Binaan Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak.” JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2021. https://doi.org/10.29210/30031175000.
Triyono, Nofriyanto. “‘Evaluasi Konsistensi Perencanaan Dan Penganggaran Di Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.’” Jurnal Emba 7, no. 3 (2019).
Wardani, tita aniko. “Studi Pemikiran Zakiah Drajat Tentang Kesehatan Mental: Konsep, Aplikasi Dan Implikasinya Dalam Ppendidikan Agama Islam.” Berikut Beberapa Strategi Yang Dilakukan Oleh Guru PAI Dalam Membina Kesehatan Mental Peserta Didik : A) Membangun Kerjasama Dengan Orangtua Peserta Didik: Guru PAI Harus Menjalin Kerjasama Dengan Orangtua Peserta Didik Untuk Mendukung Proses Pembinaan Ke, n.d.
Wardani, Tita Aniko. “Studi Pemikiran Zakiah Daradjat Tentang Kesehatan Mental: Konsep, Aplikasi, Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Agama Islam.” Skripsi, 2021.
———. “Studi Pemikiran Zakiah Daradjat Tentang Kesehatan Mental: Konsep, Aplikasi, Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Agama Islam.” Tesis: Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2021.
Wilopo, et al. “National Adolescent Mental Health Survey (I-NAMHS) Laporan Penelitian,” 2022, xviii.
Wiyani, Novan Ardi. Manajement Pendidikan Islam; Konsep Dan Implementasinya Di Sekolah. Jogjakarta: Ar Ruzz Media, 2012.
“World Health Organization, Tt, Investing In Mental Health, Switzerland: The Department of Mental Health and Substance Dependence, Noncommunicable Diseases and Mental Health, h. 7,” n.d.
Yusrizal, Annisa Fajriani, Aditya Prayoga. “Evaluasi Efektivitas Program Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas: Studi Kasus Di Beberapa Sekolah.” Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran 18, No. 2 (2023).
Zainudin. “Pentingnya Mewujudkan Pengembangan Religiusitas Pada Lembaga Pendidikan Sekolah Dan Madrasah.” El-Huda 14, no. 1 (2023).
Zakiyah Drajat. Kesehatan Mental (Peranannya Dalam Pendidikan Dan Pengajaran). Jakarta: Institut Agama Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 1984.
Zuhri, A. M. Hukuman Dalam Pendidikan Konsep Abdullah Nasih ‘Ulwan Dan B.f. Skinner. Ahlimedia Book., 2020.
Zulfikar, Fahri. “Survei: 17,9 Juta Remaja Indonesia Punya Masalah Mental.” DetikEdu, 2024. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-7150554/survei-17-9-juta-remaja-indonesia-punya-masalah-mental-ini-gangguan-yang-diderita.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/btu.v10i1.6971
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/btu.v10i1.6971.g4587
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 kesi mayori, Mawardi Lubis, Khairiah Khairiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexed By :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Disclaimer: Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam articles published by Pascasarjana UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.