Pengaruh Kinerja dan Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka di SMP Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustang, A., Mutiara, I. A., & Asrifan, A. Masalah Pendidikan Di Indonesia. OSF Preprints, (2021) 0–19.
Ali Anwar, Statistik Untuk Penelitian Pendidikan dan Aplikasi dengan SPSS dan Excel, (Kediri: IAIT Press, 2009)
Ce gunawan. Mahir Menggunakan SPSS (Mudah Mengelolah Data Menggunakan IBM SPSS Statistis 25) (Yogyakarta: CV Budi Utama, 2019)
Getut Pramesti, Kupas Tuntas Data Penelitian dengan SPSS 22 (Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2014)
Gorontalo, U.N.(2021).Merdekabelajar:sekolahpenggerak.November,46–47.
Jamin, H. (2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Hanifuddin. Jurnal Penelitian Pendidikan, 19–36.
Kemdikbud RI. (2019) “Surat edaran mendikbud No. 43 tahun 2019 ”Kemdikbud RI. (2019). “Merdeka Belajar Episode Pertama”. Kemdikbud RI. (2020)” Merdeka belajar Episode Kelima: Guru Penggerak”.
Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia dan Solusi. Academy of Education Journal, 13 (1), 1-13.
Manizar, E. (2015). Peran guru sebagai motivator dalam belajar. Tadrib, 1(2), 204-222.
Mariana, D. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Efektivitas Sekolah Penggerak dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai 5 (20), 10228–10233.
Mukhtar. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta Selatan: Referensi (GP Press Group, 2013).
Mulyasa, H. E. Menjadi guru penggerak merdeka belajar. (Jakarta: BumiAksara, 2021)
Mustagfiroh, S. (2020). Konsep “ Merdeka Belajar ” Perspektif Aliran Progresivisme di Perguruan Tinggi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1),141–147.
Patabang, A., & Murniarti, E.(2021). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru pada Pembelajaran Daring dimasa Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan,3(4),1418-1427.
Pendi, Y. O. (2020, May). Merdeka belajar yang tercermin dalam kompetensi profesional guru bahasa inggris SMP Negeri 01 Sedayu. In Seminar Nasional Pendidikan (Vol.1, No.1).
Priyastama Romi, Buku Sakti Kuasai SPSS (Yogyakarta: Start Up, 2017)
Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kompetesnsi Pedagogik. Publikasi Pendidikan,10(3),189-196.
Rahayuningsih, S., & Rijanto, A. (2022). Upaya Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolahsebagai Pemimpin Pembelajaran pada Program Sekolah Penggerak di Nganjuk. JAMU :Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(02), 120–126.https://doi.org/10.46772/jamu.v2i02.625
Sadewo, Y. D., & Purnasari, P. D. (2021).Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berorientasi Kebudayaan Lokal pada Sekolah Dasar. Sebatik,25(2),590-597.
Sibagariang, D., Sihotang, H. & Murniarti,E. (2021). Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan.Dinamika Pendidikan, 14(2), 88–99.
Sihotang, H. (2020). Kepemimpinan Transformasional dan Pemberdayaan Guru dalam Tranformasi Pendidikan 4.0. Jurnal
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/btu.v8i1.5405
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/btu.v8i1.5405.g4389
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Siratjudin Siratjudin, nurlaili nurlaili, nurlaili nurlaili, Desy Eka Citra Dewi, Desy Eka Citra Dewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexed By :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Disclaimer: Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam articles published by Pascasarjana UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.