Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Belajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 7 Seluma

Debi Tambudi, Ahmad Suradi, Mindani Mindani

Abstract


Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1)Memanfatkan youtube sebagai media belajar untuk  meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 7 Seluma kelas X ?,  (2 ) Tujuan Penelitian ini  Untuk mengetahui pemanfaatkan youtube sebagai media belajar  untuk meningkatkan motipasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (2) . Faktor apa sajakah yang mendukung dan menghambat memanpatkan youtube sebagai media belajar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 7 Seluma kelas X?. ( 3 ) Penelitian ini menggunakan jenis Metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Data kualitatif dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah “Pemanfaatan youtube sebagai media  belajar  untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMAN 7 Seluma belum optimal. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pengetahuan dan keterampilan guru dalam menggunakan media youtube serta siswa fokus dalam penggunaan media youtube untuk pembelajaran.Saran bagi SMAN 7 Seluma agar diberikan pelatihan penggunaan media youtube bagi guru agama Islam di SMAN 7 Seluma.

Keywords


youtube, motivasi dan pendidikan agama Islam.

Full Text:

PDF

References


Aprilia, Rizki, Aat Sriati, dan Sri Hendrawati. 2018. “Tingkat Kecanduan Media Sosial pada Remaja.” 3(1): 41–53.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Elva Tati Susanti, Mila Amelia. 2021. “Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Matematika Dimasa Pandemi Covid-19.” 06(02): 15–18.

Huda, Mualimul. 2017. “Kompetensi Kepribadian Guru Dan Motivasi Belajar Siswa ( Studi Korelasi pada Mata Pelajaran PAI ).” 11(2): 237–66.

Jennah, Rodhatul. 2009. Media Pembelajaran Media Pembelajaran.

Mariyam, Siti, Retno Triwoelandari, dan H Kholil Nawawi. 2018. “Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam (Pai) Siswa Kelas Vii Smp Pembangunan Bogor.” 2(11): 1282–96.

Nurrita, Teni. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah 3(1): 171.

Ramdani, Rijki, Munawar Rahmat, dan Agus Fakhruddin. 2018. “Media Pembelajaran E-Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Laboratorium Percontohan Upi Bandung.” TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education 5(1): 47.

Rofiqul, Perhatian A, dan Muhamad Rifa. 2016. “Rofiqul A’la & Muhamad Rifa’i Subhi, Perhatian Orang Tua.” Jurnal Madaniyah 2: 242–59.

Rohani. 2019. “Diktat Media Pembelajaran.” Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara: 1–95.

Tohari, Hamim, dan Bachtiar S Bachri. 2019. “Pengaruh Penggunaan Youtube.” 07(01): 1–13.

Wahab, Abdul. 1992. Menulis Karya Ilmiah. Surabaya: Airlangga University Press.

Wahyudin Nur Nasution. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI).

Yolanda Stellarosa, Sandra Jasmine Firyal, Andre Ikhsano. 2018. “Pemanfaatan youtube sebagai sarana transformasi majalah highend.” 2(2): 59–68.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/btu.v8i2.3814

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/btu.v8i2.3814.g3089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Debi Tambudi, Ahmad Suradi, Mindani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed By :

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disclaimer: Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam articles published by Pascasarjana UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.