Implementasi Konsep dan Nilai-nilai Tawasuth, Tawazun, I’tidal, dan Tasammuh pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan Nilai-nilai Moderasi Beragama bagi Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 01 kota Bengkulu Tahun Akademik 2023-2024
Abstract
Abstract :. This study aims to determine the effectiveness of the implementation of the concepts and values of tawasuth, tawazun, i'tidal, and tasammuh in the subject of al-qur'an hadith in improving religious moderation values for class VIII students at MTs Negeri 01 Bengkulu City. This research is a classroom action research conducted collaboratively and participatively. This research design uses the Kurt Lewin Model in 3 cycles and each cycle consists of planning, implementation & observation, and reflection. The sample of this study included VIII grade students totaling 30 students at MTs Negeri 01 Bengkulu City on odd semester in the academic year 2024-2025 where the focus of the research was on increasing the values of religious moderation for students. Data collection techniques through, observation, tests and practice. Data analysis techniques are carried out descriptively qualitative and quantitative. The results showed that increasing the values of religious moderation for students through the implementation of the concepts and values of tawasuth, tawazun, i'tidal, and tasammuh in the subject of al-qur'an hadith for Class VIII students of MTs Negeri 01 Bengkulu City has increased, namely in the first cycle, students' scores in understanding the concepts and values of religious moderation in Al-Quran Hadith subjects were 6.66% (very good), 26.66% (good), 20% (quite good), 23.33% (less), 23.33% (very less). In the second cycle, student scores were 10% (very good), 30% (good), 26.66% (fair), 20% (less) and 13% (very less). In the third cycle, student scores were 26.66% (very good), 30% (good), 33.33% (fair), 10% (less) and 0% (very less). Thus it can be concluded that by applying the concepts and values of tawasuth, tawazun, i'tidal, and tasammuh in the subject of al-qur'an hadith can improve the learning process and the ability of class VIII students MTs Negeri 01 Bengkulu City in understanding the concepts and values of religious moderation in the subject of Al-Quran Hadith.
Key Words: Concept, Value, Tawasuth, Tawazun, I'tidal, Tasammuh, Religious Moderation
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas implementasi konsep dan nilai-nilai tawasuth, tawazun, i’tidal, dan tasammuh pada mata pelajaran al-qur’an hadits dalam meningkatkan nilai-nilai moderasi beragama bagi siswa kelas VIII di MTs Negeri 01 Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Desain penelitian ini menggunakan Model Kurt Lewin dalam 3 siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan & observasi, dan refleksi. Sampel penelitian ini meliputi siswa kelas VIII yang berjumlah 31 siswa di MTs Negeri 01 Kota Bengkulu, Semester Gasal tahun akademik 2023-2024 diamana fokus penelitian adalah meningkatkan nilai-nilai moderasi beragama bagi siswa. Teknik pengumpulan data melalui, obeservasi, tes dan praktek. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan nilai-nilai moderasi beragama bagi siswa melalui implementasi konsep dan nilai-nilai tawasuth, tawazun, i’tidal, dan tasammuh pada mata pelajaran al-qur’an hadits untuk Siswa Kelas VIII MTs Negeri 01 Kota Bengkulu mengalami peningkatan, yaitu pada siklus pertama, nilai siswa dalam memahami konsep dan nilai-nilai moderasi beragama dalam mata pelajaran Al-Quran Hadits adalah 6,66% (sangat baik), 26,66% (baik), 20% (cukup baik), 23,33% (kurang), 23,33% (sangat kurang). Pada siklus kedua, nilai siswa adalah 10% (sangat baik), 30% (baik), 26,66% (cukup), 20% (kurang) dan 13% (sangat kurang). Pada siklus ketiga, nilai siswa adalah 26,66% (sangat baik), 30% (baik), 33,33% (cukup), 10% (kurang) dan 0% (sangat kurang). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan konsep dan nilai-nilai tawasuth, tawazun, i’tidal, dan tasammuh pada mata pelajaran al-qur’an hadits dapat meningkatkan proses pembelajaran dan kemampuan siswa kelas VIII MTs Negeri 01 Kota Bengkulu dalam memahami konsep dan nilai-nilai moderasi beragama dalam mata pelajaran Al-Quran Hadits.
Kata Kunci: Konsep, Nilai, Tawasuth, Tawazun, I’tidal, Tasammuh, Moderasi Beragama
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Abidin, Achmad Zainal, ‘Nilai-Nilai
Moderasi Beragama’, JIRA: Jurnal
Inovasi Dan Riset Akademik, 2.5 (2021)
Ainina, Dewi Qurroti, ‘Nilai-Nilai Moderasi
Beragama Dalam Mata Pelajaran PAI
Dan Budi Pekerti Kelas VII SMP’, Al
Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan
Kemasyarakatan, 16.2 (2022)
>
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, and
Supardi, Penelitian Tindakan Kelas,
JURNAL UNY , JURNAL PENDIDIKAN
AKUNTANSI INDONESIA Vol. VI No. 1 –
Tahun 2008, 2021
Chrisantina, Vita Santa, ‘Efektifitas Model
Pembelajaran Moderasi Beragama
Dengan Berbasis Multimedia Pada
Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah’,
Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan
PUBLIKASI ILMIAH NASIONAL
QIYAS : JURNAL HUKUM ISLAM DAN PERADILAN
JL. RADEN FATAH PAGAR KECAMATAN SELEBAR KOTA BENGKULU
Website : https://ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/QIYAS/index
E-ISSN : 2503-3794 P-ISSN : 2686-536x, contact person : 0853-8130-5810
Dan Pelatihan, 5.2 (2021), 79–92
d.v5i2.155>
Daut, Faisal, Dzakiah Dzakiah, and
Firdiansyah Alhabsyi, ‘Pemimpin
Lembaga Pendidikan Islam Dalam
Moderasi Beragama’, Prosiding Kajian
Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society
(KIIIES) 5.0, 1 (2022), 273–77
Hanifah Salsabila, Unik, Adi Saputra,
Lukman Harsono, Mochammad Faruq
Husein, and Nurdiena Ainuzzamania,
‘Penanaman Moderasi Agama Dalam
Pendidikan Agama Islam’, Romeo :
Review of Multidisciplinary Education,
Culture and Pedagogy, 1.1 (2022), 45–
50>
Irwan, Masdani, and Sahrul Hakim,
‘Strategi Guru Pendidikan Agama
Islam Dalam Meningkatkan Moderasi
Keberagamaan Siswa Kelas V Di SDN 2
Cakranegara Tahun Ajaran
/2022’, Jurnal Ilmiah Hospitality,
1 (2022)
M. Aliyul Wafa, Mohammad Saat Ibnu
Waqfin, Khoirun Nisa’, ‘Internalisasi
Nilai-Nilai Moderasi Beragama Melalui
Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam Di SMA PGRI 2 Jombang’, Journal
of Education and Management Studies,
1 (2023), 1–6
Mudawinun, Khoirul, ‘Integrasi Nilai-Nilai
Moderasi Pada Pendidikan Anak Usia
Dini Berbasis Living Values Education
(LVE)’, Proceedings of Annual
Conference for Muslim Scholars, Series
, 2018, 721–30
Prasetya, Penta Astari, Rinda Fauzian,
Hadiat, Peri Ramdani, Mohamad
Yudiyanto, Ryan, and others, ‘Building
Religious Moderation Attitudes
Through Inclusive Religious Learning :
A Case Study at Wira Harapan
Vocational High School – Bali’, Didaxei,
1 (2022), 356–66
Samsul AR, ‘Peran Guru Agama Dalam
Menanamkan Moderasi Beragama
Samsul AR Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa
Arab (STIBA) Darul Ulum Banyuanyar
Pamekasan’, Al-Irfan, Volume 3, Nomor
, Maret 2020, 3 (2020)
———, ‘Peran Guru Agama Islam Dalam
Menanamkan Moderasi Beragama’, AlIrfan, 3.1 (2020)
Sari, Sinta Novita, Ahmad Suradi, and
Pasmah Chandra, ‘Moderasi Beragama
Dalam Buku Ajar Pai Dan Budi Pekerti
Untuk Membentuk Siswa Yang
Moderat Pada SMA/SMK Kelas X
Kurikulum Merdeka’, Jurnal
Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5.1
(2023)
Sumari, ‘Moderasi Beragama Merupakan
Kunci Untuk Meneguhkan NKRI’,
Kotasemarang.Kemenag.Go.Id, 2022
Tanjung, Agus Salim, ‘Internalisasi NilaiNilai Moderasi Beragama Dalam
Pembelajaran Fikih Di Madrasah
Aliyah’, Takuana: Jurnal Pendidikan,
Sains, Dan Humaniora, 1.1 (2022), 1–
i1.29>
Zulia Putri, Sarmidin, Ikrima Mailani.,
‘Peran Guru Pendidikan Agama Islam
Terhadap Perilaku Kegamaan Siswa’,
AL-HIKMAH : Jurnal Pendidikan Dan
Pendidikan Agama Islam, 2.2 (2020),
–16.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/qys.v9i1.4819
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Qiyas : Jurnal Hukum Islam dan Peradilan
qiyas@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
(0853-8130-5810)
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.