IMPLIKASI STRATEGI PEMASARAN MELALUI KOMODIFIKASI AGAMA DI INDONESIA

Herlina Yustati

Abstract


Religion in Indonesia is divided into Muslim, Christian, Catholic, Hindu, Buddhist, Khong Hu Chu and Other Religions. Religion Islam is the majority religion embraced by the Indonesian population, so that business people use this opportunity to re-commodification of religion. Commodification describes how capitalism launched an aim to accumulate capital, or realize the transformation of use-value into exchange value. The commodification of Islam in Indonesia occurred in various aspects. Mislanya commodification "sharia" through aspects of banking, insurance, hotel, tourism, etc. The commodification of Islamic symbols such as headscarves and halal labeling. Besides being able to be used as a marketing strategy for businesses, komodiikasi Islam also bring positive things if businesses make this situation as a means of education. The impact of the commodification of Islam such as the increasing development of Islamic financial institutions in Indonesia, increased public awareness to abandon usury, increased public awareness using the "sharia", the increasing number of Muslim women who wear the hijab and the increasing awareness of Muslims to use halal products not only in food but also in cosmetics.


Keywords


commodification, the commodification of religion, marketing strategy

Full Text:

PDF

References


Buku

Alma, Buchari dan Donni Juni Priansa. Manajemen Bisnis Syariah Menanamkan Nilai dan Praktik Syariah dalam Bisnis kontemporer. Alfabeta: Bandung. 2014.

Damsar dan Indrayani. Pengantar Sosiologi Ekonomi. Jakarta: Kencana prenada Media Group. 2013

Huda, Nurul, dkk. Ekonomi Makro islam Pendekatan Teoritis, Jakarta: Kencana Prenada Media Gourp. 2013

Djazuli, A. Kaidah-kaidah Fikih kaidah-kaidah hukum Islam dalam menyelesaikan masalah-masalah yang praktis. Jakarta: Kencana. 2011

Kotler, Philip . Marketing Management:The Millenium Edition, Engelwoods Cliffs, New Jersey:Prantice Hall Inc

Mustofa, Ahmad dkk. Reorientasi Ekonomi Syariah. Yogyakarta: UII Press. 2012

Na’im, Akhsan dan Hendry Syaputra, Kewarganegaraan, Suku Bangsa, Agama, dan Bahasa Sehari-hari Penduduk Indonesia Hasil Sensus Penduduk 2010, Badan Pusat Statistik: Jakarta, 2011

Scott, John. Sosiologi The Key Concepts. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. 2011

Mudjahid, abdul Manaf. . Sejarah Agama-agama. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. 1994

Suyanto, Bagong . 2013. Sosiologi ekonomi Kapitalisme dan Konsumsi di Era Masyarakat Post Modernisme, Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2014.

Jurnal

Al Chukwuma, Okoli. Commercialism and Commodification of Illicity: A Political Economy of Baby Buying/Selling in South East of Nigeria, International Journal of Liberal Arts and Social Science Vol. 2 No. 2, March, 2014

Al Chukuwa, Okoli dan Uhembe Ahar Clement, Materialism and Commodification of the sacred: A political economy of spiritual materialism in nigeria, Europan Scientific Journal edition vol 10, No 14 May 2014.

Asraf, Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Menyimpan Dana di Bank Muamalat Indonesia Cabang Pasaman Barat dengan Religiusitas sebagai Variabele Moderator, e-Jurnal Apresiasi Ekonomi Volume 2, Nomor 1, Januari 2014

Malik, Abdul & Ariyandi Batubara, “Komodifikasi Agama dalam Ruang Politik di SeberangKota Jambi”, Kontekstualita, Vol. 29, No. 2,( 2014)

Rahadianto Sutopo, Eko . Beragam Islam, Beragam Ekspresi: Islam Indonesia dalam Praktik. Jurnal Sosiologi MASYARAKAT Vol. 15, No. 2, Juli 2010

Rozaki, Abdur . Komodifikasi Islam (Kesalehan dan Pergulatan Identitas di Ruang Publik), Jurnal Dakwah, Vol. XIV, No. 2 Tahun 2013, 201 Jurnal Dakwah, Vol. XIV, No. 2 Tahun 2013

Website

Abror. Pasang Tarif Dakwah bolehkah?. 30 Juni 2015. http://tebuireng.org/pasang-tarif-dakwah-bolehkah/ (diakses tanggal 17 Mei 2017)

Adeino, Ade Suyitno. Kenapa Label Syariah?akankah ada diskotik syariah. 24 Juni 2015. http://www.kompasiana.com/adesuyitno/kenapa-label-syari-ah-akankah-ada-diskotik-syari ah diakses tanggal 25 Mei 2017

Arifin, Zainul. Ketua MUI: Indonesia Pasar potensial Ekonomi Syariah. 25 Mei 2017. http://bisnis.liputan6.com/read/2964173/ketua-mui-indonesia-pasar-potensial-ekonomi-syariah (diakses tanggal 28 Mei 2017)

Azra, Azyumardi. Komodifikasi Islam. 11 September 2008. http://www.uinjkt.ac.id/komodifikasi-islam/ diakses tanggal 17 Mei 2017

Darmayana, Hizkia. Perempuan Ternyata Tidak Melulu Berperilaku Konsumtif. 05 Maret 2017 http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170302222708-277-197499/perempuan-ternyata-tidak-melulu-berperilaku-konsumtif/ diakses tanggal 28 Mei 2017

Hasanuddin, Dody. Indonesia jadi Pasar Potensial Layanan dengan Platform Aleph diluncurkan. 11 Februari 2016. http://wartakota.tribunnews.com/2016/02/11/indonesia-jadi-pasar-potensial-dunia-layanan-dengan-platform-aleph-dluncurkan (diakses pada tanggal 24 Mei 2017)

Julianto, Pramdia Arhando. Mentan: Konsumsi Masyarakat Justru Meningkat Saat Puasa. 12 Juni 2016. http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2016/06/12/115654526/mentan.konsumsi.masyarakat.justru.meningkat.saat.puasa, (diakses pada 27 Mei 2017).

Lubis, Mila . Nielsen: Belanja Iklan Tumbuh Positif Di Tahun 2015.10 Februari 2016. http://www.nielsen.com/id/en/press-room/2016/Nielsen-Belanja-Iklan-Tumbuh-Positif-di-Tahun-2015.html, (diakses tanggal 28 Mei 2017).

Rachmania, Ririe. Tren Komodifikasi halal dan Syariah. 12 Februari 2016. http://citizen.midjournal.com/category/pop-culture/diakses tanggal 28 Mei 2017

S, Teuku Muh Guci. Zoya Minta Maaf Soal Bahan Baku Jilbab Bersertifikat Halal. 9 Februari 2016. http://www.tribunnews.com/regional/2016/02/09/zoya-minta-maaf-soal-bahan-baku-jilbab-bersertifikasi-halal (diakses tanggal 28 Mei 2017).

Srinthil 17: Jilbab, Komodifikasi, dan Pergulatan Identitas Islam, deskripsi buku diakses di http://tokobuku.desantara.or.id/267/srinthil-17-jilbab-komodifikasi-dan-pergulatan-identitas-islam/ pada 27 Mei 2017.

Yuristiary, Yelna. Sertifikat Halal Wardah adalah Jaminan Kualitas Produk. 18 Juni 2015. http://www.kompasiana.com/yelnayuristiary/sertifikat-halal-wardah-adalah-jaminan-kualitas-produk_54f6ac38a333112e5e8b457b (diakses pada tanggal 28 Mei 2017)

http://www.transtv.co.id/program/28/islam-itu-indah) diakses tanggal 27 Mei 2017

http://www.indosiar.com/shows/mamah-aa-beraksi) diakses pada tanggal 27 Mei 2017.

http://www.rcti.tv/program/view/94/Assalamualaikumustadz..diakses tanggal27 Mei 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/aij.v11i1.946

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/aij.v11i1.946.g795

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Herlina Yustati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Abstracting and Indexing by: