Pengaruh Pendapatan dan Lingkungan Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Secara Taqsith

Kustin Hartini, Inggriani Inggriani

Abstract


Income and social environment are factors that can influence purchasing decisions. The purpose of this study was to determine the effect of income and social environment on purchasing decisions in taqsith. This type of research with a quantitative approach. The sampling technique uses a purposive sampling technique with a total sample of 66 people. The data analysis method uses multiple linear analysis with the help of SPSS. From the results of the T Test and F Test show that partially income variables significantly influence the purchase decision taqsith with a probability value (Sig) 0.017 < (α) 0.05. Social environment variables also have a significant effect on taqsith purchasing decisions with a probability value (Sig) 0.033 < (α) 0.05. Simultaneously income and social environment significantly influence the purchase decision in taqsith and this can be seen from the probability value (Sig) 0,000 < (α) 0.05.

Keywords


Revenue; Social Environment; Purchasing decisions

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Thamrin. Francis Tantri. 2012. Manajemen Pemasaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada

Alman, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Agung Suprayitno. 2015. “Pengaruh Faktor Sosial, Budaya, Pribadi dan Psikologi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Gado-gado Boplo”, Jurnal Agribisnis, Vol. IX No. 2

Amanaturrohim, Hanifah. 2019.“Pengaruh Pendapatan Dan Konsumsi Rumah Tangga Terhadap Kesejahteraan Keluarga Petani Penggarap Kopi Di Kecamatan Candiroto Kabupaten Temanggung”. Skripsi

Armstrong, Kotler. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama

Ariono, Imam. 2018. “Pengaruh Citra Perusahaan, Kualitas Pelayanan Dan Kelompok Referensi Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Kredit Sepeda Motor Di Pt. Federal International Finance Cabang Wonosobo”. Jurnal PPKM. Vol. I No. 13

Ash-Shadr, Muhammad Baqir. 2008. Buku Induk Ekonomi Islam. Jakarta: Zahra

Chrisnawati, Dian. Sri Muliati. 2011. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Remaja Terhadap Pakaian (Studi Kasus Pada Remaja Berstatus Sosial Ekonomi Rendah)”. Jurnal Skripsi, Vol. II No. 1

Danil, Mahyu. 2013. “Pengaruh Pendapatan Terhadap Tingkat Konsumsi Pada Pegawai Negeri Sipil Dikantor Bupati Kabupaten Bireuen.” Jurnal Manajemen. Vol. IV No. 7

Daryanto. 2011. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera

Ginting, Nembah F. Hartimbul. 2010. Manajemen Pemasaran. Cet. 1. Bandung: CV Yrama Widya

Haloho, Elizabeth. 2018. “Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kredit Pensiun di PT. Bank Sumut Kc. Kampung Lalang Medan”. Jurnal Mutiara Manajemen. Vol. III No. 01

Hartono, Tony. 2006. Mekanisme Ekonomi Dalam Konteks Ekonomi Indonesia. Bandung: Remaja Rosdakarya

Hasnira. 2017. “Pengaruh Pendapatan dan Gaya Hidup Terhadap Pola Konsumsi Masyarakat Wahdah Islamiyah Makassar”. Skripsi: Islam Negeri Alauddin Makassar

Henrietta, P. 2017. “Impulsive Buying”Pada Dewasa Awal Di Yogyakarta”. Jurnal Psikologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Iskandar. 2017. “Pengaruh Pendapatan Terhadap Pengeluaran Rumah Tangga Miskin Di Kota Langsa”. Jurnal Samudra Ekonomika. Vol. I No. 2

Juwita, Sendy Octavia Puspa. 2017. “ Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Kredit Kepemilikan Rumah Pada Btn Kantor Cabang Surabaya Kcp Mojokerto”. Jurnal Pendidikan Tata Niaga. Vol. I No. 01

Khairiah. 2018. Kesempatan Mendapatkan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Mannan, Muhammad Abdul. 1992. Ekonomi Islam: Teori dan Praktek. Jakarta: Intermasa

Mardiansyah, Hamzah. 2018. Perilaku Konsumen Dalam Belanja Secara Kredit Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam. Skripsi

Suryani, Mardian dan Siti achira. 2019 “Gaya Hidup Hedonisme Konsumsi Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam”. Al-Intaj, Vol.V No.2

Mardiyono. 2018.“Pengaruh Gaya Hidup, Lingkungan Sosial, Dan Budaya Terhadap Keputusan Pembelian Di Pasar Modern (Studi Kasus Pada Mahasiswa Iain Purwoketo)”. Universitas: Institut Agama Islam Negeri Purwokerto: Skripsi Sarjana

Morrisan. 2010. Perilaku Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Naf”an. 2014. Ekonomi Makro Tinjauan Syariah. Yogyakarta: Graha Ilmu

Nitisusastro, Mulyadi. 2013. Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta

Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian. Skripsi,Tesis,Disertai, Dan Karya Ilmiah. Jakarta: Prenadamedia

Nurhasanah. 2017. “Hubungan Faktor Individu, Lingkungan dan fakta Sosial dengan Entrepreneurship Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah”, AL Intaj, Vol.I No.1

Utami Anissa Budi. 2017. “Pengaruh Harga, Pendapatan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Di D’kranji Residence Tahap Ii Bekasi Barat”. Skripsi: Politeknik Negeri Jakarta

Purba, Jonny. 2002. “Pengelolaan Lingkungan Sosial.” Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Rosa, Andartika. 2018. “Pengaruh “Financial Knoeledge”, Tingkat Pendapatan Terhadap Perilaku Pengelolaan Uang Dengan “Self Control” Sebagai Variable Mediasi”. Jurnal Ilmiah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya

Sangadji, Etta Mamang. Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: C.V Andi Offset

Saputra, Adi. 2006. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Muslim Dalam Taqsith Konsumtif (Studi: Ibu Rumah Tangga Perumahan Kemiling Permai Kota Bengkulu). Universitas: IAIN Bengkulu. Skripsi Sarjana. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan r&d. Bandung: Al-fabeta

Sukirno, Sadono. 2006. Makro Ekonomi Teori Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sunyoto, Danang. 2012. Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS

Suparmoko, M. 2011. Teori Ekonomi Mikro. Yogyakarta: BPFE

Suroso. Rendro Adi Widigdo. 2005. Pengetahuan Sosial Ekonomi. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri

Suyanto, Bagong. 2013. Sosiologi Ekonomi Kapitalise dan Konsumsi Di Era Masyarakat Pots-Modernisme. Jakarta: Kencana

Syarifudin, Tohari. dkk. 1994. Pegangan Ekonomi Untuk Smu Kelas 1. Bandung: CV. ARMICO.

Tamara, Riana Monalisa. 2016. “Peranan Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik Di Sma Negeri Kabupaten Cianjur”. Jurnal Pendidikan Geografi. Vol. XVI No. 1

Walker, dkk. 2000. Manajemen Pemasaran: Suatu Pendidikan Strategis Dengan Orientasi Global. Ed.2. Jakarta: Erlangga




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/aij.v6i1.3549

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/aij.v6i1.3549.g2878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Kustin Hartini, Inggriani Inggriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Abstracting and Indexing by: