PERILAKU KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Suharyono Suharyono

Abstract


Human Resources in everyday life will never be separated by the fulfillment of needs or consumption. Islamic economics provides a picture and guidance in terms of consumption is justified and required in Islamic teachings that are guided by the rules of Shari'a. An item or commodity which is actually allowed to be used or consumed can be something that can be contrary to sharia depending on the behavior in using the goods or commodities. It can be concluded that consumption in Islam is loaded with spiritual values that indirectly lead consumers to avoid consumptive and keep the benefit is not just pleasure and satisfaction.

Keywords


Consumer Behavior, Motivation, Islamic Economics

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Mustaq. 2001. Etika Bisnis dalam Islam. Jakarta: PustakaAl-kautsar

Arifin. 2009. Psikologi Dakwah Suatu Pengantar Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Assobar. Al-Kitabul Akbar Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta Timur: Akbar Media

Doni, Rama. 2014. “ Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Perilaku Konsumen dalam Membeli Barang Di Pasar Panorama Zahara Busana Kota Bengkulu”. skripsi sarjana, Jurusan Ekonomi Islam Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam.

Fauzia, Ika Yunia., Abdul Kadir Riyadi. 2014. Prinsip Dasar Ekonomi Islam Perspektif Maqashid al-syari’ah. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Hakim, lukman. 2012. Prinsip-prinsip Ekonomi Islam. Erlangga.

Isgiyanto,Awal.2009. tekhnik pengambilan sampel pada penelitian non eksperimental. Jogjakarta:Mitra cendikia press.

Jumantoro, Totok. Samsul Munir Amin. 2005.Kamus Ilmu Ushul Fikih. Amzah.

Karim, Adiwarman .2010. Ekonomi Mikro Islam edisi ketiga. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Masyuri, M.zainuddin. 2008. Metodologi penelitian pendekatan praktis dan aplikatif. Bandung: PT Refika Aditama.

Misbahul, Munir. 2007. Ajaran-ajaran Ekonomi Rasulullah kajian Hadits Nabi dalam Perspektif Ekonomi. Malang: Uin Malang Press.

Nurdin, Amiur. 2010. Islam Mazhab Swalayan. Bandung: Ciptapustaka Media Perintis.

Oktaviani,Felisia “ Pengaruh Konsumerisme Gadget dikalangan Mahasiswa di Daerah Sekitar Solo”.Felisiaoktaviani.blogspot.com/2011/12/Pengaruh Konsumerisme gadget-dikalangan.html 22 desember 2014

Oktaviani, lia. 2011. ”pengaruh label halal MUI terhadap pola konsumsi mahasiswa IAIN Bengkulu jurusan Syari’ah”. Skripsi sarjana, jurusan Syariah fakultas Syariah dan Ekonomi Islam.

Purwanto, Ngalim. 2006. Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Pusat pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam. 2011. Ekonomi Islam. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Qardawi, Yusuf. 1997. Peran Nilai dan Moral dalam Perekonomian Islam. Jakarta: Rabbani Press.

Qardhawi, Yusuf. 2001. Norma dan Etika Ekonomi Islam. Jakarta:Gema insani.

Rahman, Afzalur.1995. Doktrin Ekonomi Islam Jilid II. Yogyakarta: Dana Bakti Wakaf.

Rianto, M.Nur., Euis Amalia. 2010. Teori Mikro Ekonomi Suatu PerbandinganEkonomi Islam dan Ekonomi Konvensional. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Saleh, Abdul Rahma. 2004. Psikologi suatu pengantar dalam perspektif Islam. Jakarta: Prenada Media Kencana.

Sarwono, Henry., Danang Sunyoto. 2014. Pengantar ilmu Ekonomi Mikro teori dan soal. Yogyakarta: CAPS.

Setadi, Nugroho J. 2010. Perilaku Konsumen perspektif kontemporer pada motif, tujuan, dan keinginan konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suryani, Tatik. 2013. Perilaku konsumen di era internet. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sri Vinna,2016. Ekonomi Mikro syariah, Bandung: Pustaka Setia




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/aij.v4i2.1216

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/aij.v4i2.1216.g1030

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Suharyono Suharyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Abstracting and Indexing by: