Pendidikan Islam Pada Masa Dinasti Saljuk: Madrasah Nizamiyah

Azan Riskian Jaya, M. Nurul Humaidi

Abstract


Lahirnya madrasah sebagai lembaga pendidikan pada era ini tidak bisa lepas dari sejarah berkembangnya madrasah pada masa lampau. Sebelum umat Islam mengenal lembaga pendidikan madrasah, lembaga pendidikan umat Islam masih dikenal dengan istilah suffah, kuttab atau maktab serta masjid. Sehingga dari lembaga pendidikan tersebut lahirlah berbagai ulama-ulama ahli dari berbagai macam bidang baik dalam bidang keagamaan maupun bidang ilmu lainnya. Pada sekitar akhir abad ke-4 hijriah Dinasti Saljuk dipimpin oleh Sultan Alp dan Malik Syah yang memiliki wazir yang sangat masyhur yang bernama Nizam al-Mulk berhasil mendirikan institusi pendidikan madrasah pertama yang bernama Madrasah Nizamiyah. Madrasah Nizamiyah meruakan institusi pendidikan Islam pertama yang berbentuk sekolah dibawah naungan pemerintahan, sehingga pemerintah memiliki andil besar dalam proses perkembangannya. Dalam pembahasan ini penulis fokus mendalami konsep pendidikan Madrasah Nizamiyah dibawah naungan pemerintahan Dinasti Saljuk, serta konsep pendidikannya yang banyak dirujuk dalam perkembangan pendidikan Islam pada masa berikutnya.

 

The birth of madrasah as an educational institution in this era can not be separated from the history of the development of madrasah in the past. Before Muslims knew madrasah educational institutions, Muslim educational institutions were still known by the terms suffah, kuttab or maktab and mosque. So that from these educational institutions were born various expert scholars from various fields both in the field of religion and other fields of science. Around the end of the 4th century AH the Saljuk Dynasty was led by Sultan Alp and Malik Syah who had a very famous vizier named Nizam al-Mulk succeeded in establishing the first madrasah educational institution called Madrasah Nizamiyah. Madrasah Nizamiyah is the first Islamic educational institution in the form of a school under the auspices of the government, so that the government has a major stake in its development process. In this discussion, the author focuses on deepening the concept of Madrasah Nizamiyah education under the auspices of the Saljuk Dynasty, as well as the concept of education which is widely referred to in the development of Islamic education in the future.

 


Keywords


Islamic Education, Seljuq Dynasty, Nizamiyah Madrasah

Full Text:

PDF

References


Fuady, M. N. (2015). Sistem dan Kelembagaan Pendidikan Islam Bani Saljuk. ... : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 5, 20–42. http://jurnal.uin- antasari.ac.id/index.php/tiftk/article /view/1830

Hidayat, A. T. (2020). Perkembangan Madrasah Nizamiyah (Analisis Terhadap Lembaga Dan Kurikulum Pendidikan Islam). Majalah Ilmiah Tabuah, Volume 24, 186–193.

ISMAWATI. (2015). A ‘missing’ family of classical orthogonal polynomials. In UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA (Vol. 44, Issue 8, p. 085201). https://doi.org/10.1088/1751- 8113/44/8/085201

Karomah, F. F. (2019). Relevansi Pembelajaran Di Madrasah Nizamiyah Dengan Pembelajaran Pada Masa Sekarang. Jurnal Kariman, 7(2), 205–220.

Penulis: Azan Riskian Jaya, M. Nurul Humaidi Judul Artikel: Pendidikan Islam Pada Masa Dinasti Saljuk: Madrasah Nizamiyah https://doi.org/10.52185/kariman. 7i2.120

Karomah, F. F. (2019). Relevansi Pembelajaran Di Madrasah Nizamiyah Dengan Pembelajaran Pada Masa Sekarang. Jurnal Kariman, 7(2), 205–220. https://doi.org/10.52185/kariman.v 7i2.120

Kurniawan, S. (2014). Madrasah Nizamiyah : Nur El-Islam, 1(2), 72–80. https://ejurnal.iaiyasnibungo.ac.id/i ndex.php/nurelislam/article/view/6 2

Manan, N. A. (2020a). Dinasti Saljuk dalam Sejarah Peradaban Islam. Jurnal Adabiya, 20(2), 13. https://doi.org/10.22373/adabiya.v2 0i2.7432

Manan, N. A. (2020b). Dinasti Saljuk dalam Sejarah Peradaban Islam. Jurnal Adabiya, 20(2), 13. https://doi.org/10.22373/adabiya.v2 0i2.7432

Mughni, S. (1997). Sejarah Dinasti Saljuk (1997th ed.). Bandung Pustaka.

Muspiroh, N. (2017). MADRASAH NIZHAMIYAH: SEBUAH MOMENTUM DALAM SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Tamaddun : Jurnal Sejarah Dan Kebudayaan Islam, 5(1), 150–165. https://doi.org/10.24235/tamaddun. v5i1.1997

Rasyidi, R., Hayani, R. A., & Ilmiah, W. (2020). Guru dalam Pendidikan Islam, antara Profesi dan Panggilan Dakwah. JAWARA: Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 19–38. https://jurnal.untirta.ac.id/index.ph p/JAWARA/issue/view/821

Rohman, F. (2017). Pendidikan Islam: Menguak Sejarah Perkembangan Madrasah Hingga Era Nizamiyah. JJurnal Pendidikan Islam Dan Teknologi Pendidikan, VII(2), 35–60. https://doi.org/http://dx.doi.org/1 0.30821/niz.v7i2.187

Sulthon Mas’ud, S.Ag, M. P. . (2004). 4. Sejarah & Peradaban Islam. Malang. SEJARAH PERADABAN ISLAM Eropa. http://digilib.uinsby.ac.id/20125/1/ Sejarah Peradaban Islam.pdf

Wahidah, A. S. (2018). Pengembangan Pendidikan Islam Di Era Modern Melalui Madrasah Nizamiyah. Al- Mabsut: Jurnal Studi Islam Dan Sosial. http://www .ejournal.iaingawi.ac.id/ index.php/almabsut/article/downlo ad/286/131

Yatim, B. (1998). Sejarah Peradaban Islam. Raja Grafindo.

Yunus, M. (n.d.). Sejarah Pendidikan Islam. Hidrakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ttjksi.v8i1.4153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Tsaqofah dan Tarikh: Jurnal Kebudayaan dan Sejarah Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Index By: