Implementasi Metode Bermain Peran Dalam Menanamkan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak, Kemala Bhayangkari 26 Kota Bengkulu

Lailatul Rahma Putri

Abstract


This study aims to determine the implementation of the role-playing method in instilling self-confidence in early childhood has a very important role in the child's life in the future. The role-playing method in instilling children's self-confidence is an effective learning for children because with the role-playing method children can imagine, explore, create something, get new experiences, children become happy, children become optimistic, and also be tolerant. In this study the author used a descriptive qualitative research method obtained from the field. Data collection techniques are through observation, interviews and documentation. The data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and drawing conclusions. This study was conducted in classes B1, B2, and B3 at Kemala Bhayangkari Kindergarten 26 Bengkulu City with a total of 43 students.

Keywords


Implementation of role play method; Student self-confidence;

Full Text:

PDF

References


Amri, N. A. 2017. Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Komunikasi (Bahasa Ekspresif) Anak Taman Kanak-Kanak Raudhatul Athfal Alauddin Makasar. Jurnal Ilmu Pendiidkan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 1 (2), 105-110.

Anggreni, M. A. 2017. Penerapan Bermain Untuk Membangun Rasa Percaa Diri Anak Usia Dini. Jecie : Journal Of Early Childhood And Inclusive Education, 1 (1), 1-8.

Anzani, R. W & Insan, I. K. 2020. Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Prasekolah. Pandawa, 2 (2), 180-193.

Aprianti Yofita Rahayu, “Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercerita”. Hal. 63

Aryanti, T. 2016. Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Develompment. Dinamika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8 (1), 51.

Baiq Melinda Atika Putri. (2021). Meningkatkan Percaya Diri Anak Melalui Teknik Bermain Peran Dan Bersama Pada PAUD Al-Hidayah Teluk Kodek Pemenang Klu. Universitas Islam Negeri Mataram.

Dini, J. P. A. U. 2022. Analisis Implementasi Pendidikan Keuangan Pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (3), 2429-2438.

Ferenika Tesalonika Lasut. 2023. Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri Melalui Kegiatan Bermain Peran Anak Usia 5-6 Tahun Di TK YPK ST Theresia. Universitas Pendidikan Muhammadiyah (Unimuda) Kota Sorong.

Fransisca, R, Wulan, S & Supena, A. 2020. Meningkatkan Percaya Diri Anak Dengan Permainan Ular Tangga Edukasi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4 (2), 630-638.

H.E, Mulyasa, (2017). Strategi Pembelajaran Paud. Bandung: PT Remaja Resdakarya.

Intan, D. N. 2017. Pengembangan Keterampilan Berkomuniasi Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran. Mediator: Jurnal Komunikasi, 10 (1), 109-120.

Istiana, Y. 2017. Konsep-Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Didaktika: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 20 (2), 90-98.

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Madyawati Lilis. (2017). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Kencana.

Nurjanah, A. P., & Anggraini, G. (2020). Penggunaan Metode Bermain Peran Guna Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Anak. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 8–15.

Nurtika, E. 2019. Analisis Perkembangan Kecerdasan Interpersonal Anak Dengan Metode Bermain Peran. Japra (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal), 2 (1), 15-24.

Oli Mora Otasia. 2022. Analisis Penanaman Karakter Percaya Diri Anak Usia 4-5 Tahun Metode Bermain Peran Di TK Al-Amanah. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.

Rahim, R. 2018. “Urgensi Pembinaan Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Umum (Ptu)”. Jurnal Andi Djemmal: Jurnal Pendidikan, 1 (1), 17-26.

Ramayulis, (2015). Dasar-Dasar Kependidikan Suatu Pengantar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kalam Mulia.

Saadah, M. Prasetiyo,Y. C & Rahmayati, G. T. 2022. Strategi Dalam Menjaga Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif. Al-‘Adad: Jurnal Tadris Matematika, 1 (2), 54-64.

Safitri, N. Setiawati, S. & Ani, W. 2018. Gambaran Penanaman Kemandirian Pada Anak Usia Dini Oleh Orang Tua Dalam Keluarga. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 6 (1), 84-90.

Sari, I. L Asmawati, L. & Rosidah, L. 2020. Hubungan Kelekatan Orangtua Dengan Kepercayaan Diri Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Sekecamatan Sindang Jaya Kabupaten Tangerang Banten. Jurnal Penelitian Dan Pegembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 7 (1), 23-34.

Saripudin, A. 2019. Analisis Tumbuh Kembang Anak Ditinjau Dari Aspek Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1 (1), 114-130.

Sinaga, R. 2018. Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Societas Dei: Jurnal Agama Dan Masyarakat, 5 (2), 180.

Sudarsana, I. K. 2018. Membentuk Karakter Anak Sebagai Generasi Peneru Bangsa Melalui Pendidikan Anak Usia Dini. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 1 (1).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syamsu Yusuf L. N & Nani M. (2018). Sugandhi. Perkembangan Peserta Didik. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Tesalonika Lasut, F. 2023. Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri Melalui Kegiatan Bermain Peran Anak Usia 5-6 Tahun Di TK YPK ST Theresia Kota Sorong (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong).

Triningtyas, D. A. 2017. Studi Kasus Tentang Rasa Percaya Diri, Faktor Penyebabnya Dan Upaya Memperbaiki Dengan Menggunakan Konseling Individual. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3 (1).

Wahyuni, S. 2017. Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Di Kelompok B RA An-Nida. Jurnal Raudhah, 5 (2), 8-9.

Wardani, I. K. Hafidah, R & Dewi, N. K. 2021. Hubungan Antara Peran Guru Dengan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini. Kumara Cendekia, 9 (4), 225-233.

Wicaksono, R & Putrajaya, N. S, 2020. “Tinjauan Yuridis Pasa 43 Uu No. 58 Tahun 2018 Pelaksanaan Dan Kendala Deradikalisasi Sebagai Upaya Penanggulangan Terorisme”. Spektrum Hukum, 17 (1), 49-58.

Widayati. 2017. Peningkatan kecerdasan interpersonal melalui permainan tradisional pada anak kelompok B. Mediator: Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 4(2), 82-170.

Wisiyati, W. 2016. Pembelajaran Sensorimotor Untuk Anak Autis Di Paud Inklusi Sebuah Tinjauan Psikologis. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1 (2).

Yanto, A. 2015. Metode Bermain Peran (Role Playing) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas, 1 (1), 54.

Yuliani Nurani Sujiono & Bambang Sujiono. (2017). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT Indeks.

Zubaedi. (2017). Strategi Taktis Pendidikan Karakter Untuk PAUD Dan Sekolah. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/tufula.v1i2.7688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :

_______________________________________________

UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : tufula@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/tufula/

AT-TUFULA: Islamic Education Early Childhood Journal © 2025 by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International