Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Desa Pal 30, Kecamatan Lais, Kabupaten Bengkulu Utara
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agung, Albertus. Susanto, Vidi & Aman, 2016. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Pergaulan Teman Sebaya, Media Televisi Terhadap Karakter Siswa SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS. Vol. 3, No. 2.
Aini, Nur Fadilah. dkk. 2023. Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal Pilar: jurnal Kajian Islam Kontemporer. Universitas Muhammadiyah Makasar, Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar. hal 20
Amir Hamzah, Lidia Susanti. 2020. metode penelitian kuantitatif. (Malang: Literasi Nusantara)
Apriyanti, Sesiyana & Annetta, Fiin. 2021. “pengaruh pola asuh orang tua terhadap sosial emosional anak usia”. Jurnal Pendidikan Tambusai.
Arikunto, S. 2016. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik”. Jakarta: Rineka Cipta
Assingkily, Muhammad shaleh & Hardiyati, mikyal. 2019. “analisis perkembangan sosial emosional tercapai dan tidak tercapai siswa usia dasar”. Al-Aulad : journal of islamic primary education, vol. 2, No. 2, hal. 19-31
Desmita. 2019. Psikologi Perkembanga. Bandung: Remaja Rosdakarya
Endah salsabilla. 2022. pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap karakter cinta damai anak di RW 06 Rempoa. Skripsi. Universitas M uhamadiyah Jakarta.
Fany Depita Maharani, Hudaifah, Tiara Cahyani Nafarin. 2023. “pengembangan pendidikan karakter dalam pembelajaran pengatahuan sosial pada anak usia dini”. kumarottama: jurnal pendidikan anak usia dini, Vol. 03, No. 01 hal.44
Garungan. 2018. Psikologi Sosial. Bandung: Rafika Aditama.
Hamzah, Nur. 2015. Pengembangan anak usia dini. Pontianak: IAIN Pontianak.
Hanifa, Syakira. & Lestari, Triana. 2021. “pengaruh teman sebaya terhadap perkembangan emosional anak. Jurnal Pendidikan Tambusai.
Hasnida. 2020. Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Jakarta: Luxima.
Jayanti, diana dwi, 2019, “peran teman sebaya dalam mengembangkan kemampuan berbahasa dan berbicara anak usia dini di sekolah inklusi”, E-Journal UIN Sunan Kalijaga.
Karimudin, Abdullah., Jannah, Misbahul., Dkk,. 2022. metodelogi penelitian kuantitatif. Aceh: yayasan penerbit Muhammad Zaini,
Khadijah., Nurul, zahriani. 2021. Perkembangan sosial anak usia dini teori dan strateginya. Medan: CV. Merdeka kreasi groub.
Kurniawan,Yusuf & Sudrajat, ajat. 2020. “peran teman sebaya dalam pembentukan karakter siswa madrasah tsanawiyah,” SOCIA: Jurnal ilmu-ilmu sosial, vol. 15, No. 2, hal. 149-163
Lutfi rochmatin. 2017. “pengaruh interaksi teman sebaya dan kepercayaan diri terhadap penyesuaian diri santri putri di pondok pesantren putri Al-Ma’ruf Bandar Lor kota Kediri”. Skripsi. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kediri
Mashar, Riana. 2021. Emosi Anak Usia Dini Dan Strategi Pengembangannya. Jakarta: Kencana Medika.
Melinda, A. E., & Izzati, I. 2021. “Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Melalui Teman Sebaya”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 127–131.
Nasution,Nur cahaya,. 2018. “Dukungan teman sebaya dalam meningkatkan motivasi belajar.” Al-Hikmah: jurnal dakwah, vol 12. No 2
Nensi, Marta. 2020. pengaruh teman sebaya terhadap hasil belajar peserta didik di SMP negeri 19 Pontianak. Jurnal pendidikan dan pembelajaran khatulistiwa, Vol 9, No. 10 oktober
Nurhabibah. Ahmad, Anizar. Maidiyah, Erni. 2016. “Perkembangan sosial emosional anak melalui interaksi sosial dengan teman sebaya diPAUD Nurul Hidayah, desa Lampuuk Kabupaten Aceh Besar, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, vol.1, no, 1, hal. 60-67
Nurjannah. 2021. Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Keteladanan. Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwa. 14(1): 52
Nursalim, Mochammad. 2019. “Psikologi Pendidikan”. Bandung: PT Remaja Rosdakary. Persada Press Group.
Patmasari. 2017. "pengaruh teman sebaya terhadap perilaku siswa SDN 68 Cangadi II kecamatan Liliriaja kabupaten Soppeng". Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Pear tree school, “why are peer relationship important for kids”, https://peartree.school/why-are-peer-relationships-important-for-kids/ , akses 3 Maret 2024.
Pebriani, Hesti. 2019. “pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap keaktifan belajar siswa (Penelitian Kuantitatif Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Desa Mekarsari Kecamatan Pasirjambu)”. Skripsi. Universitas Pasundan.
Riani, dkk. 2021. pengaruh teman sebaya terhadap perkembangan kognitif AUD. Buhut Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, volume 1
Sari, Annisa Herlinda. 2016. Peningkatan Perkembangan Emosi Anak Melalui Metode Bercerita Sosial Emosional Ana. e-Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. 4:
Sinay, Eirene. 2017. Hubungan antara Konformitas Teman Sebaya dengan Kecurangan Akademik pada Mahasiswa Maluku di Universitas Kristen. Jurnal Psikologi, vol 1.
Sugiyono. 2019. “metode penelitian kuantitatif”, (Bandung: Alfabeta). hal.300
Suhaida, Putri, & Safri Mardison. 2019. "Pengaruh Teman Sebaya terhadap Konsep Diri Siswa Kelas VIII di MTsN Lembah Gumanti Kabupaten Solok." Jurnal Al-Taujih, vol. 5, no. 1, hal. 25-36
Suhaida, Putri. & Mardison, Safri. 2019. "Pengaruh Teman Sebaya terhadap Konsep Diri Siswa Kelas VIII di MTsN Lembah Gumanti Kabupaten Solok." Jurnal Al-Taujih, vol. 5, no. 1, Jun., pp. 25-36
Sukatin,. Chofifah, Turiyana, Nurul dkk, 2020. “analisis perkembangan emosi anak usia dini”, jurnal ilmiah tumbuh kembang anak usia dini, vol. 5, No. 2, hal. 77-90
Sutrisno, Regina H. 2023. Hubungan Interaksi Sosial Teman Sebaya dengan Perilaku Sosial Anak di PAUD Sentosa Pontianak. Jurnal Ilmiah, PG-PAUD FKIP Universitas Muhammadiyah Pontianak.
Suyadi. 2017. Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Bintang Pusaka Abadi
Sylvia utari. 2021. pengaruh pola asuh orang tua terhadap minat belajar anak usia dini 6-8 tahun didesa Ujan Lama Kabupaten Muara Enim. Skripsi. Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Tatminingsih,Sri. Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Nusa Tenggara Barat, Jurnal Obsesei: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. hal. 484-493
Tim penyusun Kamus Pusat Jakarta, 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi ketiga,(Jakarta: Balai Pustaka, 1164)
Wijayanti, Andin Kharisma. 2016. Hubungan interaksi teman sebaya dengan perilaku konsumtif pada siswa kelas XI SMAN 6 Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negari Yogyakarta
Yamin, & Sunan, Jamila Sabri,. 2013. Panduan PAUD Pendidikan Anak Usia Dini. (Ciputat: Gaung Persada Press Group), h.182.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/tufula.v1i2.7589
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by :

_______________________________________________
UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia
Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172
Email : tufula@mail.uinfasbengkulu.ac.id
https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/tufula/
AT-TUFULA: Islamic Education Early Childhood Journal © 2025 by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International