Gambaran Kecerdasan Linguistik Pada Anak Usia Dini Di Tk Al-Iman Transos Benua Ratu

Oktavia Oktavia

Abstract


Linguistic intelligence refers to the ability to organize thoughts systematically and use language effectively, such as in writing, speaking, and reading. Linguistic intelligence is closely related to verbal skills, whether written or spoken, and their rules. This study aims to understand how young children develop language skills. This research is a qualitative descriptive study. Qualitative descriptive methods involve procedures that produce descriptive data in the form of written or spoken words from people and observed behavior. The findings of the study conclude that the researcher conducted interviews with teachers and parents regarding language development. The role of teachers and parents in linguistic intelligence, both verbally and in writing, is as facilitators and motivators. They can support this development by creating opportunities to encourage children to continuously hone their linguistic abilities.

Keywords


Overview of Linguistic Intelligence

Full Text:

PDF

References


Dhea Agne. 2019. Upaya Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Melalui Media FlashCard Di Tk Asalam 2 Sukame Bandar lampung. (SKRIPSI)

Ellyana Ilsan Eka Putri, Imam Wahyono Rosdiaan Dewi. 2020. Implementasi Metode Sentra Persiapan Dalam Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini IAI Ibrahimy Genteng Bayuwangi

Adi W. Gunawan. 2003. Born to Be a Genius. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Andi Halimah1, Ahmad Bfif 2 Base Ratu. 2018 pengaruh kecerdasan linguistikterhadap hasil belajar mata pelajaran Indonesia(jurnal obsesi)

Dhea Agnes. 2019. Upaya Meningkatkan Kecerdasan Linguistic Anak Usia Dini Melalui Media FlashCard Di Tk Asalam 2 Sukame Bandar lampung. ( SKRIPSI)

Hammerly, Hector. 1982. Synthesis in Second Language Teaching. Blane: Second Language, p. 265.

Hapsa kamarudi. 2019 peningkatan kecerdasan linguistic mrlalui bernyanyi

Iskandar. 2018. Pisikologi pendidikan (Sebuah Orientasi Baru). (Jakarta Gaung PersadaPress), 50.

Skandar. 2019. Pisikologi pendidikan (Sebuah Orientasi Baru). (Jakarta Gaung PersadaPress), 50.

Siti Anisa 1, Syah Kahlif Alam 2.2021 penerapan metode bernyanyi untuk meningkatkan kemampuan bicara anak usia dini pada kelompok Ra Assanususiah(jurnal obsesi)

Khabib Sholeh, dkk. 2016. Kecerdasan Majemuk: Berorientasi Pada Partisipasi Peserta Didik. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar), 25-26.

Kornilia Endelia. 2019.peningkatan komonikasi lisan melalui metode bermain peran pada anak usia5-6 tahun, FKIP Untan :2019.Pontianak, hlm2

Lilis Madyawati. 2016. Strategi Pengembangan.(2016) h. 133

Lilis Madyawati. 2916. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. (Jakarta:Kencana), 23.

Lilis Madyawat. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. (Jakarta:Kencana), 23.

Lisda Yuni Mardiyah Khusna1, Nislam2, Wahyu Purnangsih3, Siti Sarah.2021 implementasi metode bernyanyi dalam mengembangkan kemampuan bicara anak usia 4-6 tahun.

Lenny Nuraeni, Titin Hijaraini. 2023, Stimulasi Kecerdasan Linguistik Anak Kelompok Memalalui Audio Visual Intraktif Pada Pembelajaran Daring ( jawa barat IKIP) 449.

Muhammad Yaumi. 2013. Pembalajaran Berbasis (Multiple Intelligences). (Jakarta: Kencana), 187.

Muhammad Yaumi. 2013.Pembalajaran Berbasis (Multiple Intelligences Jakarta: Kencana), 187.

Muhammad yaumi. 2016. Pembelajaran Berbasis Multiple Intellegences. Jawa tengah: Mangku Bumi

Muhaemin,MA, Yonsen Fitrianto, S.Pd.,M.Pd. 2022. Mengembangkan Potensi Perserta Didik Berbasis Kecerdasan Linguistik , (Indramayu 2022)

Nida’ul Munafiah,2018. Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis multiple intelegenences, jawa tengah ; mangku bumi, 5.

Nurbiana Dhieni, 2012 Metode Pengembangan Bahasa, (Tangerang Selatan: Universitas Terbuka), 2.3-2.5.

Nurbiana Dhieni. 2010. Metode Pengembangan Bahasa. (Jakarta: Universitas Terbuk), 4.1-4.2

Nurbiana Dhieni.2010. Metode Pengembangan Bahasa. 1.21-1.22

Ni lu komang mulya dewi. 2020 Pengaruh penerapanmetode beryanyi bagi kecerdasan lingusstik verbal pada anak kelompok B TkK kumarah bnhuana paguyangan denpasr utara,jurnal obsess, (denpasar2020)

Novi Ulandari. 2017 meningkatkan kecerdasan lingustik melalui metode bernyanyi pada anak kelompok A Tksandy putra Surakarta tahun ajaran 2013/2014,(Surakarta)

Nurdin Ibrahim. 2013. Muhammad Yaumi, Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak. (Jakarta )

Rahayu. 2017. Pengembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. (Yogyakarta: Kalimedia). 20-21

Rania Putri. 2021. Kecerdasan Verbal Linguistic Anak Usia Dini Pengembangan Kecerdasan Majemuk, Universirtas sebelas maret surakatra

Rozalina, F. A., & Muryanti, E. (2020). Mendongeng dengan Power Point dalam

Mengembangkan Kecerdasan Verbal Linguistic Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2012), 1182–1188

Sri Rahayu. 2017 Pengembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. (Yogyakarta: Kalimed, 107

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. (Yogyakarta: Pedagoga, 2010), 151.

Yuliani Nurani Sujiano, Bambang Sujion. 2017 bermain kereatif berbasis kecerdasan jamak. Jakarta.56.

Yuliani Nurani Sujion. 2018. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. (Jakarta: PT. Indeks), 185.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/tufula.v1i1.6955

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :

_______________________________________________

UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : tufula@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/tufula/

AT-TUFULA: Islamic Education Early Childhood Journal © 2025 by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International