Pengaruh Metode Storytelling dengan Media Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Menyimak dan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di TK Hang Tuah Perwakilan Bengkulu
Abstract
Full Text:
PDFReferences
ALIMNI, Alimni; Apriani, Yeti; Zulkarnain, Nur Fitriya., ‘Penggunaan Media Buku Cerita Islami Dalam Meningkatkan Perkembangan Agama Dan Moral Di Labschool Audifa Kota Bengkulu.’, Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2024
Amelia, Dina, ‘Upaya Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Storytelling Slide and Sound’, Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 2.1 (2021), 22
Amin Alfauzan, ‘Implementasi Bahan Ajar Pai Berbasis Sinektik Dalam Percepatan Pemahaman Konsep Abstrak Dan Peningkatan Karakter Siswa Smp Kota Bengkulu’, Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2021, 2013–15
Amin, Alfauzan, ‘Pengembangan Bahan Ajar Pai Pokok Bahasan Aspek Akidah Berbasis Pembelajaran Metafora Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Smpn 17 Kota Bengkulu’, Manhaj: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3.1 (2019), 31
Amin, Alfauzan, and Alimni, Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Kebudayaan Islam Berbasis Deep Dialog and Critical Thinking Dan Peningkatan Karakter Siswa Madrasah Tsanawiyah, 2019
Asridha Bahrun, Nurul, Erwin Akib, Tarman A Arief, and Uyunnasirah Hambali, ‘Pengaruh Metode Story Telling Dengan Media Panggung Bonekaterhadap Bercerita Siswa Kelas IV UPT SPF SD Negeri Sangir Makassar’, Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 7.1 (2022), 1385–94
Bahri, Husnul, Konsep Tumbuh Kembang Dan Kompetensi Pendidikan Anak Usia Dini, ed. by Brian, 1st edn (bengkulu: Penerbit Vanda, 2016)
———, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, ed. by Ilham Abdullah (bengkulu: Penerbit CV.Zigie Utama, 2019)
———, ‘Strategi Komunikasi Terhadap Anak Usia Dini’, XI.1 (2018), 48–57
Cendikia, Tim Pena, Panduan Mendongeng (Jawa Tengah: Gazza Media, 2013)
dapartemen pendidikan nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia (jakarta: balai pustaka, 2007)
darmawan, deni, Metode Penelitian Kuantitatif (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013)
Deni, Febrini, Psikologi Perkembangan (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017)
Dkk, Dhieni Nurbiana, Metode Pengembangan Bahas, Tanggerang (Universitas Terbuka, 2018)
Fitri, Dita, Masnipal Marhun, and Dinar Nur Inten, ‘Meningkatkan Kemampuan Menyimak Melalui Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Riyadhul Ulfah’, Bandung Conference Series: Early Childhood Teacher Education, 2.2 (2022), 79–86
gunawan, wahyu madya, Strategi Bercerita Kepada Anak (yogyakarta: C Klik Media, 2018)
Henry Guntur, Tarigan, Berbicara : Sebagai Keterampilan Suaru Bahasa (Bandung: Angkasa, 2009)
Hidayatullah, R A, Benowo Surabaya, R A Hidayatullah, R A Hidayatullah, R A Hidayatullah, And Kata Kunci, ‘Pemanfaatan Media Pembelajaran Boneka Tangan Pada Tema Binatang Pemanfaatan Media Pembelajaran Boneka Tangan Pada Tema Binatang Program Studi Teknologi Pendidikan , Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Surabaya , 1 Harto_Wekwek@Yahoo.Co.Id Progra’, 2010
Indahyani, Ni Wyn Tara, Ni Wyn Suniasih, and I Wyn Wiarta, ‘Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Buku Bergambar Untuk Pengembangan Kemampuan Berbahasa Anak Kelompok B’, E-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 2.1 (2014), 5
Intan Permanik, ‘Peningkatan Kemampuan Menyimak Dan Berbicara Anak Usia Dini Melaluimodel Dialogic Reading’, 1.1 (2004), 39–48
kak bimo, Mahir Mendongeng Membangun Dan Mendidik Karakter Anak Melalui Cerita, (yogyakarta: Pro U Media, 2011)
Kebudayaan, Kementrian pendidikan dan, Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2015
Kusbudiyah, Yayah, ‘Peningkatan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Melalui Kegiatan Sandiwara Boneka Pada Mata Diklat Praktek Pembelajaran Di Raudhatul Athfal (Ra)’, Tatar Pasundan: Jurnal Diklat Keagamaan, 12.33 (2018), 130–37
Maulita, Tria, Anita Chandra, and Mila Karmila, ‘Pengaruh Metode Bermain Peran Mikro Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Di TK-KB-TPA Daqu School Semarang Tahun Ajaran 2017/2018’, PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 7.1 (2018), 65–77
Mei, No, Rahma Dita, Alamat Jl, William Iskandar, Medan Estate, Kec Percut, and others, ‘Pengaruh Model Storytelling Terhadap Kemampuan Menyimak Cerita Bergambar Pada Siswa Kelas V MIS Insan Ikhlas Islamic School Medan Sapri Sapri Lailatun Nur Kamalia Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Indikator Anak Dapat Mendengarkan Cerita Yan’, 2.2 (2024)
Muallifah, ‘Storytelling Sebagai Metode Parenting’, Jurnal Psikoislamika, 10 (2018), 6
Mursid, Pengembangan Pembelajaran PAUD (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017)
Musbihin, Iman, Buku Pintar PAUD (yogyakarta: Laksana, 2004)
Mustakim, muh., nur, Peranan Cerita Dalam Pembentukan Perkembangan Anak TK (jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Jendral Pendidikan Nonformal dan Informal Dapartemen Pendidikan Nasional, 2005)
Novita, Evlin, Wusono Indarto, and Devi Risma, ‘Pengaruh Metode Bercerita Buku Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Tadika Puri Pekanbaru’, Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3.2 (2018), 1–9
Nurgiyantoro, Burhan, Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia (yogyakarta: BPFE, 1995)
Al Qudsy, Muhaimin, Mendidik Anak Lewat Dongeng (yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani, 2016)
Samosir, Lediman Br, Julita Herawati, and Rotua Samosir, ‘Pengaruh Metode Storytelling Terhadap Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Pembina HKBP Tarutung’, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 1.6 (2023), 107–22
Saodi, Syamsuardi, Muhammad Akil Musi, Arifin Manggau, and Noviani Noviani, ‘Metode Storytelling Dengan Musik Instrumental Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Dan Berbicara Anak’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6.1 (2021), 163–72
Sari, fesi purnama, ‘Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun’, הארץ, 8.5.2017, 2022, 2003–5
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2013)
suhartono, Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini (jakarta: Dapartemen pendidikan nasional direktorat jendral pendidikantinggi direktorat pembinaan pendidikan tenaga kependidikan dan ketenagaan perguruaan tinggi, 2005)
Susanto, Ahmad, Perkembangan Anak Usia Dini, 4th edn (Jakarta: Kencana, 2014)
Tanjung, Yanti, Menyiapkan Anak Tangguh (Bogor: Al Azhar Fresh Zone, 2016)
Veryawan, Veryawan, and Jellysha Jellysha, ‘Kemampuan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Kata Orak-Arik’, Aṭfāluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3.1 (2020), 13–22
Winda, Elvis, Nepi Apriana, and Alimni Dahlan, ‘Ar-Raihanah : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume 3 Nomor 2 Desember 2023 , Pages 257-265 ISSN : 2830-5868 ( Online ); ISSN : 2614-7831 ( Printed ); Peran Guru Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Di TK Al-Fadilah Kota Bengkulu’, 3 (2023), 257–65
Winda, Nungtjik B., Mendongeng Untuk Anak Usia Dini (Tanggerang Selatan: Aksara Pustaka Edukasi, 2016)
Yuliana, ‘Pengembangan Buku Cerita Bergambar Sebagai Bahan Ajar Dalam Perkembangan Moral Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak Islamiyah Desa Tanjung Raja’, Skripsi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2018, 2018
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/tufula.v1i1.5603
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by :

_______________________________________________
UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia
Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172
Email : tufula@mail.uinfasbengkulu.ac.id
https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/tufula/
AT-TUFULA: Islamic Education Early Childhood Journal © 2025 by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International