AKAL DAN WAHYU DALAM PEMIKIRAN M. QURAISH SHIHAB

Yuhaswita Yuhaswita

Abstract


Reason according to M. Quraish Shihab sense is the thinking power contained in man and is a manipation of the human soul. Reason is not understood materially but reason is understood in the abstract so that sense is interpreted a thinking power contained in the human soul, with this power man is able to gain knowledge and be able to distinguish between good and evil. Revelation according to M. Quraish Shihab, is the delivery of God’s Word to His chosen people to be passed on to human beings to be the guidance of life. God’s revelation contains issues of aqidah, law, morals, and history. Furthermore, M. Quraish Shihab reveals that human reason is very limited in understanding the content of Allah’s revelation, because in Allah’s revelation there are things unseen like doomsday problems, death and so forth. The function of revelation provides information to the sense that God is not only reachable by reason but also heart.

Keywords


roblematika, nikah siri, rumah tangga

References


M. Quraish Shihab, Membumikan Al-Qur’an, Fungsi dan Peran Wahyu Dalam Kehidupan Masyarakat, (Bandung: Mizan, 1994), cet. VI, h. 14

http://id.wikipedia.org/wiki/Muhammad Quraish Shihab

M. Quraish Shihab, Membumikan, op. cit, h. i

Persoalan yang ditanyakan masyarakat kepada M. Quraish Shihab masalah bagaiman hukumnya puasa tapi tidak sholat, M. Quraish shihab menanggapi bahwa antara kewajiban melakukan ibadah sholat dan kewajiban ibadah puasa mempunyai bobot tersendiri dari masing-masing bentuk ibadah. Jika seseorang melaksanakan ibadah puasa tetapitidak melaksanakan sholat…. Lebih lanjutnya lihat , M, Quraish Shihab, M. Quraish Shihab menjawab 1001 Soal Keislaman Yang Patut Anda Ketahui, (Jakarta: Lentera Hati, 2008), cet. I, h. 170

Harun nasution, Akal dan wahyu dalam Islam, (Jakarta:UI Press, 1986), h. 5

M. Mahmud Yunus, Kamus Bahasa Arab-Indonesia, h. 375

Syahrin Harahap, Ensiklopedi Aqidah Islam, (Jakarta: Prenada Media, 2003), h. 34

Harun Nasution, Ensiklopedi Islam, (Jakarta: Djembatan, 1993), h. 103

Sirajuddin Zar, Teologi Islam, Aliran Dan Ajarannya, (Padang:IAIN Press, 2003), h. 97 Lihat juga Muhammad ‘Abdullah asy Syarqawi, Sufisme dan akal, (Bandung, Pustaka Hidayah, 2003), h. 115. Salah seorang tokoh filsafat yaitu al farabi mengistilahkan akal dengan al ‘aqal al ‘amali (akal praktis dan al quwwah al mufakkirah al mudabbirah (potensi berpikir dan merenung), akal dalam diri manusia dapat bertambah dan berkembang dalam diri manusia sesuai dengan perjalanan waktu. Dengan akal manusia mampu mempertimbangkan hal-hal yang baik dan menyingkirkan hal yang buruk.

Kata ËÙÑ terdapat 30 ayat lebih diantaranya: Maka apakah mereka tidak melihat akan langit yang ada di atas mereka, bagaimana kami meninggikannya dan menghiasinya dan langit tidak mempunyai retak-retak sedikitpun. (QS. Qaf [50]: 6-7); Kata ÊÏ ÈÑ yaitu: Maka apakah mereka tidak memperhatikan al-Qur’an ataukah hati mereka terkunci. (QS. Muhammad [47]:24); Kata ÊÝßÑ Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia, Sesungguhnya yang pada demikian itu benar-benar terdapat tanda Kebesaran Tuhan bagi orang-orang yang memikirkan.(QS. An Nahl [16]: 9); Kata ÊÐßÑ Katakanlah, “adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang mengetahui?, sesungguhnya orang-orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran. (QS. Az-Zumar [39]:9).

M. Quraish Shihab, Logika, h. 87

M, Quraish Shihab, Dia, h. 613 M. Quraish Shihab, Secercah Cahaya Ilahi, Hidup Bersama Al Qur’an , (Jakarta,Lentera Hati), 2007, h. 463

M. Quraish Shihab, Logika, h. 136

Ibid, h. 467

Ibid, h, 121

Departemen Agama RI, Al Qur’an dan Terjemahannya,( Semarang, PT Karya Toha Putra: 2002), h. 594

Departemen Agama RI, Al Qur’an dan Terjemahannya,( Semarang, PT Karya Toha Putra: 2002), h. 595

M. Quraish Shihab, Logika, h. 88

M. Quraish Shihab, Logika,h. 87

M. Quraish Shihab, Logika,h. 121

Syahrin Harahap, Ensiklopedi Aqidah Islam, (Jakarta: Prenada Media, 2003), h. 469

AHarun Nasution, Akal dan Wahyu Dalam Islam, (Jakarta:UI Press, 1986), h. 15

Kadar M. Yusuf, Studi Al Qur’an, (Jakarta, Amzah, 2010), cet ke 2, h. 166

Departemen Agama RI, Al Qur’an dan Terjemahannya,( Semarang, PT Karya Toha Putra: 2002), h. 578

Departemen Agama RI, Al Qur’an dan Terjemahannya,( Semarang, PT Karya Toha Putra: 2002), h. 30

Kadar M. Yusuf, Studi, h. 173

M. Quraish Shihab, Menyingkap, h. xxxii

M. Quraish Shihab, Secercah, h. 463 Kami akan memperlihatkan kepada mereka ayat-ayat kami di segenap ufuk dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa Ia adalah Haq/benar. (QS. Fushilat [41]:53).

M. Quraish Shihab, Tafsir, vol.12, h. 441

M. Quraish Shihab, Logika, h. 111

M. Quraish Shihab, Logika, h. 87

M. Quraish Shihab,Menyingkap Tabir Ilahi, Al Asma’ Al Husna Dalam Perspektif Al Qur’an, (Jakarta, Lentera Hati), 1998, h. 347

M. Quraish Shihab, Tafsir, vol.7, h. 170

M. Quraish shihab, Tafsir, vol.5.h. 84

æóíóæúãó íõäÝóÎõ Ýöí ÇáÕøõæÑö ÝóÝóÒöÚó ãóä Ýöí ÇáÓøóãóÇæóÇÊö æóãóä Ýöí ÇáúÃóÑúÖö ÅöáøóÇ ãóä ÔóÇÁ Çááøóåõ æóßõáøñ ÃóÊóæúåõ ÏóÇÎöÑöíäó - Dan ingatlah hari ketika ditiup sangkakala, maka terkejutlah segala yang di langit dan segala yang di bumi, kecuali siapa yang dikehendaki Allah, Dan semua mereka datang menghadap-Nya dengan merendahkan diri. (QS. An-Mal[27]:87]Pada hari bumi dan gunung-gunung bergoncangan,dan menjadilah gunung-gunung itu tumpukan-tumpukan pasir yang berterbangan. (QS. Al Muzzamil[73]:14

íóæúãó Êóßõæäõ ÇáÓøóãóÇÁ ßóÇáúãõåúáö -QS. Al Ma’Arij [70]:8

M. Quraish Shihab, Logika, h. 103

Departemen Agama RI, Al Qur’an dan Terjemahannya,( Bandung, Gema Risalah Press, 1989) h. 1022




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/syr.v17i1.909

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 SYI'AR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Syi'ar published by UINFAS Bengkulu and disseminated through lisencing below Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

__________________________________________________

JURNAL ILMIAH SYI'AR
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Raden Fatah Street, District of Pagar Dewa, Bengkulu City, 38211
Bengkulu, Sumatra, Indonesia