The Application of Crisis Counseling in Shaping the Adolescent Self-Concept of the Family Broken Home

Asti Haryati, Usta Andini, Hefika Juipa Beta, Marisa Anggraini

Abstract


Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui dan memberi informasi tentang konsep diri remaja dalam keluarga broken home. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan subjek penelitian memiliki proses penerimaan diri dengan kondisi keluarga mereka berbeda-beda, namun mengarah ke konsep diri positif. Proses penerimaan kondisi keluarga broken home ini dipengaruhi oleh kehidupan subjek yang mampu menyesuaikan diri dalam lingkungannya, mulai membuka diri seperti menerima masukan dari orang lain, serta mengangap bahwa dirinya memiliki hak yang sama yaitu memperbaiki kualitas dan kemampuan diri. Kemudian dalam aspek dimensi konsep diri, keseluruhan subjek mengembangkan pengetahuan terhadap diri sendiri, pengharapan dan penerimaan (penilaian) tentang diri sendiri.

Keywords


Konseling Krisis, Konsep diri Remaja, Broken home

Full Text:

PDF

References


Alfiana, I. (2018). Penerimaan Diri Remaja Keluarga Broken Home Di Balai Pelayanan Sosial Asuhan Anak Budhi Sakti Banyumas. Skripsi.

Anggriaty, R. L. (2020). Konsep Diri Pada Remaja Dari Keluarga Broken Home. Skripsi. http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/919

Fatchurrahmi, R., Sholichah, M. (2020). Mindfulness for Adolescents from Broken Home Family. Nternational Journal of Latest Research in Humanities and Social Science (IJLRHSS), 04(02), 60–65.

Fauziah, M. (2017). Urgensi konseling krisis dalam bimbingan dan konseling. Seminar Nasional Bimbingan Konseling Universitas Ahmad Dahlan, 2, 320–325.

Hasriani, & Zakiyah, A. (2018). Layanan Konseling Dalam Membentuk Konsep Remaja Broken Home. Al-Isyraq: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Dan Konseling Islam, 1(2), 63–74.

Heriansyah, M. (2016). Konseling Krisis untuk Mengatasi Trauma pada Anak Korban Perceraian Orang Tua (pp. 892–899). LP3M Universitas Mulawarman. http://repository-ds.unmul.ac.id:8080/handle/123456789/955

Kusmaryani, R. E., Fathiyah, K. N., & Sugiyanto. (2012). Konseling Krisis Sebagai Upaya Penanganan Masalah Psikologis Remaja Di Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Dalam Rangka Dies Natalis Ke-48 Universitas Negeri Yogyakarta, 367–378.

Masselink, M., Van Roekel, E., & Oldehinkel, A. J. (2018). Self-esteem in Early Adolescence as Predictor of Depressive Symptoms in Late Adolescence and Early Adulthood: The Mediating Role of Motivational and Social Factors. Journal of Youth and Adolescence, 47(5), 932–946. https://doi.org/10.1007/s10964-017-0727-z

Pratiwi, I. W., & Handayani, P. A. L. (2020). Konsep Diri Remaja yang Berasal dari Keluarga Broken Home. Jp3Sdm, 9(1), 17–32.

Rahayu, W. D. & M. F. (2018). Gambaran Konsep Diri Siswi yang Mengalami Broken Home. Fokus (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 1(2), 52–57.

Rizkalla, N., Zeevi-Barkay, M., & Segal, S. P. (2021). Rape Crisis Counseling: Trauma Contagion and Supervision. Journal of Interpersonal Violence, 36(1–2), NP960–NP983. https://doi.org/10.1177/0886260517736877

Rozzaqyah, F. (2020). Urgensi Konseling Krisis dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 0(0), 136–143. http://conference.um.ac.id/index.php/bk2/article/view/91%0Ahttp://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/snbk/article/view/1146

Sejati, S. (2019). Implikasi Egosentris Dan Spiritual Remaja Dalam Mencapai Perkembangan Identitas Diri. Jurnal Ilmiah Syi’ar, 19(1), 103. https://doi.org/10.29300/syr.v19i1.2269

Setiawan, A., & Allizamar, A. (2019). Relationship Between Self Control And Bullying Behavior Trends In Students Of SMP N 15 Padang. Jurnal Neo Konseling, 1(4), 1–7. https://doi.org/10.24036/00182kons2019

Windari, R. (2017). Konsep Diri Siswa Yang Berasal Dari Keluarga Broken Home ( Studi Kasus Siswa Kelas Vii Di Uptd Smp Negeri 1 Mojo Kediri Tahun Pelajaran 2016 / 2017 ) the Concept of Self Students Who Come From a Broken Home ( Case Study of Class Vii in Uptd Smp Negeri 1 M. Artikel Sikripsi.

Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Kualitatif dalam Persfektif Bimbingan dan Konseling. Quanta, 2(2), 83–91. https://doi.org/10.22460/q.v2i1p21-30.642




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/syr.v21i2.7734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Syi'ar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Syi'ar published by UINFAS Bengkulu and disseminated through lisencing below Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

__________________________________________________

JURNAL ILMIAH SYI'AR
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Raden Fatah Street, District of Pagar Dewa, Bengkulu City, 38211
Bengkulu, Sumatra, Indonesia