Customer vs Citizens: Memperkuat Positioning Mahasiswa dalam Manajemen Pelayanan dan Reformasi Birokrasi Perguruan Tinggi Islam

M. Rosyid Ridha, Bayu Mitra A. Kusuma, Munif Solikhan

Abstract


Istilah world class university menjadi trending topic di lingkungan pendidikan tinggi di Indonesia. Salah satu prodi di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang mengusung visi tersebut secara serius adalah Program Studi Manajemen Dakwah di bawah naungan Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Program studi ini terus menggenjot upaya internasionalisasi institusi melalui berbagai kegiatan akademik dan kolaboratif. Namun pertanyaannya, apakah penguatan eksternal tersebut telah diimbangi dengan penguatan internal, dalam hal ini manajemen pelayanan dan reformasi birokrasi kampus. Berdasarkan hal tersebut, timbul pertanyaan lebih lanjut tentang bagaimana posisi mahasiswa sebagai pengguna jasa, apakah diperlakukan sebagai pelanggan atau warga negara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif. Hasil analisis komparatif berdasarkan teori New Public Management dan New Public Service menunjukkan bahwa dalam manajemen pelayanan dan reformasi birokrasi di Prodi Manajemen Dakwah, mahasiswa lebih diperlakukan sebagai warga negara, bukan sebagai pelanggan. Hal ini terlihat dari beberapa poin temuan seperti: (1) pelayanan tidak didasarkan pada kepentingan individu, melainkan mahasiswa secara keseluruhan berdasarkan prinsip kesetaraan, (2) pemberian layanan dilakukan secara adil sesuai dengan kondisi dan kebutuhan atau mengutamakan inklusivitas, (3) pelayanan tidak berorientasi pasar dimana program studi membuka ruang negosiasi seluas-luasnya untuk kepentingan masing-masing mahasiswa, memberikan akses dan respon terhadap berbagai keluhan mahasiswa, dan (4) memperhatikan berbagai aspek pelayanan seperti akuntabilitas dalam hukum, nilai-nilai kemasyarakatan, norma politik, standar profesi, dan pemenuhan kepentingan mahasiswa sebagai warga negara.

Keywords


Mahasiswa, Manajemen Pelayanan, Reformasi Birokrasi, Perguruan Tinggi Islam

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, Angga Dewi, “Marketing Plan Sebagai Upaya Pencapaian Strategi Pemasaran Perguruan Tinggi Swasta”, BIEJ - Business Innovation and Entrepreneurship Journal Vol. 1 No. 1, 2019.

Arkoun, Muhammad, Nalar Islam dan Nalar Modern: Berbagai Tantangan dan Jalan Baru, Jakarta: INIS, 1994.

Astuti, Retno Sunu, “Pengembangan Kapasitas: Strategi Internasionalisasi Pendidikan Tinggi di Indonesia”, Gema Publica: Jurnal Manajemen dan Kebijakan Publik Vol. 2 No. 1, 2016.

Creswell, John W., Qualitative Inquiry and Research Design, New York: Sage Publications, 1998.

Denhardt, Robert B. dan Denhardt, Janet V., The New Public Service: Serving, Not Steering, New York: M. E. Sharpe, 2000.

Dwiyanto, Agus, Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2008.

Kusuma, Bayu Mitra A., “Kebijakan Publik Pro Dakwah: Strategi dalam Mengawal Transisi Masyarakat”, Ahmad Izudin dan Bayu Mitra A. Kusuma (eds.), Dakwah Milenial: Dari Kajian Doktrinal Menuju Transformasi Sosial, Yogyakarta: Samudra Biru dan PSDT FDK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017.

Kusuma, Bayu Mitra A., “Membumikan Dynamic Governance dalam Meningkatkan Profesionalisme Manajemen Penyelenggaraan Haji”, Journal of Public Sector Innovation Vol. 1 No. 1, 2016.

Kusuma, Bayu Mitra A. dan Octastefani, Theresia, “Implementasi Program Jaminan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Banyuwangi (JPKMB) dalam Mewujudkan Pelayanan Kesehatan Primer Bagi Seluruh Lapisan Masyarakat”, IJPA – The Indonesian Journal of Public Administration Vol. 2 No. 1, 2015.

Miles, Matthew B. dan Huberman, Michael A., Qualitative Data Analysis: A Source Book of New Methods, London: Sage Publication, 1998.

Moleong, Lexi J., Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

Nur’aini, Hanifah dan Fatimah, Siti, “Perbedaan Tingkat Kepuasan Mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah pada Konsentrasi Manajemen Lembaga Keuangan Islam (MLKI) dan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)”, Jurnal Manajemen Dakwah Vol. 1 No. 1, 2015,.

Osborne, David dan Gaebler, Ted, Reinventing Government: How the Entrepreneurial Spirit is Transforming the Public Sector, New York: Penguin, 1993.

Putra, I Komang Mahayana dan Yasa, Nyoman Kerti, “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa, Citra, dan Positive Word of Mouth Politeknik Negeri Bali”, Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 11 No. 1, 2015.

Ridla, M. Rosyid, Kusuma, Bayu Mitra A., dan Solikhan, Munif, “Mainstreaming Jurnal Ilmiah Sebagai Platform Pengembangan Kurikulum Manajemen Dakwah”, Jurnal Manajemen Dakwah Vol. 3 No. 2, 2017.

Said, Mas’ud, Birokrasi di Negara Birokratis: Makna, Masalah, dan Dekonstruksi Birokrasi Indonesia, Malang: UMM Press, 2012.

Taman, Abdullah, “Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta”, Jurnal Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen Indonesia Vol. 2 No. 1, 2013.

Yuniarti, Yenny, “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Ekstensi Fakultas Ekonomi Universitas Jambi”, Jurnal Ekonomi Trikonomika Vol. 13 No. 1, 2017.

Zulfa, Umi, “Transformasi Internasionalisasi Perguruan Tinggi Menuju World Class University”, Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. III No. 1, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/syr.v21i1.7725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Syi'ar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Syi'ar published by UINFAS Bengkulu and disseminated through lisencing below Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

__________________________________________________

JURNAL ILMIAH SYI'AR
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Raden Fatah Street, District of Pagar Dewa, Bengkulu City, 38211
Bengkulu, Sumatra, Indonesia