Rational Emotive Therapy untuk Remaja Berpikiran Negatif: Elaborasi Doktrin QS At-Tin : 4

Ahmad Putra

Abstract


Penelitian ini menjelaskan upaya rational emotive therapy untuk remaja berpikiran negatif terhadap tubuhnya yang tidak ideal. Imbas dari pikiran negatif, klien merasa putus asa dan kecewa sehingga merasa tidak ada kesempatan untuk menggapai keinginan menjadi anggota kepolisian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang kemudian dianalisa menggunakan deskriptif komparatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Setelah data terkumpul, lalu dianalisis untuk mengetahui proses konseling dengan rational emotive therapy dan dielaborasikan dengan At-Tin ayat 4. Lalu tidak lupa membandingkan sebelum dan sesudah dilakukannya proses konseling. Proses konseling dengan rational emotive therapy dilakukan dengan langkah: identifikasi masalah, diagnosis, prognosis,terapi, dan evaluasi. Hasil yang ditemukan setelah dilakukannyaproses konseling dan dielaborasikan dengan At-Tin ayat 4 ialah klienmenyadari bahwa apa yang ia persepsikan selama ini adalah salah.Kemudian, berniat untuk berpikir rasional dalam menghadapi sebuah permasalahan. Anggapan negatif yang muncul pada pikiran klien hanya akan menjadi sebuah beban dan penghambat dalam mencapai sebuah cita-cita. Pada akhirnya, klien termotivasi untuk berusaha mencapai cita-citanya dengan cara rajin berolahraga, tidak cepat berburuk sangka dengan bentuk tubuh, belajar untuk bersyukur dengan tubuh yang Allah SWT beri, tidak mengeluh, menjaga pola makan dan klien yakin tidak ada yang tidak mungkin bila ada usaha dari hati.


Keywords


Rational emotive therapy, remaja, pikiran negatif, doktrin Islam.

Full Text:

PDF

References


Albaar, Hoiruddin Ragwan, “Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Persepsi Negatif

Siswa Terhadap Guru Bk Melalui Terapi Rasional Emotif Di SMP Jati Agung

Sidoarjo,” Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam 04, no. 01 (2014): 95–105.

Amani, “Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Memotivasi Belajar Siswa SMP N 15

Yogyakarta,” HISBAH: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam 15, no. 1 Juni

(2018): 20–34.

Batubara, Jose RL, “Adolescent Development (Perkembangan Remaja),” Sari Pediatri 12, no.

Juni (2010): 21–29.

Corey, Gerald, Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi, Bandung: Refika Aditama, 2013.

Gunarsa, Singgih D., Konseling dan Psikoterapi, Jakarta: Gunung Mulia, 1992.

Dewi Ida Ayu Diah Padma, Ni Nengah Madri Antari, dan Nyoman Dantes, “Penerapan

Konseling Kognitif Sosial Dengan Teknik Role Playing Untuk Mengembangkan Sikap

Empati Pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Singaraja Tahun Ajaran 2013/2014,”

e-journal Universitas Pendidikan Ganesha2 2, no. 1 (2014): 1–11.

Fatimah, Siti, “Penerapan Teknik Student Team Archive Division (Stad) Dalam Memahami

Materi Bacaan Al-Qur’an Surah Al Hujurat Ayat 12 Dan Ayat 10 di Kelas X DPIB 3

SMK Negeri 1 Jamblang Kabupaten Cirebon,” Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia 4,

no. 3 Maret (2019): 167–178.

Herabadi, Astrid Gisela, “Hubungan Antara Kebiasaan Berpikir Negatif Tentang Tubuh

Dengan Body Esteem Dan Harga Diri,” Makara: Sosial Humaniora 11, no. 1 Juni (2007):

–23.

Jahja, Yudrik, Psikologi Perkembangan, Jakarta: Kencana, 2011.

Jannah, Miftahul, “Remaja Dan Tugas-Tugas Perkembangannya Dalam Islam,” Jurnal

Psikoislamedia 1, no. 1 April (2016): 243–256.

Lubis, Namora Lumongga, Memahami Dasar-dasar Konseling Dalam Teori dan Praktik,

Jakarta:Kencana, 2011.

Muawanah Elis dan Yusria Ningsih, “Bimbingan Konseling Keluarga Dengan Loving

Kindness Therapy Dalam Meningkatkan Regulasi Emosi,” Jurnal Bimbingan dan

Konseling Islam 03, no. 2 (2013): 152–162.

Moleong, Lexy J, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2005.

Nazir, Moh, Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1988.

Novia Dinda Rizki, Terapi Rasional Emotif Dalam Menangani Pikiran Negatif Seorang Anak

Terhadap Ayah Tirinya Di Yayasan Hotline Surabaya, Skripsi, Surabaya 2008, tidak

dipublikasikan.

Permadi, Deddy, Konsep Ahsan Taqwim dalam Surat At-Tin Ayat 4 (Studi Tentang Disabilitas),

Skripsi, Medan: Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir UIN Sumatera Utara, 2019.

Putro, Khamim Zarkasih, “Memahami Ciri Dan Tugas Perkembangan Masa Remaja,”

Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama 17, no. 1 (2017): 25–32.

Putra Ahmad dan Prasetio Rumondor, “Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah

Kenakalan Siswa (Studi Kasus Di MA Muhammadiyah Lakitan Sumatera Barat),”

Jurnal Educative: Journal of Educational Studies 4, no. 1 Januari (2019): 81–94.

Putra, Ahmad, “Motivasi Marbut Masjid Di Kelurahan Anduring Kecamatan Kuranji Kota

Padang (Studi Terhadap Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang),” Nuansa Jurnal

Penelitian Ilmu Sosial dan Kegamaan Islam 16, no. Juli (2019): 223–235.

Putra, Ahmad, “Metode Konseling Individu Dalam Mengatasi Bolos Sekolah Siswa Kelas

VIII SMPN 3 Lengayang Sumatera Barat,” Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan

Dakwah Islam 16, no. 2 Desember (2019): 112–126.

Rahman, Imas Kania, “Konsep Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (Rebt)

Berbasis Islam Untuk Membangun Perilaku Etis Siswa,” Genta Mulia VIII, no. 2 Juli

(2017): 13–26.

Rahmayani Andi dan Syisnawati, “Mengontrol Pikiran Negatif Klien Skizofrenia Dengan

Terapi Kognitif,” Journal of Islamic Nursing, Vol. 3, no. 1 Juli (2018): 46–54.

Saputra, Andi Tri, “Konsep Intelijen dan Penafsiran Kontekstualitas Terhadap Q.S Al-

Hujarat Ayat 12 (Aplikasi Metode Penafsiran Kontekstualis Abdullah Saeed,” Nun 5,

no. 2 (2019): 93–125.

Saeed, Abdullah, Al-Qur’an Abad 21: Tafsir Kontekstual, terj. Ervan Nurtawab, Bandung:

Mizan, 2016.

Sukardi, Dewa Ketut, Pengantar Teori Konseling; Suatu Uraian Ringkas, Jakarta: Ghalia

Indonesia, 1985.

Sulistyarini dan Mohammad Jauhar, Dasar-dasar Konseling, Jakarta: Prestasi Pustakarya:

Syafe’I, Isop “Aplikasi Rasional Emotif Terapi Dalam Memperbaiki Perilaku Membolos

Siswa,” Psympathic, Jurnal Ilmiah Psikologi III, no. 2 (2010): 216–222.

Tim Pustaka Phoenik, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Terj. Edisi Baru, Jakarta : 2009.

Walgito, Bimo, Bimbingan Konseling Studi dan Karir, Yogyakarta: CV Andi Offset, 2010.

Wiladantika Kadek Pigura, I Ketut Dharsana, dan Kadek Suranata, “Penerapan Konseling

Behavioral Dengan Teknik Modeling Untuk Meminimalisir Perilaku Agresif Siswa

Kelas XI Bahasa SMA Negeri 2 Singaraja,” e-journal Undiksa Jurusan Bimbingan

Konseling 2, no. 1 (2014): 1–11.

Willis, Sofyan S., Konseling Individual Teori dan Praktek, Bandung: Alfabeta, 2014.

Yusuf, Muri, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan, Jakarta:

Prenadamedia Group, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/syr.v20i1.7170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Syi'ar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Syi'ar published by UINFAS Bengkulu and disseminated through lisencing below Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

__________________________________________________

JURNAL ILMIAH SYI'AR
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Raden Fatah Street, District of Pagar Dewa, Bengkulu City, 38211
Bengkulu, Sumatra, Indonesia