Dampak Gadget Pada Anak Usia Dini Terhadap Penguasaan Baca Tulis Al-Qur’an

M. Syahrul Anwar, Habibia Adama

Abstract


This research analyzes the impact of gadget use in early childhood and found out the negative impact of gadget use on children of Darul Qur'an landfill, Ungga Village, Praya Barat Daya District, Central Lombok Regency. The type of descriptive qualitative research and method used by researchers are interviews, observation, and documentation. The results of this study are: the impact of gadgets on the Darul Qur'an landfill including; landfill children becoming males of the landfill, causing landfill children to become addicted to playing with gadgets, the inget power of landfill children weakens, the enthusiasm for studying landfill children decreases, want to go home from the landfill to play gadgets, and the time is more to play gadgets than to learn to recite. it is clear the negative impact of gadgets on the children of the Darul Qur'an landfill. Therefore, both parents and families must provide certain restrictions and criteria in the use of gadgets to avoid the level of negative impact on early childhood, especially in learning to read and write the Qur'an.

 

Penelitian ini membahas dampak penggunaan gadget pada anak usia dini dan mengetahui dampak negatif penggunaan gadget pada anak-anak TPA Darul Qur'an Desa Ungga Kecamatan Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah. Jenis penelitian kualitatif deskriptif, adapun metode yang digunakan peneliti adalah interview, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitianini adalah: dampak dari gadget terhadap terhadap TPA Darul Qur’an diantaranya; anak-anak TPA menjadi males mengaji, menyebabkan anak-anak TPA kecanduan bermain gadget, daya inget anak-anak TPA melemah,semangat mengaji anak-anak TPA menurun, ingin cepet pulang dari TPA untuk bermain gadget, dan waktunya lebih banyak bermain gadget daripada belajarmengaji. terlihat jelas dampak negatif gadget terhadap anak-anak TPA Darul Qur’an. Oleh sebab itu wajib bagi kedua orang tua ataupun keluarga memberikan batasan- batasan dan kriteria tertentu dalam penggunaan gadget untuk menghindari tingkat dampak negatif terhadap anak-anak usia dini khususnya dalam belajar bacatulis Al-Qur’an.


Keywords


Gadgets, TPA Darul Qur'an, learn to recite

Full Text:

PDF

References


Aheniwati, A. (2019). Pengaruh internet bagi anak. Edukasia: Jurnal Pendidikan, 6(2). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal An-Nur: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan

Dan Keislaman, 7(02), 199–212. Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1).

Astuti, R. (2013). Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Quran Pada Anak Attention Deficit Disorder Melalui Metode Al-Barqy Berbasis Applied Behavior Analysis. Pendidikan Usia Dini, 7(2), 4.

Chusna, P. A., & others. (2017). Pengaruh media gadget pada perkembangan karakter anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 17(2), 315–330.

Dasar, M. (2017). Penggunaan gadget sebagai sumber belajar mempengaruhi hasil belajar pada mata kuliah matematika dasar. 25–36.

Farida, A., Salsabila, U. H., Hayati, L. L. N., Ramadhani, J., & Saputri, Y. (2021). Optimasi Gadget Dan Implikasinya Terhadap Pola Asuh Anak. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1701 1710.

Fitriyah, & Mahdali. (2020). Analisis Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dalam Perspektif. 143–168.

Andayani, S. (2021). Karakteristik Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Hermoyo, P . (2015). Membentuk omunikasi yang efektif pada masa perkembangan anak usia dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).

Marwanto, M. P . (2022). Psikologi perkembangan. IAIN Salatiga.

Muthmainnah, M. (2018). Urgensi Baca Tulis Al-Qur’an Bagi Mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 45–57.

Nurhaeda, N. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini Dalam Pan-Dangan Islam Di Paud Terpadu Mutiara Hati Palu. ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal), 1(2), 70–78.

Putri, L. D., & others. (2021). Waspadai dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak usia dini. Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 58–66.

Riyati, R. (2016). Pengaruh kemampuan siswa dalam baca tulis Al-Qur’an terhadap hasil belajar PAI di SMP Negeri 6 Kec. Padang Bolak Kab. Padang Lawas Utara. IAIN Padangsidimpuan.

Soleman, N., & Elindawati, R. (2019). Pernikahan Dini Di Indonesia. Al- Wardah, 12(2), 142.

Hasnahwati, H. (2021). Implikasi Pendidikan Islam Sejak Anak Dalam Kandungan. Jurnal Andi Djemma : 8. https://doi.org/10.46339/al-Jurnal Pendidikan, 4(1), 8. https://doi.org/10.35914/jad.v4i1.675

Herlina, H. (2017). Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (Bta) Untuk Meningkatkan Akhlak Dan Moral Pada Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Program wardah.v12i2.142

Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 527–533.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nuansa.v16i1.4013

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing by :

_______________________________________________

UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : nuansa@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/nuansa/

NUANSA © 2025 by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International 

free web stats Nuansa's Visitors