PENGARUH PENERAPAN KODE ETIK GURU TERHADAP KEDISIPLINAN MENGAJAR DI SMKN 2 REJANG LEBONG
Abstract
The purpose of this study is to find out how the application of the teacher's code of ethics at SMK 2 Rejang Lebong, to find out how the discipline of teaching at SMK 2 Rejang Lebong, to find out whether there is an influence on the application of the teacher code of ethics to the discipline of teaching at SMK 2 Rejang Lebong. This research is a quantitative descriptive study with the type of research used in the field survey. The sampling technique in this study used a nonprobability sampling technique with a purposive sampling type. Samples in this study were taken as many as 105 students of Rejang Lebong 2 State Vocational School. Data collection techniques in this study were using observation, questionnaires, interviews and documentation. Data analysis techniques in this study were one sample t-test (two-party
test) and product moment correlation. The results of this study indicate that first, the application of the teacher's code of ethics at SMK 2 Rejang Lebong both from the average value of the sample measurement showed no change because it was still in the H0 area with a t -count of 0.3655 so that it could be accepted. Second, the discipline of teaching at SMK 2 Rejang Lebong both from the average value of the sample measurements showed no change because it was still in the H0 area with a tcount of 1.9833 so that it could be accepted. Third, there is a positive and significant effect between the application of the teacher's code of ethics to the discipline of teaching at SMKN 2 Rejang Lebong based on the results of the statistical calculation of the product moment correlation coefficient, this is indicated by the correlation coefficient rxy r count = 0.5386> r table 5% = 0, 1909, this means significant, and the conclusions that can be drawn are that the application of the teacher's code of ethics to teaching discipline in SMKN 2 Rejang Lebong is classified as moderate or sufficient.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan kode etik guru di SMKN 2 Rejang Lebong, untuk mengetahui bagaimana kedisiplinan mengajar di SMKN 2 Rejang Lebong,untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan kode etik guru terhadap kedisiplinan mengajar di SMKN 2 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan survey lapangan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis sampling purposive. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 105 siswa SMKN 2 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah t-tes satu sampel (uji dua pihak) dan korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, penerapan kode etik guru di SMKN 2 Rejang Lebong baik dari rata-rata nilai pengukuran sampel menunjukkan tidak ada perubahan karena masih berada pada daerah H0 dengan thitung -0,3655 sehingga dapat diterima. Kedua, kedisiplinan mengajar di SMKN 2 Rejang Lebong baik dari rata-rata nilai pengukuran sampel menunjukkan tidak ada perubahan karena masih berada pada daerah H0 dengan thitung 1,9833 sehingga dapat diterima . Ketiga, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penerapan kode etik guru terhadap kedisiplinan mengajar di SMKN 2 Rejang Lebong berdasarkan hasil perhitungan statistik koefisien korelasi product moment, hal ini ditunjukkan oleh koefesien korelasi rxy r hitung = 0,5386 > r tabel 5% = 0,1909, ini berarti signifikan, serta kesimpulan yang dapat diambil yaitu bahwa penerapan kode etik guru terhadap kedisiplinan mengajar di SMKN 2 Rejang Lebong tergolong sedang atau Cukup.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
AR, A. Z. (2016). Kode Etik Guru Dalam Meningkatkan Profesionalisme Pendidik; Reaktualisasi Dan Pengembangan Kode Etik Guru Di Madrasah Aliyah Darul Amin Pamekasan. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 4(2271–292).
Djamarah, S. B. (2000). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
H.M Suparto, H. N. A. (2003). Metodologi Pengajaran Agama Islam (Cet. II). Jakarta: Amissco.
Hamid, A. (2017). Guru Profesional. Al- Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 2, 274–285.
Kebudayaan, D. P. dan. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Mohamad Kholil. (2015). Kode Etik Guru Dalam Pemikiran Kh. M. Hasyim Asy’ari (Studi Kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim). Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 1, 31–42.
Mulyasa. (2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosda Karya.
PAI, A. (1997). Pengertian Pendidikan Agama Islam. “Pendidikan agama islam.” Jurnal.
Rahma, S. (2020). Pengertian Disiplin, macam macam disiplin dan manfaat disiplin.
Ramayulis. (2005). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia. Saudagar
Fachruddin, D. (2009). Pengembangan Profesionalitas Guru. Jakarta: Gunung Persada Press.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Syahruddin Usman. (2011). Menuju Guru Profesional Suatu Tantangan (Cet. I). Makassar: Alauddin Press.
Yanuarti, E. (2016a). Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filsafat Idealisme. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.29240/BJPI.V1I2.1 08
Yanuarti, E. (2016b). Studi Komparatif Prestasi Siswa (Mengikuti dan tidak Mengikuti Ekstrakurikuler ROHIS). AL-ISHLAH, Vol XIV.
Yanuarti, E. (2018). Pemikiran Pendidikan Ki. Hajar Dewantara dan Relevansinya Dengan Kurikulum 13. Jurnal Penelitian. https://doi.org/10.21043/jupe.v11i2.3 489
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nuansa.v13i2.3614
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.







_______________________________________________
UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia
Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172
Email : nuansa@mail.uinfasbengkulu.ac.id
https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/nuansa/
NUANSA © 2025 by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International