Peran Guru PAI Dalam Membina Buta Baca Al-Quran Di Panti Sosial Tresna Werdha Amanah Manna Bengkulu

Emy Herawati, Idi Warsah

Abstract


Latar belakang dari penelitian ini adalah banyaknya lansia yang ada di Panti Sosial Tresna Werdha Manna Bengkulu Selatan yang tidak bisa baca Al-Quran, dan juga meneliti sejauh mana peran seorang guru PAI Membina hal ini. Bahkan masih sering kita jumpai ketika pengajian anggota pengajian tidak mampu membaca Al- Quran, hal ini sangat di sayangkan di zaman sekarang masih ada warga yang demikain padahal hampir di setiap daerah ada guru yang bias di manfaatkan untuk belajar membaca Al-Quran. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan baca Al-Quran pada lansia pada Panti Sosial Tresna Werdha Manna Bengkulu Selatan. (2) Bagaimana Peran guru PAI Membina buta baca Al-Quran diPanti Sosial Tresna Werdha Manna Bengkulu Selatan (3) Apa saja faktor penghambat guru PAI dalam membina buta baca Al-Quran di Panti Sosial Tresna Werdha Manna. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Kemampuan Baca Al-Quran Pada Lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Manna untuk saat ini sudah cukup baik dan mumpuni. (2) Peran guru PAI Membina buta baca Al-Quran pada lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Manna sudah cukup baik dengan mengadakan pembelajaran atau pengajian setia soreh rabu dan jum’at. dan para Guru PAI juga menerapkan metode pelajaran iqro yang mudah di pahami oleh para Lansia.


Keywords


Peran Guru PAI, Buta Baca Al-Quran

Full Text:

PDF

References


Afifudin, Dkk. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : CV.

Pustaka Setia. AW Widjaja. 1986. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: PT Bina

Aksara. Bambang Syamsul Arifin. 2008. Psikologi Agama. Bandung: Pustaka

Setia

Dedy Mulyana. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Remaja Rosda karya.

Depertemen Agama RI. Al-Quran dan Terjemahnya. Bandung: PT Sygma Examedia Arkanleema.

George Ritzer. 2009. Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. Jakarta:Rajawali Pers.

Jamal Ma’mur Asmani, 2011. Tuntunan Lengkap Metodologi Praktis Penelitian Pendidikan. Jokjakarta: Diva Press

Masri Singarimbun. Metode Penelitian Survei. Jakarta : LP3ES Soekanto. Moh. Rifa'i dan Rosihin Abdul Ghoni, 1991. Al Qur’an dan Terjemahannya. Semarang: Wicaksana.

Saifudin Azwar, 2009. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Soekanto Soejono. 1990. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suharismi Arikunto. 2010. Prosedur penelitiansuatu pendekatan praktik. Bandung: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nuansa.v14i2.3608

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing by :

_______________________________________________

UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : nuansa@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/nuansa/

NUANSA © 2025 by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International 

free web stats Nuansa's Visitors