Pola Pembinaan Remaja dalam Merevitalisasi Akhlak Pada Keluarga Nelayan Kota Bengkulu
Abstract
Abstrak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya kasus-kasus kenakalan anak yang terjadi di kelurahan sumber jaya kampung melayu tepatnya di RT 12. Hal ini karena kurangnya perhatian orang tua terhadap akhlak anak-anak dan remaja dikeluarga nelayan kelurahan sumber jaya kecamatan kampung melayu kota bengkulu pergaulan yang kurang terkontrol. Maka dari itu keluarga harus mempunyai pola tersendiri untuk pembentukan akhlak anak yang baik. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah pola asuh orang tua dalam membentuk akhlak anak dikeluarga nelayan kelurahan sumber jaya kecamatan kampung melayu kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dan menggunakan metode pengumpulan data dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi dan teknik analisis pengumpulan data, model data dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: pola asuh orang tua dalam membentuk akhlak anak di keluarga nelayan kelurahan sumber jaya kecamatan kampung melayu kota Bengkulu belum berjalan dengan baik karena kesibukan orang tua yang membuat orang tua tidak dapat mengkontrol dan memberikan pendidikan akhlak pada anaknaya. Namun sebagian orang tua menggunakan perannya sebagai pendidik, membentuk, mengontrol, dan penasehat utama bagi anak. Bila anak melakukan kesalahan cara yang digunakan para orang tua yaitu dengan menasehati agar tidak menggualnginya lagi, dan ada juga yang memberikan hukuman sewajarnya. Sementara itu dalam hal pembentukan akhlak anak yaitu dengan memberikan dan mengenalkan aqidah akhlak sejak dini, agar tidak begitu susah dalam penanamannya kelak. Diterapkan kedisiplinan dalam keluarga, seperti didik sopan santun, mematuhi kedua orang tua, memberi contoh baik, mengingatkan waktu sholat, dan sebagainya.Selanjutnya menyekolahkan anak- anaknya, mengajari mengaji, dengan menerapkan kedisiplinan anak, membiasakan anak untuk ibadah sholat dan puasa, memberi teladan yang baik untuk anak, memberikan contoh yang baik, membimbing ke jalan yang benar sesuai dengan ajaran agama.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Beni Saebani dan Abdul Hamid, 2010. Ilmu Akhlak, Bandung: CV. Pustaka Setia.
Ahmadi Abu,2015.Psikologi Perkembangan, Jakarta: PT. Asdi Mahasat.
Al Tridhonanto, 2014. Mengembangkan Pola Asuh Demokratis, Jakarta: PT. Gramedia.
Anwar Rosihon, 2018. Akidah Akhlak, Bandung: CV. Pustaka Setia.
Bahri Syaiful Djamarah, 2014. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi Dalam Keluarga, Jakarta: Rineka Cipta.
Daradjat Zakiah, 2012. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
Daud Muhammad, 2013. Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT. Raja
Grafinda. Ilyas Yunahar, 2014. Kuliah Aqidah Islam, Yogyakarta: LPPI,
Latif Mukhtar, 2013., Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi ,Jakarta: Kencana
Prenada Media Group.
M.Yakub. 2010. Wanita Pendidikan dan Keluarga Sakinah. Medan: CV. Naspar Djaya Medan.
Mufidah, 2013. Psikologi Keluarga Islam, Malang: UIN Maliki Press.
Muhadjir Noeng, 2012. “Metode Penelitian Kualitatif”, Yogyakarta: Rake Sarasin,
Nasharuddin, 2015. Akhlak (Ciri Manusia Paripurna), Jakarta: PT. Raja Grafindo Perasada.
Nata Abuddin,2013.AkhlakTasawufdan Karakter Mulia, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Nazir, Muhammad, 2015. “Metode Penelitian”,Jakarta: Ghalia Indonesia,
Nisak Choirun Aulina. Pedadogia, 2013. “Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini”, Sidoarjo, Vol.2,
Papalia Diane E., et all, 2018. Human Development (Psikologi Perkembangan). Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Purnamasari, Dewi, 2011.Psikologi Perkembangan Remaja, Curup: LP2 STAIN Curup.
Rida, Safni, 2010. Ilmu Kalam, Curup: LP2. STAIN Curup. RosyadiRahmat,2013.Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono, 2010. “Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualiatatif dan R & D”, Bandung: Alfabeta.
Supriyatno. Triyo, 2017. Sosiologi Pendidikan. (Yogyakarta: UIN Malangpress, Syaodih, Nana Sukmadinata, 2010. “Metode Penelitian Pendidikan”, Bandung: PT PRemaja
Rosdakarya.
Umar, Bukhari,2012.Hadis Tarbawi, Jakarta: Amzah,
Yasin Fatah, 2018. Dimendi-Dimensi Pendidikan Islam, Malang: UIN Malang Press,
Zainuddin, 2017.Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nuansa.v14i2.3578
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.







_______________________________________________
UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia
Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172
Email : nuansa@mail.uinfasbengkulu.ac.id
https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/nuansa/
NUANSA © 2025 by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International