METODE PENDIDIKAN HUMANIS-RELEGIUS PERSPEKTIF AL-QUR’AN
Abstract
The learning process of education is based on the interaction between educators and students in the educational environment. In carrying out learning, aspects of the method is one important aspect to be known and practiced by educators so that the learning activities take place actively and conducive. With the formation of a new method, of course the learning process takes place humanist, which means looking at the human side of humanity in accordance with their needsFor the orderliness of the concept of the method of Islamic education, it is necessary to conclude its original source, the Koran as the basis for exploring the implicit message about the hunamis Islamic education method. Based on QS. Al-nahl:125, there are three learning methods, namely willing, wisdom and jidal. These three methods are appropriate for creating an active, innovative and enjoyable learning environment.
Proses pembelajaran didasarkan pada interaksi antara pendidik dan peserta didik di lingkungan pendidikan. Dalam meangsungkan pembelajaran, aspek metode adalah salah satu aspek penting untuk diketahui dan diamalkan oleh pendidik agar kegaiata pembelajaran berlangsung aktif dan kondusif. Dengan terbentuknya metode yang revan tentunya proses pembelajaran berlangsung secara humanis-religius, artinya memerhatikan sisi kemanusiaan
manusia sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki dengan berlandaskan kepada nilai-nilai agama. Untuk tertibnya konsep metode tersebut pendidikan Islam perlu mengkai sumber aslinya yakni al-Qur’an sebagai landasan untuk menggali pesan tersirat mengenai metode pendidikan Islam hunamis. Berdasarkan QS. Al-nahl:125 terdapat tiga metode belajar yakni mau’izah, hikmah dan jidal. Ketiga metode tersebut pantas untuk menciptakan susana belajar yang aktif, inovatif dan menyenangkan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abd. Assegaf, Pendidikan Tapa Kekerasan: tipologi Kondisi, Kasus dan Konsep, Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 2004.
Anwar, Rosihon, Ulum al-Qur’an: Disusun berdasarkan Kurikulum Terbaru nasional Perguruan Tinggi Agama Islam, Bandung: Pustaka Setia, 2013.
Ar-Rumi, Abdurrahman, Ulumul Qur’an: Studi Kompleksitas al-Qur’an, Yogyakarta: Titian Ilahi Press, 1996.
Alim, Akhmad ,Tafsir Pendidikan Islam,Jakarta: AMP Press, 2014.
Barnawi & Mohammad Arifin, Etika & Profesi Kependidikan, Yogyakarta: Arruz
Media, 2012
Baedhawi, Humanisme Islam: Kajian Terhadap Pemikiran Filofois Gunawan, Heri, Pendidikan Islam. Bandung: Rosdakarya, 2014.
Hamdayana, Jumanta, Metodologi Pengajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
Mas’ud, Abdurrahman, Menggagas Format Pendidikan Nondikotomik: Humanisme Religius Sebagai Paradigma Pendidikan Islam, Yogyakarta: Gama Media, 2002.
M. Yusuf, Kadar, Tafsir Tarbawi, Jakarta: Amzah, 2017.
Nata, Abuddin, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, 2010.
____________, Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan: Tafsir Al Ayat Al- Tarbawiy, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: kalam Mulia, 2014.
Shihab, M. Qurasih, Tafsir al-Misbah:Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qur’an, Vol. 1- 15, (Jakarta: Lentera Hati, 2012. Tafsir, Ahmad Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung: Rosdakarya, 2011.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional, Bab I Ketentuan Umum Pasal 1 ayat 1 Hanafi, Hasan dkk., Islam dan Humanisme, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar , 2007)
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nuansa.v13i2.3507
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.







_______________________________________________
UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia
Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172
Email : nuansa@mail.uinfasbengkulu.ac.id
https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/nuansa/
NUANSA © 2025 by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International