DINAMIKA PENDIDIKAN DASAR MUHAMMADIYAH DI SD MUHAMMADIYAH 05 KEPAHIANG

Lety Febriana, Tari Oktaviana, Surohim Surohim

Abstract


Organisasi Muhammadiyah mulai masuk ke Kepahiang sejak tahun 1926. Organisasi Muhammadiyah di Kepahiang memiliki beberapa amal usaha bidang pendidikan, mulai dari Pendidikan Dasar Hingga Pendidikan Menengah. Salah satu diantaranya adalah Sekolah Dasar Muhammadiyah di kepahiang memiliki lima pendidikan sekolah dasar yang sudah ada saat belanda masih menjajah di Kepahiang lebih tepatnya pendidikan dasar Muhammadiyah sudah ada sebelum Kemerdekaan Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan Sejarah. Dalam hal ini digunakan untuk menjawab pertanyaan (5W + 1 H). Adapun Heuristik yang di pergunakan observasi dan wawancara, selanjutnya data yang di dapatkan diverifi kasi sehingga mendapatkan data yang valid.Berdasarkan atas data yang sudah diverifi kasi dari berbagai sumber baik lisan maupun tulisan. Didapati bahwa Sekolah-sekolah Dasar Muhammadiyah mulai didirikan sejak tahun 1926, Sekolah yang pertama kali didirkan adalah Sekolah Rakyat Muhammadiyah. Dalam pertumbuhannya pendidikan Muhammadiyah mulai mengalami penurunan eksitensinya pada masa Orde Baru, karena pada saat itu atas intruksi Presiden untuk menegerikan sekolah-sekolah swasta sehingga banyaklah bermunculan sekolah-sekolah Negeri yang baru. Melihat kondisi ini para pengurus Muhammadiyah kab. Kepahiang berpikir keras untuk menaikkan eksitensi Sekolah Muhammadiyah lagi, salah satunya dilakukan pada Sekolah Rakyat Muhammadiyah Kepahiang yang sudah beberapa kali berganti nama, dari SR Muhammadiyah menjadi SD Muhammadiyah 05 Kepahiang hingga yang terbaru sekarang menjadi SD IT Muhammadiyah Kepahiang.

Keywords


Pendidikan, Muhammadiyah.

Full Text:

PDF

References


Abdurahman, Dudung. Metodologi Penelitian Sejarah, Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA GROUP, 2007.

Ahmad, Fandi.Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan Tentang Pendidikan dan Implementasinya di SMP Muhammadiyah 6Yogyakarta Tahun 2014/2015, Jurnal Studi Islam, Vol. 16, No. 2, 2015.

Ali, Mohamad. Membedah Tujuan Pendidikan Muhammadiyah, Jurnal Studi Islam, Vol. 17, No. 1, Surakarta: Juni 2016: 43-56.

Al- Hikmah, Al-Quran dan Terjemahan, Bandung: penerbit Diponegoro, 2004.

Asrohah, Hanun. Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Logos, 1999.

Daulay, Haidar Putra dan Nurgaya Pasa. PENDIDIKAN ISLAM Dalam Lintas sejarah, Medan: Kencana, 2012.

Darwis, Amri.Metode Penelitian Pendidikan Islam, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2014.

Djamas, Nurhayati. Dinamika pendidikan islam di indonesia pascakemerdekaan, jakarta; PT RajaGrafindo Persada, 2008.

Febriana, Leti. Tesis, Dinamika Pendidikan Muhammadiyah dan Kontribusinya terhadap Pendidikan Islam di Bengkulu, Tesis IAIN Bengkulu, 2013

Hamid, Edy Suandi. Muchlas, dkk. Membangun Profesionalisme Muhammadiyah, Yogyakarta: LPTP PP Muhammadiyah, 2002

Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan:Edisi Revisi, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2011.

https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Kepahiang, (dowload: 21:51 wib, 15 maret 2018)

https://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan_progresif (dowload 22:20 WIB 1 Juni 2018).

Kholid, Muh. pendidikan Kemuhammadiyahan: untuk SMA/SMK/MA, Surabaya: Majlis Dikdasmen PWM Jatim, 2008

Marlina, leny. “Kajian Terhadap Perkembangan Sekolah Muhammadiyah” jurnal Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Fatah Palembang TA’DIB, Vol. XVII, No. 01, Edisi Juni 2012.

Pilli, Salim Bella dan Hardiansyah. Napak Tilas Sejarah Muhammadiyah Bengkulu, Bengkulu: Valia Pustaka, 2016.

Purba, Isma Asmaria Purba dan Ponirin, Perkembangan Amal Usaha Organisasi Muhammadiyah di Bidang Pendidikan dan Kesehatan, Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik 1 (2) (2013): 101-111.

Rusyadi, ST Rajjah. “Peran Muhammadiyah (Konsep Pendidikan, Usaha-Usaha Di Bidang Pendidikan, Dan Tokoh)”Jurnal Tarbawi, vol 1, No. 2.

Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (mixed Methods), Yogyakarta : ALFABETA BANDUNG, 2011.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2015.

Surohim, dkk. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah & Skripsi, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Sholihin, Margono Poesposuwarno. beberapa soal jawab ke- Muhammadiyahan, Yogyakarta, 1976.

Tolchah, Moch. Dinamika Pendidikan Islam Pasca Orde Baru, Surabaya: LkiS Pelangi Aksara, 2015.

Zuhairini, dkk. Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta : BUMI AKSARA, 2008




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nuansa.v12i1.2111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing by :

_______________________________________________

UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : nuansa@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/nuansa/

NUANSA © 2025 by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International 

free web stats Nuansa's Visitors