Evaluasi Program Tridarma Perguruan Tinggi dalam Pengembangan Sumberdaya Manusia Menuju World Class University Pada Institut Agama Islam Negeri Bengkulu

Khairiah Khairiah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi program peran Tridarma Peguruan Tinggi pada Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu dalam pengembangan sumberdaya manusia menuju universitas kelas dunia. evaluasi difokuskan pada empat aspek, yaitu latar belakang, perencanaan, implementasi dan produk program. Metode yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif dengan desain evaluasi program. Komponen yang menjadi tolak ukur evaluasi program adalah model context, input, process dan product (CIPP). Pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan studi dokumentasi, dengan dosen, staf, dan pihak manajemen penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi, civitas akademika IAIN Bengkulu.Dengantigalangkah yaitu; reduksi data, tampilan data, dan tahap menggambar kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa peran tridarma perguruan tinggi sesuai dengan latar belakang program yang dilihat dari aspek kebutuhan, masalah dan tujuan. program ini didukung dengan rencana yang cukup baik yang ditunjukkan oleh aspek sumberdaya manusia, anggaran, fasilitas dan kurikulum. program telah diimplementasikan dengan cukup baik ditunjukkan oleh ketepatan waktu,metode pengajaran, monitoring dan evaluasi, pengembangan sumberdaya manusia, rekrutmen, dan aspek layanan. secara umum, program ini menunjukkan hasil yang cukup baik yang ditunjukkan oleh aspek perseptif, andal, terampil, dan professional dukungan untuk mewujudkan universitas kelas dunia. Oleh karena itu, disarankan program ini perlu dilanjutkan terutama perbaikan dalam tahap perencanaan dan implementasi.

Keywords


Program Evaluasi, Tridarma Perguruan Tinggi, World Class Universit

Full Text:

PDF

References


Abudin Nata. 2005. Filsafat Pendidikan Islam, Cetakan ke I, Jakarta: Gaya Media Pratama

Arifin. 2000. Ilmu Pendidikan Islam. Tinjauan Teoritis dan Prkatis Berdasarkan Pendekatan Indisipliner, Jakarta: Bumi Aksara

David Osborne dan Ted Gabler, 1992, ReinventingGovernment- How to Enterpreneurial Spirit is Transforming the Public Sector, Addison Wesley Publishing Inc

Data Pusat Komputer Institut Agama Islam Negeri Bengkulu Tahun 2018

Data Bagian Kepegawaian Biro Administrasi Umum Akademik dan Kemahasiswaan (AUAK) IAIN Bengkulu Tahun 2018

Data Bagian Perencanaan, Keuangan dan Akuntansi Biro Administrasi Umum Akademik dan Kemahasiswaan (AUAK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu Tahun 2018

Data Bagian Akademik Biro Administrasi Umum Akademik dan Kemahasiswaan Tahun 2018

Data Bagian Akademik Biro Administrasi Umum Akademik dan Kemahasiswaan Tahun 2018. Dan Data Lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat (LPPM) IAIN Bengkulu Tahun 2018

Data Bagian Kepegawaian Biro Administrasi Umum Akademik dan Kemahasiswaan (AUAK) IAIN Bengkulu Tahun 2018

Data Sub Bagian Kerjasa Biro AUAK IAIN Bengkulu Tahun 2018

Hadis Abdul dan Nurhayati, 2012.Manajemen Mutu Pendidikan Islam, Bandung: Penerbit Alfabeta

J.M. Juran, 1999. “How to Think about Quality” dalam Juran’s Quality Handbook,eds. Joseph M. Juran et al. New York: MCGraw-Hill Companies, Inc.

Khairiah, Sirajuddin. The Effects of University Leadership Management: Efforts to Improve the Education Quality of State Institute for Islamic Studies (IAIN) of Bengkulu, Jurnal Pendidikan Islam Yogyakarta/Volume 7/ Nomor 2/ Januari 2019/ISSN (P) 2301-9166/ ISSN (online) 2356-3877/ h. 239-266.

Khairiah, Pengaruh Struktur Organisasi (Organizational Structure), Kepuasan Kerja (Job Satisfaction) Terhadap Komitmen Organisasi (Organizational Commitmen) Pada Institut Agama Islam Negeri Bengkulu, Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan, Nuansa/ Vol.X/No.1/hal.1-83/ Juni2017/ ISSN:20864493

Khairiah, Penelitian Mandiri, Pengaruh Manajemen, Kepemimpinan Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi Islam Pada In

Vol. XII, No. 1, Juni 2019 Istitut Agama Islam Negeri, Bengkulu, Tahun 2017

Noe, RA, et al., 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi kesepuluh, Jakarta: Indeks Pendidikan Nasional.

Noe, Raymond A., John R. Hollenbeck, Barry Gerhart, dan Patrick M. Wright. 2011. Fundamentals of Human Resource Managemen. New York; the McGraw-Hill Companies, Inc.

Nur Syam, 2014.Dari Bilik Birokrasi, Esai Agma, Pendidikan dan Birokrasi, Kementerian Agama, Jakarta.

Oemar Hamalik. 1982.Pengajaran Unit. Bandung: Alumni

Rangkuti, Freddy. 1997.Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Statistik Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu Tahun 2017

Stufflebeam, Daniel L. dan Anthony J. Shinkfield. 2007. Evaluation Theory, Models and Applications. San Francisco: Jossey-Bass




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nuansa.v12i1.2106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing by :

_______________________________________________

UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : nuansa@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/nuansa/

NUANSA © 2025 by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International 

free web stats Nuansa's Visitors