PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR HIFDZIL QUR’AN

Enik Binti Yunani

Abstract


Tujuan penulisan ini untuk memperoleh eksplanasi faktual baik secara umum maupun secara spesifik tentang masalah-masalah sebagai berikut pertama untuk mengetahui tingkat kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar Hifdzil Qur’an,keduauntuk mengetahui motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Hifdzil Qur’an, ketiga untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Hifdzil Qur’an di MAS 01 Pesantren Darussalam Kepahiang. Rumusam masalahnya Apakah terdapat Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Hifdzil Qur’an di MAS.01 Pesantren Darussalam Kepahiang, Apakah terdapat pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Hifdzil Qur’an di MAS.01 Pesantren Darussalam Kepahiang, Apakah terdapat pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Hifdzil Qur’an di MAS.01 Pesantren Darussalam Kepahiang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel yaitu kompetensi pedagogik guru, motivasi belajar siswa, dan hasil belajar Hifdzil Qur’an. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, survey dengan alat kuesioner, dan dukumentasi.Berdasarkan hasil uji t X1 terhadap Y, hipotesis diterima(4,974 ≥ 2,042)artinya terdapat hubungan positif dan signifikan antara Kompetensi Pedagogik GuruTerhadap Hasil Belajar Hifdzil Qur’an sedangkan X2 terhadap Yhipotesisnya diterima (14,828 ≥ 2,000) artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Hifdzil Qur’an. Dan berdasarkan hasil uji F dalam mencari jawaban hipotesis secara bersamaan maka diperoleh nilai determinasi 0,576, berarti variabel Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar Siswa secara bersamaan memberikan pengaruh sebesar 57,6% terhadap variabel hasil belajar hifdzil Qur’an dan menunjukkan bahwa hipotesis diterima (4,335≥ 1,980). Jadi ketiga aspek variabel tersebut saling keterkaitan, tidak dapat terpisahkan karena saling mempengaruhi, saling menimbulkan sebab akibat,  apabila Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar Siswa semakin tinggi maka Hasil Belajar Hifdzil Qur’an akan semakin meningkat.

Keywords


Kompetensi Pedagogik Guru, Motivasi Belajar Siswa, Hasil Belajr Hifdzil Qur’an

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an Al-Waqfu wal ibtida’,(Usman el-qurthuby), balai litbang LPTQ Nasional Team Tadarus “AMM”Yogyakarta, 2017

Anni, Catharina Tri, Psikologi Belajar, Semarang: UPT UNNESPress,2004

Dahar,Ratna Wilis, Teori-Teori Belajar & Pembelajaran, Jakarta:Erlangga,2011

Djaali, Psikologi Pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara), cet. ke-4,2009

Djiwandono, SriEsti Wuryani, Psikologi Pendidikan Edisi Revisi, Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia,2008

Effendi, Sofian, Metode Penelitian Survei ( Jakarta: LP3ES. 1989)

Fathorrahman,AKADEMIKA;Vol.15.No.1 Februari 2017, Kompetensi Pedagogik, Profesional, Kepribadian Dan Kompetensi Sosial Dosen, diakses 5 oktober 2018

Fathurrohman, Pupuh Dan Sutikno, M.Sobry, Stretegi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum Dan Konsep Islami, (Bandung:PT RafikaAditama,2010)

Halimatussa’diyah, Jurnal Kependidikan Dasar Berbasis Sains, Volume. 2 nomor.2 2017, Hifdzil Qur’andan Kemampuan MembacaAlQur’an Mahasiswa Prodi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Pamekasan, diakses 5 oktober 2018

Hamalik dan Muhibin, Kurikulum Dan Pembelajaran, Jakarta:BumiAksara, 2007

Hamalik, Oemar, Pendidikan GuruBerdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2018

Hamdu, Ghullam, Agustina, Lisa, Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 12 No.1, April2011Pengaruh Motivasi Belajar Siswa TerhadapPestasi Belajar IPA DiSekolah Dasar, diakses 5 oktober 2018

Herlena, Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Social Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Akhlak Siswa SMA Negeri 2 Seluma ,Tesis, 2016

Kamal, Mustofa, tadarus: Jurnal Pendidikan Islam / vol.6, No.2, Pengaruh Pelaksanaan Progran Menghafal Al-Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Siswa,2017.diakses 26 oktober 2018

Kariyanto, Hendi, Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Dan Media Elektronik Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri Kota Pagar Alam, Tesis, 2014

Kurniawan, Ade, Astuti, Andari Puji, Jurnal 2017,Deskripsi Kompetensi Pedagogik Guru Dan Calon Guru Kimia Sma Muhammadiyah 1 Semarang,Seminar Nasional Pendidikan, Sains Dan Teknologi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Muhammadiyah Semarang,diakses 26 oktober 2018

Masyhuri, Zainuddin, M, Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis Dan Aplikatif, Bandung:PT Refika Aditama, 2011

Mudofir, Ali, Pendidikan Profesional Konsep, Strategi Dan Aplikasinya Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Indonesia, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,2013

Mujjama’al Malik Fahd Li Thiba’ At Al Mush-Haf Asy Syarif Madinah Al Munawwarah P.O Box 6262 Kerajaan Arab Saudi, 1971, Al Quran

Dan Terjemahannya (Jakarta : )

Munawwir, Ahmad Warson, Kamus Arab-Indonesia Al Munawwir,Surabaya: PT Progressif, 1997

Mustaqim, Psikologi Pendidikan, Semarang: Pustaka Pelajar, 2008

Nasution,S,Metode Research(Penelitian Ilmiah), Jakarta:Bumi Aksara,2008

Pidarta, Made, Landasan Kependidikan, Jakarta: RINEKA CIPTA, 2010

Purwanto, Ngalim, Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung :PT: Remaja Rosdakarya,2006

Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, cet ke-III,2011

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia,2008, Cet. Ke-5

Ridwan, Dasar-Dasar Statistika (Bandung: Penerbit Alfbeta,2018), Cet Ke-15

Sadirman, Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PTRaja Grafindo Persada, 2005

Sadolah, Uyo, Pedagogik (Ilmu Mendidik), Bandung:Alfabeta,2010

Slameto, Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta Rineka Cipta, 2015

Sudjiono, Anas, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,2011

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif;Kualitatif dan R&D, Bandung:Alfabeta,2016

-------------, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&BBandung:ALFABETA, 2010

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Praktiknya, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2016

Sumiarsi, Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan volume 3 nomor 1, Januari 2015, Ninik AnalisisKompetensi PedagogikdanPengembangan Pembelajaran Guru SD Negeri 04 Tarakan, diakses 26 oktober 2018

Suryani,Devi, Pengaruh Kompetensi profesional

Guru Dan Motivasi Siswa Terhadap Hasil Belajar PIA Di SMP Muhamadiyah Terpadu Kota Bengkulu,Tesis 2017. diakses 26 oktober 2018

Uno, Hamzah B, Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009

Vardiansyah, Dani,filsafat ilmu komunikasi:Suatu Pengantar,Jakarta: Indeks,2008

Widoyoko, S.Eko Putro Widoyoko, Evaluasi Program Pembelajaran,Yogyakarta :PT Pustaka Pelajar, 2011, Cet III

Yamin, Martinis, Profesionalisasi Guru & Implementasi KTSP, Jakarta: Gaung Persada Press, 2008


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan "EDUKASIA MULTIKULTURA"