OPTIMALISASI MASJID SEBAGAI SARANA PEMBINAAN KEAGAMAAN BAGI SISWA DI SMK NEGERI 1 REJANG LEBONG

Muhammad Iman Putra

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana  bentuk-bentuk optimalisasi masjid sebagai sarana pembinaan keagamaan dan faktor pendukung dang penghambat optimalisasi masjid sekolah sebagai sarana pembinaan keagamaan dan hasilnya bagi siswa SMK Negeri 1 Rejang Lebong. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field reseach) dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Optimalisasi merupakan suatu tindakan, proses, atau metodologi untuk membuatsesuatu (sebagai sebuah desain, sistem, atau keputusan) menjadi lebih/sepenuhnyasempurna, fungsional, atau lebih efektif dan Optimalisasi Pembinaan Keagamaan di masjid sekolah menunjukkan peningkatan serta perubahan yang di dapat oleh siswa – siswi mulai dari perubahan akhlak maupun perubahan prestasi keagamaan perubahan akhlak yang di tunjukkan siswa diantaranya berprilaku sopan, terhadap guru, siswa – siswi lainnya serta orang tuanya di rumah degan bertegur sapa, menyalami setiap bertemu guru, dan saat pergi ke sekolah dan pulang ke sekolah dan prestasi keagamaannya semangat beribadah nya semakin meningkat, kemampuan membaca al-Qur’annya semakin baik, pengetahuan keagamaan nya bertambah dan semakin bagus nya gerakan demi gerakan sholatnya  pembiasaan yang dilakukan selama kegiatan pembinaan keagamaan baik yang didalam pembelajaran PAI maupun diluar jam pembelajaran PAI selain itu lingkungan yang kondusif dan positif juga menjadikan kegiatan yang dilakukan oleh siswa-siswi menjadi terarah dan menjadikan pendidikan yang seimbang antara kebutuhan jasmani dan rohani, intelektual dan spiritual.

Keywords


Optimalisasi, Pembinaan Keagamaan, Siswa

Full Text:

PDF

References


Fattah, N, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2011

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta, Kalam Mulia, 2012

Siswanto, Panduan Praktis Organisasi Remaja Masjid, Jakarta, PT. Rineka Cipta, 2013

Sa’ud, Udin Syaefudin, Perencanaan Pendidikan , Bandung, Remaja Rosdakarya, 2005

Sudjana, Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Bandung, Falah Prodution, 2010

Arikunto, S, Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta, Bumi Aksara, 2003

Sukmadinata,Nana Syaodih Metode Penelitian Pendidikan, Bandung, Remaja Rusda Karya, 2010

Al-„Alim, Al-Qur’an dan Terjemahnya: Edisi Ilmu Pengetahuan, Bandung, PT. Al - Mizan Pustaka, 2009


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan "EDUKASIA MULTIKULTURA"