OPTIMALISASI MASJID SEBAGAI SARANA PEMBINAAN KEAGAMAAN BAGI SISWA DI SMK NEGERI 1 REJANG LEBONG
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk-bentuk optimalisasi masjid sebagai sarana pembinaan keagamaan dan faktor pendukung dang penghambat optimalisasi masjid sekolah sebagai sarana pembinaan keagamaan dan hasilnya bagi siswa SMK Negeri 1 Rejang Lebong. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field reseach) dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Optimalisasi merupakan suatu tindakan, proses, atau metodologi untuk membuatsesuatu (sebagai sebuah desain, sistem, atau keputusan) menjadi lebih/sepenuhnyasempurna, fungsional, atau lebih efektif dan Optimalisasi Pembinaan Keagamaan di masjid sekolah menunjukkan peningkatan serta perubahan yang di dapat oleh siswa – siswi mulai dari perubahan akhlak maupun perubahan prestasi keagamaan perubahan akhlak yang di tunjukkan siswa diantaranya berprilaku sopan, terhadap guru, siswa – siswi lainnya serta orang tuanya di rumah degan bertegur sapa, menyalami setiap bertemu guru, dan saat pergi ke sekolah dan pulang ke sekolah dan prestasi keagamaannya semangat beribadah nya semakin meningkat, kemampuan membaca al-Qur’annya semakin baik, pengetahuan keagamaan nya bertambah dan semakin bagus nya gerakan demi gerakan sholatnya pembiasaan yang dilakukan selama kegiatan pembinaan keagamaan baik yang didalam pembelajaran PAI maupun diluar jam pembelajaran PAI selain itu lingkungan yang kondusif dan positif juga menjadikan kegiatan yang dilakukan oleh siswa-siswi menjadi terarah dan menjadikan pendidikan yang seimbang antara kebutuhan jasmani dan rohani, intelektual dan spiritual.
Keywords
Optimalisasi, Pembinaan Keagamaan, Siswa
Full Text:
PDFReferences
Fattah, N, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2011
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta, Kalam Mulia, 2012
Siswanto, Panduan Praktis Organisasi Remaja Masjid, Jakarta, PT. Rineka Cipta, 2013
Sa’ud, Udin Syaefudin, Perencanaan Pendidikan , Bandung, Remaja Rosdakarya, 2005
Sudjana, Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Bandung, Falah Prodution, 2010
Arikunto, S, Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta, Bumi Aksara, 2003
Sukmadinata,Nana Syaodih Metode Penelitian Pendidikan, Bandung, Remaja Rusda Karya, 2010
Al-„Alim, Al-Qur’an dan Terjemahnya: Edisi Ilmu Pengetahuan, Bandung, PT. Al - Mizan Pustaka, 2009
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan "EDUKASIA MULTIKULTURA"