PENGEMBANGAN SISTEM MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 02 PAGAR DEWA KOTA BENGKULU

Umi Kalsum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam mengembangkan sistem manajemen kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 02 Pagar Dewa Kota Bengkulu serta mendeskripsikan pengembangan sistem manajemen kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 02 Pagar Dewa Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Datadata penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dari teknik tersebut dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data, keabsahan data diperoleh dengan menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kepala sekolah telah menggunakan prinsip-prinsip dari sistem manajemen. Adapun prinsip yang dimaksud yaitu perbaikan terus menerus dan berkelanjutan, fokus pada kegiatan dan keterlibatan total. Adapun indikatornya yaitu berkaitan dengan perbaikan terus menerus meliputi perbaikan kualitas dan kompetensi. Untuk kegiatan ekstrakurikuler Pramuka terlaksana sesuai dengan sistem manajemen mulai dari, Planning, Organizing, Actuating dan Controlling.

Keywords


Strategi Kepala Sekolah, Sistem Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, Manajemen Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta, 2009.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum, Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter, Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional, 2011.

Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia,Kamus Besar Bahasa Indonesia,Jakarta: Balai pustaka, 2005.

Doni Akhtiar, Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Kinerja Guru di MIN Talang Arah Kec. Malin Deman Kab. Muko-muko, Tesis, Bengkulu : IAIN Bengkulu, 2015.

Gunawan, Heri, Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasi, Bandung: Alfabeta, 2014.

Iskandarwassid & Dadang Sunendar, Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2009.

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Kursus Mahir untuk Pembina Pramuka, Semarang : Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tingkat Cabang Cakrabaswara, 2011.

Marno & Triyo Suprianto, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan Islam, Bandung : Refika Aditama, 2008.

Moleong,Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Mufarokah, Anissatul, Strategi Belajar-Mengajar, Yogyakarta : Teras, 2009.

Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung : Rosda Karya, 2003.

Rahmatika, Diah, Buku Pintar Pramuka Edisi Pelajar, Jakarta: Bee Media Pustaka, 2015.

Samino, Kepemimpinan Pendidikan, Solo : Fairuz Media, 2012.

Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran : Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta : Prenada Media Grup, 2006.

Setyorini, Dwi Elmi, Pengaruh Ekstrakurikuler Kepramukaan Terhadap Kedisiplinan Siswa SD Negeri Gugus Cakra Kecamatan NGaliyan Kota Semarang, Skripsi, Semarang : Universitas Negeri Semarang, 2016.

Shodiq, Strategi Pembinaan Aktivitas Keagamaan Siswa di SDN Telogoarum 01 dan SDN TrangkilanKec. Wedari Jaksa Kab. Pati, Tesis, Semarang : IAIN Walisongo, 2012.

Sukmadinata,Nana Saodih,Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Rosdakarya, 2005

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung : Alfabeta, 2014.

Trianto, Model Pembelajaran Terpadu : Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam KTSP, Jakarta : Bumi Aksara, 2012.

Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah : Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan "EDUKASIA MULTIKULTURA"