EVALUASI KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI DAN SUPERVISI DI SMA/SMK KABUPATEN MUSI RAWAS

Saleh Saleh

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan tentang kualitas kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam yang belum sertifikasi pasca supervisi dan langkah-langkah kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam yang belum sertifikasi pasca supervisi di SMA/SMK Kabupaten Musi Rawas. Metode penelitian ini menggunakan diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa kualitas kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam yang belum sertifikasi pasca supervisi di SMA/SMK Kabupaten Musi Rawas sudah profesional dari skor maksimum 477 telah tercapai 338 nilai yang terpenuhi, dengan persentase ketercapaian 79,66 %. Langkah-langkah kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam belum sertifikasi pasca supervisi di SMA/SMK Kabupaten Musi Rawas adalah: Formal yang meliputi: diikutkan dalam pelatihan, diklat dan seminar yang berkaitan dengan pendidikan agama Islam, Penambahan jam pelajaran pada muatan lokal PBMD, dan supervisi. Non formal yang meliputi: kedisiplinan, motivasi guru dan penyediaan sarana dan prasarana.

Keywords


evaluasi, kompetensi guru, supervisi

Full Text:

PDF

References


Natawijaya Rahman,Manajemen Pendidikan di Sekolah,(Jakarta: Rineka Cipta, 2008) h. 74.

Kunandar, Guru Profesional (Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru(Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007), h. 32

Nana Sudjana, Tehnik Analisis Regresi dan Korelasi (Bandung:Tarsito, 2006), h. 27

BSNP, Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, (Jakarta: Pustaka Abadi, 2003) h. 56.

Wawancara pribadi dengan Kasi Pais Kemenag Musi Rawas Ibu Sumraini, S.Pd., Muara Beliti, 16 Maret 2016.

Echool dan Shadily, Kamus Inggris-Indonesia, (Jakarta: Gramedia, 2000), h. 220.

E. Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional ......., h.25

Sudarwan Danim, Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan, (Jakarta: Renika Cipta, 2012), h. 33

E. Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional ......., h.25

Sudarwan Danim, Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan, (Jakarta: Renika Cipta, 2012), h. 33


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan "EDUKASIA MULTIKULTURA"