PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEAKTIFAN HASIL BELAJAR PAI SMPN 13 BENGKULU TENGAH

Micke Oktavia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari penggunaan Media Audio Visual (X) terhadap Keaktifan belajar siswa (Y1), apakah terdapat pengaruh Media Audio Visual terhadap  Hasil Belajar siswa (Y2) dan  apakah terdapat pengaruh media audio visual terhadap keaktifan (Y1) dan hasil belajar siswa (Y2). Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode  quasi eksperiment. Teknik pengumpula data menggunakan teknik observasi, teknik  kuesioner (angket), teknik tes dan teknik dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswa pada kelas eksperiment yang menggunakan Media Audio Visual dan 30 siswa pada kelas kontrol. Dalam penelitian ini menggunakan analisis Regresi Linear Sederhana dan Uji Paired t-Test. Penelitian menyimpulkan bahwa : Hasil pengujian uji “t” pada hipotesis I sebesar 7.635 ini berarti t hitung > t tabel (7.635 > 1.699) dan signifikansi (0.000 < 0.05) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Media Audio Visual (X) terhadap Keaktifan Belajar (Y1), hipotesis II pengujian uji “t 10.733 > 1.699) dan signifikan si (0.000 < 0.05) maka terdapat pengaruh Media Audio Visual (X) terhadap Hasil Belajar (Y2),dan hipotesis III hasil uji paired t-Test menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Media Audio Visual terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar siswa PAI SMP Negeri 13 Bengkulu Tengah.

Keywords


Media Audio Visual, Keaktifan Belajar, dan Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar , Media Pembelajaran, (Jakarta, Raja Grafindo Persada, 2010)

Fajri, Em Zul Dan Ratu, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, T.T.P: Difa Publisher, T.T

Hamalik, Oemar, Kurikulum Dan Pembelajaran, (Jakarta:Bumi Aksara,2008)

Rusman, dkk, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012)

Sadiman, Arief , Media Pendidikan, (Jakarta, Raja Grafindo Persada, 2014)

Sanjaya,Wina, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, (Jakarta: Kencana, 2012)

Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (Bandung:PT. Remaja Rosdikarya, 2005)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan "EDUKASIA MULTIKULTURA"